Home Finance 3 Step Membayar Hutang

3 Step Membayar Hutang

0
24

<iframe width=”560″ height=”315″ src=”https://www.youtube.com/embed/uyGBpTQyWeE” frameborder=”0″ allow=”accelerometer; autoplay; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture” allowfullscreen></iframe>

Klik disini untuk melihat videonya

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa!! Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang masalah finansial, tepatnya masalah hutang. Sepertinya membahas masalah hutang ini tidak ada habisnya dan bisa membuat kita stress. Mungkin anda punya hutang sama saudara, teman, atau bahkan hutang di bank. Disini saya akan mengajarkan 3 Step Membayar Hutang. Tetapi intinya, hutang itu harus dibayar. Dan yang paling berat itu adalah hutang budi. Namun, yang akan saya bahas disini adalah hutang secara finansial.

Lalu, bagaimana caranya untuk membayar hutang?

Apalagi jika anda punya hutang di bank atau rentenir. Biasanya, anda akan dibebankan suku bunga yang cukup ‘mencekik’. Dan seringkali anda itu jengkel karena bunganya cukup tinggi. Ya tentu saja. Mana ada orang mau memberikan pinjaman hutang secara gratis? Jika ada orang mau memberikan pinjaman hutang secara gratis, yang pasti hanya ada satu. Yaitu orang tua. Di luar itu pasti dikenakan bunga, atau paling tidak kalau pinjam ke teman atau saudara, maka harus dikembalikan tepat waktu. Karena tidak ada ceritanya pinjaman hutang secara gratis.

Lucunya, anda itu kalau lagi butuh selalu dipinjami. Namun kalau disuruh mengembalikan, sulitnya setengah mati. Tidak bisa seperti itu. Itulah sebabnya verifikasi untuk mendapatkan pinjaman dari bank itu ketat. Bank tidak mau mengucurkan dana kredit kepada orang yang tidak mampu membayarnya. Jadi, jangan hanya menuduh bahwa bank itu menggunakan uang riba’. Bank itu juga perlu hidup. Jika tidak begitu, bagaimana bank tersebut mau menghidupi para karyawannya?

Bank tersebut memberikan lapangan pekerjaan dan juga membantu orang-orang yang kesusahan. Jangan hanya menuduh bahwa bank itu bunganya mencekik, tetapi ketika anda butuh dana, anda larinya ke bank. Pinjamnya cepat, tetapi mengembalikannya susah. Padahal, bank itu resikonya juga tinggi. That’s why bank itu memastikan apakah anda mampu membayar sebelum mengucurkan dananya kepada anda. Jika anda tidak mampu membayar, maka bank tidak akan mengucurkan dananya kepada anda.

Next time saya akan membuat video bagaimana caranya mengajukan kredit pada bank. Tetapi, kali ini saya akan membahas dulu 3 step untuk membayar hutang.

Jadi, tips yang pertama adalah anda niat untuk membayar.

Jika anda tidak memiliki niat untuk membayar hutang, maka percuma saja saya membuat konten ini. Itu artinya anda menipu dan makan duit orang lain. Anda itu sedang bikin drama atau kenyataannya anda memang seperti itu? Jika anda diberi pinjaman uang tetapi ketika ditagih selalu beralasan tidak bisa mengembalikannya dengan alasan apapun, itu artinya anda memang tidak memiliki niat untuk membayar hutang.

Jika anda memiliki niat untuk membayar, niscaya hutang itu akan lunas. Jadi, niat itu adalah yang utama. Jika anda tidak memiliki niat untuk membayar, maka percuma anda menonton video ini.

“Pak, hutang saya 1 juta Rupiah. Tetapi saya hanya mampu nyicil 10 ribu saja”

Tidak masalah, yang terpenting anda memiliki niat untuk membayar. Jika saat ini usaha anda bangkrut, coba cari usaha yang lain dan cari tahu dulu apa penyebab usaha anda bangkrut.

 

Lalu yang kedua, anda harus tahu nominalnya.

Jadi, anda harus cek dulu berapa nominalnya. Dan setelah anda tahu nominalnya, otomatis anda akan mencari cara untuk melunasi hutang tersebut. Hutang itu tidak bisa dikira-kira nominalnya. Kita harus tahu dan pantau terus bagaimana rincian dan nominalnya. Jika anda sudah tahu nominalnya sekian, ditambah bunga sekian, maka anda juga perlu tahu cara pembayarannya seperti apa.

Lalu tips yang ketiga adalah anda harus komitmen untuk membayar.

Jika anda sudah ada niat dan tahu berapa nominal hutang anda, maka yang terakhir adalah anda harus berkomitmen. Jika anda sudah ada niat untuk lari dari tanggung jawab, maka percuma saja. Jika anda sudah berkomitmen untuk mencicil hutang anda, entah anda berkomitmen mencicil setiap bulan, setiap minggu, setiap hari, atau bahkan anda baru saja mau mencari pekerjaan. Atau mungkin dengan menjual aset apa saja yang bisa anda jual, anda pasti bisa melunasi hutang anda.

Intinya, anda harus mempunyai komitmen untuk mencicil. Tanpa komitmen, maka percuma saja.

Sahabat entrepreneur, demikian video saya kali ini. Konten ini saya buat agar anda bisa segera melunasi hutang anda. Saya doakan semoga hutang anda lunas jika anda menerapkan tiga step ini. Jika anda memiliki niat baik, niscaya anda pasti bisa melunasi hutang anda. Sukses selalu untuk anda semua para sahabat SB30. Semoga video kali ini dapat menjadi pembelajaran yang positif untuk anda dan dapat menginspirasi anda. Jangan lupa klik subscribe, dan jangan lupa loncengnya diaktifkan. Salam hebat luar biasa..!!

3 Step Membayar Hutang

3 Step Membayar Hutang

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang masalah finansial, tepatnya masalah hutang. Sepertinya membahas masalah hutang ini tidak ada habisnya dan bisa membuat kita stress. Mungkin anda punya hutang sama saudara, teman, atau bahkan hutang di bank. Disini saya akan mengajarkan 3 Step Membayar Hutang. Tetapi intinya, hutang itu harus dibayar. Dan yang paling berat itu adalah hutang budi. Namun, yang akan saya bahas disini adalah hutang secara finansial.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here