3 PEDOMAN untuk Anda Menjadi PENGUSAHA SUKSES !

0
32

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa..!! Jumpa lagi di siang hari ini. Saya sedang berada di Hotel The Stones, di Kuta Bali. Kebetulan besok kita mau merayakan ulang tahun company yang ke 20. Ini dia hotelnya di belakang saya. 20 anniversary. Dan saya ingin sharing sedikit, apa saja pengalaman saya selama 20 tahun menjadi seorang pengusaha. Dan topik saya kali ini adalah : “3 PEDOMAN untuk Anda Menjadi PENGUSAHA SUKSES!”.

Okay, welcome back..! Dan senang sekali karena siang hari ini saya bisa sharing sesuatu yang sangat-sangat penting bagi kita. Yaitu bicara tentang bagaimana resep atau pedoman bagaimana menjadi pengusaha sukses. Jika anda sudah menonton ratusan video saya sebelumnya, sebenarnya saya sudah banyak membahas masalah ini. Tetapi, tidak ada salahnya saya mengingatkan pada topik kali ini. Yaitu ‘pedoman ini jangan pernah dihilangkan’.

1. Mindset

Pedoman yang pertama adalah mindset. Seperti yang kita ketahui bahwa saya ini dijuluki ‘King of Mindset’. Mengapa? Karena saya sudah membahas di video ESBI, “Mindset dan Mental Orang Sukses”. Disitu sudah sangat jelas bahwa ternyata menjadi pengusaha itu bicara soal mindset, atau bicara soal pola pikir.

Apabila pola pikir anda Employee atau Self Employee, kuadran E dan kuadran S, maka anda tidak cocok berada di kuadran B. Tidak cocok, karena kita bicara soal mindset. Sekali lagi, mindset itu ibaratkan seperti ikan yang berada di air tawar, tetapi tiba-tiba dipindah ke air laut. Maka, ikan itu akan mati.

Sama juga dengan karyawan. Yang mana kita sudah dibesarkan dari kecil sampai dewasa dididik menjadi karyawan. Karyawan yang dibesarkan perusahaan, dan tiba-tiba banting setir menjadi pengusaha. Jika anda tidak tahu caranya, tidak tahu persiapannya, tidak kuat mindset’nya, besar kemungkinan anda akan ‘klepek-klepek’ alias mati. Jadi, itu adalah pedoman nomor satu.

 

2. Mindset

Pedoman yang kedua. Apa itu? Yaitu mindset lagi. ‘Loh, kok bisa mindset lagi, pak?’. Begini ya.. Sekali lagi, banyak orang yang sering bertanya, “Pak, saya ini harus mulai usaha darimana? Saya gak punya modal. Saya gak punya investor. Saya gak punya mentor’. Pokoknya banyak yang menanyakan hal seperti itu. Semua yang ditanyakan itu, ujung-ujung jawabannya hanya satu. Yaitu mindset.

Sekali lagi, mindset’nya. Karena apabila kita bicara soal mindset, itu merepotkan. Sama saja dengan anda hari ini memaksa orang Indonesia untuk tidak makan nasi. susah ‘kan? Susah banget.. Karena apa? Pagi nasi, siang nasi, malam nasi.

Bahkan jika orang Indonesia tiba-tiba pergi ke negara Barat, contohnya ke Eropa atau misalkan ke Amerika. Atau gak perlu jauh-jauh, misalkan ke Australia. Yang dicari pasti nasi. Why? Karena mindset’nya makan itu harus nasi. Kalau gak ada nasi, berarti belum makan. Itulah mindset. Jika bicara soal pola pikir atau mindset, itu merepotkan.

Jadi begini.. Sekali lagi, saya sudah pernah membahasnya di “3 Orang yang Tidak Cocok Menjadi Entrepreneur”. Saya sudah membahas jelas disitu.

Yaitu apabila anda cuma punya mental gajian, mental tanggal 30-32, tidak siap tertekan dan sebagainya, maka itulah mindset. Karena masalah entreperneur di channel saya itu bukan hanya membahas enak-enaknya saja. Tidak hanya membahas kemewahan saja. Tidak membahas nanti jika menjadi entreperneur itu punya financial freedom dan time freedom. Hidupnya enak, bisa kemana-mana.

Hei mas bro.., itu semua masalah mindset…!

Itu semua tidak bisa terjadi dalam setahun-dua tahun. 20 tahun yang lalu, saya juga struggling, sama seperti kamu. Bingung. Setelah saya lulus sekolah, dari TK, SD, SMP, SMA, totalnya itu berapa tahun? TK 2 tahun, SD 6 tahun, SMP 3 tahun, SMA 3 tahun. Jumlahnya 14 tahun. Ditambah kuliah 5 tahun, jadinya hampir 20 tahun. Apalagi saya lulusnya setelah 8 tahun.

Karena apa? Kuliah 4 tahun kelar, lalu saya tinggal. Itu semua perlu waktu puluhan tahun untuk membangun pola pikir saya menjadi karyawan. Gimana mau gampang menjadi pengusaha?

20 tahun saya menghabiskan dunia sekolah untuk membentuk mindset karyawan. Tetapi akhirnya pada 20 tahun belakangan, saya full time menjadi pengusaha.

Sampai detik ini, bagi anda yang menonton channel ini, anda selalu mengatakan, ‘Ada gak sekolah atau kuliah untuk menjadi pengusaha?’. TIDAK ADA. Di Indonesia itu tidak ada. Kalaupun ada mata kuliah kewirausahaan, yang mengajarkan juga bukan seorang wirausaha. Bukan seorang pengusaha.

Itulah sebabnya channel saya ini mengajarkan yang tidak diajarkan di bangku sekolah maupun bangku kuliah.

adi sekali lagi, pedoman kedua adalah mindset. Itulah yang mau saya tegaskan.

3. Mindset

Pedoman ketiga, catat baik-baik. Yaitu mindset. Sekali lagi, bicara soal mindset. ‘Aduh, bapak ini ngomong apa sih? Dari tadi kok ngomong mindset terus..’

Begini ya.., inilah cara untuk nge’drill mindset. Yaitu perkataan anda harus diulang, diulang dan diulang sampai masuk ke subconscious mind atau pikiran bawah sadar anda. Selama 20 tahun anda diulang, diulang dan diulang, selama 20 tahun. Ikuti kata-kata saya, tulis di kolom comment.

Nomor satu, anda sekolah. Tujuan sekolah untuk apa? Cari kerja.

Sekolah yang tinggi, cari kerja, supaya gajinya tinggi. Sudah ya, tahu urutannya ya.. Sekolah, cari kerja, gajinya tinggi. Anda lanjutkan sendiri di kolom comment. Artinya apa?

Mengapa saya tidak pernah menemukan jawaban berikut ini dari 10 orang mahasiswa yang saya tanya, ketika saya diundang ke universitas atau ke kampus? Tidak ada dari 10 orang mahasiswa yang setelah tamat kuliah mau membangun usaha. Tidak ada. ‘Membangun my business’, tidak ada. Karena memang tidak ada. Karena di otaknya memang tidak ada. Sekolah, setelah tamat cari kerja. That’s it.

Jadi artinya, anda diulang, diulang dan diulang seperti itu, sehingga masuk ke dalam pikiran bawah sadar bahwa setelah tamat sekolah, cari kerja. That’s it. Artinya jika anda menganggap, ‘Content kali ini kok Pak Chandra membahas mindset terus sih?’. Jika saya mengulang mindset, bandingkan dengan anda selama 20 tahun mindset anda juga diulang hal yang sama. Paham ya, sahabat entrepreneur..

Jadi artinya, apabila anda selama 20 tahun diulang, diulang dan diulang kata-kata sekolah yang tinggi, supaya cari kerja gampang dengan gaji yang tinggi, that’s it. Jika anda selalu diulang dengan kata-kata seperti itu, mengapa sekarang saya tidak boleh mengulang kata mindset, mindset, dan mindset? Itu saja yang ingin saya sharing kali ini.

Jadi sekali lagi, jangan pernah menyalahkan sistem pendidikan kita. Karena sekolah itu penting, tetapi tidak cukup.

Demikian sahabat entrepreneur, tips saya kali ini. Saya juga minta doa dari kalian semua di kolom comment, saya minta doa restu untuk perusahaan kami yang sudah berusia 20 tahun. Semoga perusahaan kami bisa terus menginspirasi Indonesia. Bagi anda yang butuh mentor, silahkan tulis di kolom comment juga. Saya juga punya recommended mentor di www.chandraputranegara.co.id

Catat, dan klik disitu. Ada banyak mentor yang saya rekomendasikan. Silahkan hubungi salah satu dari mereka untuk menjadikan mereka sebagai mentor bisnis anda. Sekali lagi, thank you atas perhatiannya. Jangan lupa subscribe, karena subscribe itu gratis. Jangan lupa klik like, berikan komentar anda di bawah, share dan loncengnya diaktifkan.

Semoga topik kali ini bisa terus menginspirasi anda, mengingatkan anda, menggedor cara berpikir anda, dan yang terpenting anda mempunyai mindset yang berbeda dengan teman-teman seusia anda.

Always salam hebat luar biasa..!!

3 PEDOMAN untuk Anda Menjadi PENGUSAHA SUKSES !

3 PEDOMAN untuk Anda Menjadi PENGUSAHA SUKSES !

Kali ini saya ingin sharing sedikit, apa saja pengalaman saya selama 20 tahun menjadi seorang pengusaha. Dan topik saya kali ini adalah : “3 PEDOMAN untuk Anda Menjadi PENGUSAHA SUKSES!”.

Leave a Reply