3 Penyebab Rezekimu Seret

0
277

https://www.youtube.com/watch?v=G5eUrxZrSCQ

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa!! Selamat datang di channel Success Before 30, channel yang konsisten memberikan edukasi serta motivasi untuk dunia bisnis dan kehidupan.

Kali ini saya akan membahas lagi masalah rezeki. Masalah rezeki ini tidak akan ada habisnya dibahas, karena sampai kapanpun masalah rezeki itu adalah masalah yang paling penting karena berkaitan dengan kehidupan manusia sehari-hari. Jadi, disini saya sudah temukan banyak faktor kenapa rezeki seseorang itu seret dan mampet.

Saya percaya bahwa rezeki yang seret itu sangat berhubungan dengan yang namanya energi. Jika anda tidak percaya, coba saja buktikan. Mungkin anda pernah bangun pagi dan rasanya sudah bad mood. Pengen marah-marah, terus rasanya kesal. Sepanjang hari bawaannya pengen marah-marah terus. Itu artinya, energi anda sedang tidak baik. jika mood anda sedang tidak baik, pasti sepanjang hari tersebut akan menjadi buruk bagi anda.

Lalu, bagaimana jika anda itu bad mood’nya hampir setiap hari?

Jadi, kali ini saya akan membahas: “3 Penyebab Rezekimu Seret”.

Penyebab yang pertama adalah karena anda jarang bersyukur.

Mengapa ada orang yang setiap harinya selalu marah-marah? Itu karena dia tidak merasa bahagia.

Mengapa dia merasa tidak bahagia? Itu karena dia jarang bersyukur.

Intinya, anda itu harus lebih banyak bersyukur. Jika hari ini anda mendapatkan banyak masalah, maka bersyukurlah. Jika hari ini anda marah-marah karena rezeki anda mampet, rezeki anda seret, anda tetap harus bersyukur karena anda masih bisa makan. Banyak orang di luar sana yang tidak bisa makan dengan teratur.

Ada orang yang dagangannya sepi, ada orang yang tokonya sepi. Ya, usaha yang naik turun itu wajar saja. Bersyukurlah karena anda masih diberi kesehatan. Bagaimana dengan mereka yang bahkan tidak diberi nikmat kesehatan? Mungkin ada juga orang memiliki usaha atau bisnis yang ramai, namun dia harus menghidupi anaknya yang sakit kanker.

Jadi, jangan menilai bahwa rezeki itu datang hanya dari uang. Badan anda yang sehat itu juga termasuk sebuah rezeki. Hari ini keluarga anda bahagia dan hubungan suami istri yang harmonis itu juga termasuk sebuah rezeki.

Jika anda merasa rezeki anda seret, itu artinya anda jarang bersyukur. Hal iniu memang sepele, namun seringkali kita lupakan.

Kemudian penyebab yang kedua adalah anda tidak melayani dengan hati.

Saya sudah pernah membahas hal ini di buku saya ‘Badai Pasti Berlalu’ di Bab keenam halaman 73. Kita ini seringkali menyalahkan ‘akibat’.

“Ih, kenapa sih badanku ini gemuk banget..?!”

Gemuk itu padahal merupakan ‘akibat’. Namun anda tidak menyalahkan ‘penyebabnya’. Padahal penyebab anda gemuk adalah karena anda makan terlalu banyak kalori. Anda makan secara berlebihan, otomatis anda menjadi gemuk. Anad hanya membenci ‘gemuk’nya, tetapi anda tidak membenci penyebabnya.

Contohnya anda hari ini terkena kanker paru-paru karena anda merokok setiap hari. Kamu stress karena kanker paru-paru, lalu setiap hari anda berdoa dan nangis-nangis minta pertolongan pada Tuhan agar anda bisa sembuh. Anda baru berdoa saat anda menerima ‘akibat’. Namun mengapa waktu dulu anda mau merokok, anda tidak berdoa dulu kepada Tuhan?

Ya, terkadang manusia itu aneh. Manusia itu takut dengan ‘akibatnya’. namun tidak takut dengan ‘penyebabnya’.

Itulah sebabnya di buku ini sudah saya bahas tentang ‘melayani dengan hati’. Jika hari ini anda melayani dengan baik, niscaya anda akan mendapatkan timbal balik yang positif. Begitu juga dengan apabila anda tidak takut dengan ‘penyebabnya’, namun anda lebih takut dengan ‘akibatnya’.

Misalkan hari ini anda miskin karena banyak hutang, sebenarnya hal itu merupakan sebuah akibat. Dan penyebabnya adalah karena di masa muda anda suka bermalas-malasan. Karena di masa muda anda tidak mau kreatif. Dulu ketika anda masih muda dan sehat, anda hobinya main-main terus, happy-happy terus. Anda tidak pernah berpikir serius untuk masa depan anda. Dan akibatnya, terimalah masa tuamu yang sekarang ini hidup susah.

Inilah sebabnya saya membuat channel Success Before 30. Agar para anak muda zman sekarang pikirannya tidak hanya untuk main-main terus, happy-happy terus. Kalian harus memikirkan masa depan agar di masa tua hidup kalian tidak susah. Karena ada banyak sekali orang tua yang hidupnya susah, terlebih lagi ketika memasuki usia pensiun.

Mungkin terkadang anda merasa jengkel karena dimarahi terus oleh orang tua anda. Sebenarnya itu semua karena mereka tidak ingin anda di masa tua hidup susah. Mereka yang masa tuanya hidup susah itu karena di mereka selalu berfoya-foya di masa mudanya. Karena mereka tidak mau bekerja keras. Ini adalah akibatnya.

Lalu penyebab yang ketiga adalah tidak mau menambah wawasan anda.

Hal ini penting sekali. Cobalah menambah wawasan anda dengan rajin membaca buku. Jadi, kurangnya wawasan juga dapat menyebabkan rezeki anda seret. Ingat, rezeki itu bukan turun dari langit begitu saja. Rezeki itu memang turun dari langit, kemudian turun melalui manusia. Dan langit ini mempertemukan anda dengan relasi anda sesama manusia.

Jika wawasan anda kurang, teman anda kurang, networking anda kurang, silaturahmi anda kurang, bagaimana mungkin rezeki itu akan datang? Rezeki itu bisa anda dapatkan jika anda memiliki banyak teman. Jadi, banyak teman itu banyak mendatangkan rezeki. Kalau di Indonesia, mungkin yang sering didengar adalah pepatah banyak anak, banyak rezeki. Pepatah ini tidak salah, namun saya lebih percaya dengan pepatah banyak teman itu banyak mendatangkan rezeki.  Jadi, perbanyaklah teman anda dan wawasan anda.

Setiap orang itu memiliki karakteristik dan keunggulan masing-masing. Saya kenal dengan pemilik ini, saya kenal dengan si A dan si B. Dari kenalan inilah kita bisa bertukar pikiran dan wawasan. Dengan begitu, kita bisa memiliki rezeki yang berbeda dari sebelumnya dan niscaya bisnis/usaha anda akan semakin bagus. Dengan bertambahnya wawasan, rezeki anda akan semakin lancar.

Jadi kurang bersyukur, tidak melayani dengan hati dan tidak mau menambah wawasan dapat menyebabkan rezeki anda semakin seret. Lalu, disini saya juga mau menambahkan satu hal lagi :

 JANGAN PELIT, PERBANYAKLAH BERAMAL.

Jika anda sering beramal, niscaya rezeki anda akan semakin lancar. Amal itulah yang akan kembali melayani anda dengan hati. Bantulah orang lain agar orang lain juga bisa sukses. Bantulah pelanggan dan resellermu agar anda sendiri juga semakin sukses. Selain pelanggan anda happy, reseller anda juga akan ikut sukses. Bantulah karyawan anda agar hidupnya sejahtera. Niscaya, perusahaanmu juga ikut lancar.

Ketika anda melayani dengan setulus hati, niscaya perusahaan dan organisasi anda akan semakin kuat. Dan bagi anda yang karyawan, mengapa gaji anda tidak kunjung naik? Itu karena anda hanya menuntut gaji anda naik, namun anda tidak menuntut diri anda sendiri untuk menambah wawasan. Bukalah wawasan anda, jangan hanya membaca berita hoax. Bacalah berita-berita yang dapat menambah ilmu anda. Rajin membaca buku juga dapat menambah wawasan anda. Ketika anda menambah wawasan dan mau mengenal teman yang berbeda, maka rezeki anda juga akan berbeda. Jika anda tidak mau melakukannya, maka rezeki anda ya hanya itu-itu saja.

Demikian sahabat entrepreneur sharing saya kali ini. Semoga apa yang saya jelaskan dapat anda pahami, dan sukses selalu untuk anda semua para sahabat SB30. Jangan lupa klik subscribe, dan jangan lupa loncengnya diaktifkan. Salam hebat luar biasa..!!

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here