3 Tipe Orang Dalam Menyimpan Uangnya dan Artinya

0
78

 

SB30 – Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa! Kali ini saya ingin membahas tentang teknik psikologi orang dalam menyimpan uang di dompetnya. Jadi, anda itu tipikal orang yang seperti apa?

Apabila anda termasuk dalam salah satu tipikal yang saya bahas di sini, itu artinya anda juga termasuk dalam salah satu tipe orang yang saya sebutkan juga dalam episode kali ini.

Jadi, video saya kali ini berjudul “3 Tipe Orang Dalam Menyimpan Uangnya dan Artinya”.


Sebelum saya membahas hal ini lebih lanjut, saya ingin berterima kasih kepada anda yang sudah menonton video ini. Channel kami sudah berdiri selama 8 tahun Kami konsisten membuat  video tentang pengembangan diri, tips-tips praktis, tips-tips bisnis, finansial serta berkolaborasi dengan banyak tokoh publik dan influencer yang selalu memberikan edukasi serta konten yang positif kepada masyarakat Indonesia.

Dan tentunya video ini tidak serta merta menjadi video pertama yang kami unggah. Namun, kami sudah memiliki ratusan video lainnya yang membahas tentang how to improve your self personal skill yang tidak diajarkan di sekolah maupun di bangku kuliah.

Jadi, tipe yang pertama adalah memisahkan uang berdasarkan nominalnya.

Contohnya adalah ketika anda memiliki uang sebesar 500 ribu di dompet yang terdiri dari berbagai pecahan. Mungkin anda terbiasa menata uang anda seperti lembaran 100 ribu di bagian paling depan. Kemudian berikutnya nominal yang kebih kecil, yaitu 50 ribu berada di bagian yang kedua. Lalu selanjutnya adalah nominal kecil berikutnya seperti 20 ribu, 10 ribu dan seterusnya supaya ketika anda mencari uang anda langsung bisa mencari nominalnya dengan mudah.

Dan yang terakhir pecahan kecil seperti 5 ribu dan 2 ribu ada di bagian paling belakang, sehingga anda mudah mencarinya ketika butuh nominal uang tersebut untuk membayar parkir. Anda tidak perlu mencari-cari lagi.

Jika anda adalah tipe orang yang memisahkan uang berdasarkan nominalnya, maka itu artinya anda adalah jenis orang yang sistematis.

Anda itu terorganisir dan paling pintar mengatur uang. Anda sangat paham bagaimana caranya mengatur keuangan dengan baik dan terorganisir. Semoga anda menjadi tipe seperti itu. Dan kebetulan ketika membuat konten ini, saya memang tipe orang yang memisahkan uang berdasarkan nominalnya. Sehingga sesulit apapun kondisi keuangan jika anda bisa merencanakannya dengan rapi, niscaya meskipun uang itu kecil, anda pasti tahu bagaimana cara yang tepat meletakkannya.

Kemudian tipe yang kedua adalah isi dompet berantakan.

Dulu saya pernah memiliki teman yang ketika menerima uang bukannya langsung dirapikan, namun diacak-acak lalu langsung dimasukkan ke dompet. Bahkan, ia juga melipat uang tersebut dengan tidak rapi. Jadi asal dilipat saja, langsung dimasukkan ke dompet sehingga kalau dompet itu dibuka, isinya kayak tong sampah.

Jadi uang pecahan 2 ribu di sini, uang pecahan 10 ribu di sana. Sama sekali tidak rapi. Orang yang isi dompetnya berantakan seperti ini adalah tipe orang yang royal dan cenderung boros. Dan jika tipe orang seperti ini memang anda, semoga video ini dapat menyadarkan anda.

Akan tetapi, orang tipe ini akan bekerja keras untuk mendapatkan uang jika uangnya habis. Jadi, ini adalah tipe menghasilkan uang harian. Apabila uangnya habis, maka ia akan merasa stress. Ia kebingungan dengan bagaimana cara mencari uang untuk kebutuhan pada esok harinya. Namun sayangnya, mereka meletakkan uang secara acak-acakan, tidak rapi sama sekali.

Kemudian tipe yang ketiga adalah menyelipkan uang di salah satu bagian dompet tersendiri.

Jadi, ia memiliki ‘ruang rahasia’. Ia masih bisa menyelipkan uang cadangan khusus di dalam dompetnya. Anda adalah tipe orang yang ‘sedia payung sebelum hujan’. Anda selalu memiliki dana darurat ketika kondisi finansial anda sedang mepet, sedang krisis, ataupun sedang ada pengeluaran tak terduga. Selain itu, anda selalu memiliki reserve atau cadangan agar anda sebisa mungkin tidak merepotkan orang lain.

Sedangkan tipikal orang yang suka merepotkan orang lain adalah orang yang suka menaruh uangnya secara acak-acakan sehingga cepat habis. Akhirnya, orang tersebut telepon kesana kemari untuk mencari pinjaman. Ini bukan tipikal orang ketiga yang suka menyelipkan uang sebagai dana darurat.

 Akan tetapi, tipe yang ketiga ini terkadang juga bisa boros karena selalu merasa punya uang cadangan. Namun, ia sebenarnya pandai menyimpan dana cadangan tersebut.

Tiga tipe ini adalah jenis orang yang kelihatan sekali secara psikologis daricara ia meletakkan uang yang ia miliki. Sekarang pertanyaan saya, anda termasuk tipe yang mana? Apakah anda tipe yang terorganisir, acak-acakan, ataukah tipe yang selalu memiliki uang cadangan?

Sahabat entrepreneur, semoga video kali ini bisa menjadi pembelajaran untuk anda. Demikian sharing saya kali ini. Silahkan anda share pada teman-teman anda. Mungkin mereka tidak mendapatkan pelajaran ini dari orang tuanya, namun mereka justru mendapatkannya dari channel ini. Untuk lebih lengkapnya, anda bisa baca di buku saya ‘Success Before 30’.

Semoga video kali bermanfaat. Sukses selalu, dan salam hebat luar biasa!!

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here