4 Tipe Manusia yang Akan Kamu Temui Dalam Dunia Bisnis

0
85

SB30 – Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa! Akhirnya saya bisa membuat konten lagi. Terima kasih atas doa para sahabat, sehingga kini saya sudah sehat kembali sejak terinfeksi virus Covid-19. Hingga video ini dibuat, bisa dikatakan kondisi saya sudah mencapai 99% sehat. Jadi, hanya kurang 1% lagi.

Mengapa belum 100%? Yang 1% itu karena saya masih batuk-batuk ringan, hal itu wajar. Akan tetapi, hasil swab saya semuanya sudah negatif.

Kali ini saya ingin membahas tentang “4 Tipe Manusia yang Akan Kamu Temui Dalam Dunia Bisnis”.

Tipe manusia pertama yang akan saya bahas disini adalah tipe lose and lose.

Tipe orang yang seperti ini biasanya belum memulai bisnis saja sudah punya banyak alasan. Disuruh jual produk, alasannya gak bisa. Disuruh dagang, alasannya gak punya modal. Intinya, dia selalu punya banyak alasan.

Jadi, tipe seperti ini sebaiknya dijauhi. Ketika disuruh beli produk, alasannya gak punya uang. Disuruh mulai berbisnis, ada saja alasannya. Pokoknya, dia adalah tipe orang yang selalu pesimis. Selalu merasa kalah sebelum berperang.

Tipe seperti ini sebaiknya dihindari, karena tidak semua orang mampu terjun di dunia bisnis.

Kemudian tipe manusia yang kedua adalah tipe win and lose.

Tipe win and lose ini seperti apa? Orang ini akan memikirkan keuntungan untuk dirinya sendiri tanpa memikirkan apakah orang lain juga akan mendapatkan untung atau tidak.

Jadi, ini adlaah tipe orang yang egois, karena ia merasa yang penting dia dapat untung. Give and run, selesai. Ia hanya memikirkan keuntungan, namun ia tidak menjaga kepercayaan customernya.

“Yang penting saya dapat keuntungan untuk mencukupi kebutuhan saya sendiri. Mau customer saya mati atau tidak puas dengan produk saya, itu urusan belakangan”.

Tipe manusia yang seperti ini adalah tipe orang yang tidak bisa dipertahankan di dalam tim anda. Entah dia itu merupakan karyawan kalian, tim penjualan ataupun mitra bisnis. Itu artinya, anda salah menentukan rekan kerja.

Sebaiknya, anda memutuskan hubungan dengan orang seperti ini. Pasalnya, orang seperti ini tidak bisa diajak bekerja dengan tim. Selain itu, tipe orang ini juga tidak baik untuk masa depan perusahaan.

Kemudian tipe manusia yang ketiga adalah tipe I win, you win.

Ini adalah tipe manusia yang sangat hebat. Mindset I win, you win ini adalah :

“Yang penting saya mendapatkan uang dulu dibandingkan rekan yang saya ajak kerja sama. Jadi, saya harus mendapatkan cuan lebih banyak. saya harus mendapatkan keuntungan lebih banyak. Memang boleh anda mencari keuntungan, namun keuntunganmu tidak boleh lebih banyak dari saya”.

Jadi, ini adalah tipe orang yang sangat-sangat wajar. Di dalam dunia bisnis memang seperti ini. Dia selalu berpikir bagaimana cara agar dia bisa lebih hebat dari kompetitornya. Kalau melawan kompetitor itu wajar, namun yang mengkhawatirkan itu jika ia ingin lebih hebat dari rekan bisnisnya.

Tipe orang seperti ini biasanya bisnisnya akan berjalan karena ia masih memikirkan keuntungan orang lain. Namun untuk jangka panjang, menurut saya tidak. Karena apa? Mindset I win, you win. Jadi, ada kata “saya” duluan. Tipe manusia seperti ini adalah dia yang selalu memikirkan harus dapat keuntungan lebih banyak daripada orang lain.

“Pak, apakah salah jika saya ingin untung lebih banyak?”

Tidak salah. Akan tetapi, bisa dikatakan kurang tepat. Mengapa? Karena apabila anda ingin bisnis yang anda jalankan sustain, yakni stabil dan berjangka panjang, maka anda harus memastikan stage holder alias pihak-pihak yang terkait itu juga mendapatkan keuntungan.

Contohnya adalah supplier, customer, partner dan customer tetap. Mereka juga harus mendapatkan keuntungan sehingga ‘ekosistem’ anda akan tetap berjalan dengan baik.

Jika ekosistem anda berjalan dengan baik, maka bisnis anda akan sustain dan berjangka panjang.

Kemudian tipe manusia yang keempat adalah tipe you win, and i win.

Jadi kamu menang, barulah saya juga menang. Inilah rahasia mengapa sebuah perusahaan dapat bertahan puluhan hingga ratusan tahun. Ia membiarkan orang lain sukses lebih dulu, namun dirinya bakal menang belakangan.

Tipe orang yang seperti ini selalu berpikir jangka panjang. Ia lebih baik invest dan merugi di awal. Namun ia tahu, bahwa dirinya akan mendapatkan keuntungan belakangan.

Tipe manusia seperti ini memang yang paling langka di dunia bisnis.

Salah satu contoh yang bisa kita lihat adalah seperti pemilik Alibaba. Yang disorot dari Alibaba itu kebanyakan adalah soal Jack Ma yang memiliki kekayaan mencapai ribuan triliun.

Namun, banyak yang lupa bahwa di awal-awal tahun ia berbisnis, ia banyak kehilangan partner usahanya. Ia berpikir lebih baik merelakan keuntungannya diambil oleh orang lain. Sampai akhirnya, ia sukses ketika perusahaannya di’IPO.

Bahkan, bisnisnya semakin besar. Partner bisnisnya semakin banyak, supplier yang menitipkan produknya di Alibaba juga semakin banyak hingga akhirnya bisnis Jack Ma berjalan dengan baik.

Selain itu, bisnisnya pun tak cuma besar di China yang memiliki penduduk sekitar 1,5M. Namun Alibaba juga berhasil expansi ke seluruh dunia. Begitulah tipe orang yang memiliki visi yang besar.

Saya sendiri juga sedang belajar menuju ke tipe ini. Doakan saja, semoga ke depannya saya juga bisa menginspirasi banyak orang. begitu pula dengan kalian. Jadi, anda termasuk tipe yang mana?

Seperti yang anda ketahui, piramida itu bentuknya luas di bawah, dan semakin mengerucut ke atas.

Jadi, tipe yang pertama lose and lose itu berada di posisi paling bawah alias yang terbanyak.  

Kemudian tipe yang kedua, win and lose ini maunya menang tapi tidak mau kalah. Meski begitu, masih lebih baik daripada tipe yang pertama tadi. Minimal dia mau berusaha, namun sayangnya dia egois.

Lalu tipe yang ketiga, i win and you win. Dia maunya menang lebih dulu. Dan tingkat yang paling atas adalah you win and i win. Inilah yang paling sulit. Namun saya percaya, anda pasti bisa mencapai tipe yang keempat ini.

Sahabat entrepreneur, demikian pembahasan topik saya kali ini. Semoga video kali ini bisa menjadi inspirasi untuk anda. Saya yakin setelah anda simak video ini, anda bisa lebih cermat dalam memilih partner bisnis.

Silahkan anda share pada teman-teman anda. Mungkin mereka tidak mendapatkan pelajaran ini dari orang tuanya, namun mereka justru mendapatkannya dari channel ini. Untuk lebih lengkapnya, anda bisa baca di buku saya ‘Success Before 30’.

Semoga video kali bermanfaat. Sukses selalu, dan salam hebat luar biasa!!

 

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here