3 Cara Untuk Menjadi Orang yang Menarik

0
130

SB30 – Sahabat entrepreneur, kita tahu bahwa untuk meraih kesuksesan, salah satu tipsnya adalah anda harus selalu terlihat attractive atau menarik.

Kita tidak bisa memungkiri bahwa tampil menarik itu menjadi salah satu first impression atau kesan pertama yang sangat baik bagi seseorang untuk menjalin kerja sama.

Kali ini saya akan memberikan “3 Cara Untuk Menjadi Orang yang Menarik”. Apa saja sih caranya?

Menarik itu merupakan sesuatu hal yang sangat mendasar, seperti yang sudah saya bahas di buku Success Before 30. Saya pernah membahas bahwa salah satu kunci sukses sebelum berusia 30 tahun itu adalah ‘ALAT’.  Jadi, kunci sukses itu adalah mindset, alat, dan mentor.

Yang termasuk di dalam ‘alat’ salah satunya adalah komunitas. Jika anda sudah memiliki mindset yang bagus, contohnya anda saat ini ingin maju. Namun jika ‘alat’ yang anda gunakan keliru, maka anda tidak akan bisa.

Jadi, yang dimaksud dengan ‘alat’ disini itu apa?

Alat itu ibaratkan anda hari ini bekerja seumur hidup. Dulu pernah ada seseorang yang DM saya begini : “Pak, saya ini sudah bekerja selama 40 tahun. Tetapi mengapa hidup saya masih begini-begini saja?”.

Itu artinya ada kesalahan di ‘alat’ yang anda gunakan. Ada juga orang yang sudah bekerja puluhan tahun, namun tujuan hidupnya itu yang penting bisa cukup makan dan cukup tidur saja. Dibilang kekurangan juga tidak. Itu artinya alatnya yang keliru.

Sedangkan orang yang sukses itu pasti akan menentukan alat yang tepat. Boleh dikatakan, ‘kendaraan’ yang tepat. Salah satu contohnya adalah saya memiliki komunitas ‘YES’.

Komunitas YES ini merupakan sebuah tempat untuk anda agar bisa mengubah nasib anda. Komunitas ini adalah komunitas bisnis. Jadi, kami tidak menjanjikan anda akan mendapatkan kesuksesan dalam waktu singkat. Akan tetapi dalam waktu 2-5 tahun, jika anda tekun, maka anda pasti bisa mengubah nasib anda.

1. Menambah Pengetahuan

Salah satu tips untuk anda agar anda bisa tampil menarik yang nomor satu itu adalah menambah pengetahuan.

Kita tidak bisa memungkiri bahwa ketika anda mengobrol dengan seseorang, maka tingkat intelektualitas seseorang itu sangat ditentukan oleh wawasannya. Jadi misalkan anda itu diajak ngobrol tentang sepak bola nyambung, diajak ngobrol tentang Forex nyambung, diajak ngobrol tentang finansial nyambung, diajak ngobrol tentang mobil juga nyambung. Bahkan, diajak ngobrol tentang gaun wanita juga nyambung. Itu artinya, anda memiliki wawasan yang luas.

Jadi tips nomor satu, anda itu harus memiliki knowledge yang bagus. Caranya adalah dengan rajin membaca, rajin mencari informasi. Hal ini akan menambah ketertarikan dan kesan seseorang terhadap anda saat pertama kali bertemu.

Jadi bicara tentang orang tuanya nyambung, bicara tentang anaknya  juga nyambung. Mungkin ia hanya tidak mengerti tentang satu-dua bidang saja.

 

2. Open minded

Kemudian yang kedua adalah open minded. Orang yang memiliki pikiran open minded itu menarik. Artinya begini.. Orang yang sedikit-sedikit bilang ‘pokoknya’, itu artinya ia adalah seseorang yang close minded. Dan hal itu juga menentukan kapasitas atau tingkat dari intelektualitas seseorang yang rendah.

Pasalnya, ia hanya mau dimengerti. Jadi apabila seseorang sudah berbicara ‘pokoknya’, itu artinya ia sudah merasa bahwa dirinya itu paling benar. Dan yang paling parah adalah jika sampai detik terakhir ia sudah tidak bisa berdebat apa-apa, maka dia hanya bisa berkata ‘pokoknya’.

Jadi orang yang terbiasa seperti itu sudah pasti tidak menarik di mata orang lain dan tidak open minded. Dia hanya tahu dari satu sisi saja, namum tidak mau memahami pembicaraan dari sisi lain.

 

3. Menjadi diri sendiri tanpa kepalsuan

Kemudian yang ketiga adalah menjadi diri sendiri tanpa kepalsuan. Hal ini yang paling tidak mudah di zaman sekarang ini. Apalagi, saat ini adalah zamannya media sosial. Ini adalah era di mana banyak orang menampilkan sesuatu yang kebanyakan ‘tidak asli’ atau fake.

Justru yang paling menarik adalah bagaimana perbedaan anda di media sosial dengan di kehidupan nyata yang seharusnya sama. Hal yang menarik seseorang itu adalah jika anda terlihat cerewet di media sosial, namun ternyata di kehidupan nyata anda itu benar-benar cerewet.

Jika hanya untuk kebutuhan konten di socmed, mungkin memang banyak influencer yang tampil ‘agak nyeleneh’. Akan tetapi, mungkin di dalam kehidupan sehari-harinya tidak seperti itu. Kalau seperti ini, sebenarnya hanya masalah ‘branding’ saja.

Namun yang paling menarik bagi orang lain adalah jika anda yang tampil di media sosial dengan di kehidupan nyata tidak jauh berbeda. Sehingga, ‘branding’ diri anda itu jauh dari kata palsu.

Dunia maya itu sesungguhnya memang penuh dengan kepalsuan. Pasalnya, disana anda tidak bertatap muka secara langsung dengan orang lain, sehingga anda bisa menampilkan ‘fake personality’, anda bisa menampilkan kepribadian yang palsu.

Jadi, memang ada banyak hal-hal yang palsu di dunia maya. Menurut saya, orang yang seperti ini sama sekali tidak menarik.

Orang yang menarik itu baik di media sosial maupun di kehidupan nyatanya juga sama.

Intinya, jangan menampilkan sisi kepalsuan anda. Jika demikian, maka saya yakin diri anda akan mudah menampilkan branding yang bagus di publik. Ketika anda sudah masuk di ranah publik dan branding anda terlihat oke, maka saya yakin apapun yang anda tampilkan di depan publik secara langsung pasti sama dengan apa yang anda tampilkan di media sosial.

Dengan begitu, anda pasti bisa tampil dengan menarik. Kemungkinan, anda juga bisa menarik perhatian orang-orang yang ingin bekerja sama dengan anda. Misalkan anda mau mencari jodoh, triknya juga sama saja. Jadi, anda yang di dunia maya dan di dunia nyata itu harus sama.

Sahabat entrepreneur, saya rasa cukup demikian 3 tips agar anda bisa tampil menarik. Jadi, pembahasan saya kali ini juga ada di buku Success Before 30. Untuk pembahasan yang lebih mendalam, anda bisa bergabung dengan Komunitas YES untuk membahas bagaimana cara agar anda bisa tampil apa adanya, bukan ada apanya.

Dan sekarang di community Success Before 30 saya juga ada polling. Jika bersedia, anda bisa ikut polling disana agar diri anda juga bisa ikut berinteraktif dengan channel kami. Sukses selalu, dan salam hebat luar biasa!!

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here