Home Bisnis 5 Cara Super Mudah Menghafal dan Tidak Akan Lupa Selamanya

5 Cara Super Mudah Menghafal dan Tidak Akan Lupa Selamanya

0
2

 

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa!! Selamat datang di channel Success Before 30, channel yang konsisten memberikan edukasi serta motivasi untuk dunia bisnis dan kehidupan.  

Apakah anda adalah salah satu tipe orang yang kesulitan dalam menghafal? Jika benar, saya ingin memberi tipsnya disini. Jadi, topik yang akan saya bahas kali ini adalah : “5 Cara Super Mudah Menghafal dan Tidak Akan Lupa Selamanya”. Apa sajakah 5 cara tersebut?

Jika anda merasa kesulitan dalam menghafal dan berkonsentrasi, cobalah beberapa tips berikut ini.

Jadi cara pertama adalah belajar untuk fokus.

Ketika anda sedang mendengarkan sesuatu, apakah pikiran anda itu suka melayang kemana-mana? Ini artinya, anda tidak pernah fokus menghafalkan apa yang disampaikan oleh guru atau mentor anda. Dan mungkin ketika anda membaca buku atau menonton sebuah film, setelah menyelesaikannya, anda tetap saja tidak mampu menghafalkan isi dari buku atau film tersebut.

Padahal, sebenarnya menghafalkan itu bukanlah hal yang sangat sulit. Dan skill ini sangat penting jika suatu hari pekerjaan anda menuntut anda untuk menghafalkan sesuatu. Jadi intinya, belajarlah untuk fokus. Matikan dulu HP anda, matikan dulu TV anda. Hilangkan semua gangguan di sekitar anda. Cobalah menghafalkan dengan kondisi tenang dan fokus.

Lalu cara yang kedua adalah menulis.

Ketika anda mendengarkan video dari channel saya, meskipun disini juga ada teksnya, tetapi cobalah belajar menuliskan ulang apa yang saya sampaikan di dalam video-video saya. Saya tahu pasti tidak mudah menulis ulang apa yang dikatakan oleh orang lain. Namun secara tidak langsung, hal ini dapat melatih pikiran bawah sadar anda untuk mencerna dan merekam apa yang sudah saya sampaikan.

Kata-kata saya ini mungkin sulit dimengerti. Namun secara tidak langsung, anda itu sudah melatih pikiran bawah sadar anda untuk mencerna sesuatu. Jadi ketika anda mudah menghafal, maka itu artinya anda sudah mampu mencerna sesuatu dengan cepat.

Kemudian cara yang ketiga adalah menggambar.

Contohnya begini.. Buku saya ‘Badi Pasti Berlalu’ ini ‘kan memiliki banyak gambar dan warna. Tujuan saya menyisipkan banyak gambar dan warna di buku ini adalah agar anda dapat dengan mudah memvisualisasikan apa yang anda lihat. Sebagai contoh, yang pertama anda lihat dari buku atau video YouTUbe itu pasti judulnya, ‘kan? Jika thumbnail dan gambarnya menarik, anda pasti akan ‘klik’ link tersebut. Dan thumbnail adalah yang paling mudah diingat oleh banyak orang. ya, ini adalah cara visualisasi yang bagus. Jadi ketika anda ingin menghafalkan sesuatu, ingatlah gambarnya.

Misalkan HP Samsung, anda pasti mengingat logonya dulu. Jika anda memvisualisasikan  McDonald, anda juga pasti akan teringat logonya dahulu.

Intinya, logo tersebut adalah gambaran atau visualisasi.

Ketika anda melihat sebuah brand, anda pasti mengingatnya dalam bentuk visualisasi gambar. Misalkan anda mengingat gajah, yang muncul pertama kali di dalam pikiran anda pasti adalah gambarnya, bukan tulisannya.

Jadi, sebenarnya hal ini termasuk ilmu NLP atau Neuro Linguistic Programming. Bahasa pemrograman itu lebih mudah menangkap sesuatu yang bersifat gambar atau visual.

Kemudian cara yang keempat adalah breakdown otak anda.

Otak kita ini harus di’breakdown. Contohnya, anda itu dalam sehari tentunya harus makan. Misalkan anda ingin gemuk, maka anda harus konsumsi 2000-3000 kalori. Bagaimana cara kita mem’breakdown jumlah kalori tersebut?

Kalau biasanya anda hanya makan satu piring nasi, cobalah anda breakdown menjadi makan sedikit-sedikit, namun dilakukan setiap 25 menit sekali. Setelah makan, lakukan aktivitas seperti biasa, lalu makan lagi setelah 25 menit berikutnya. Tidak terasa, anda sudah makan 3 piring.

Sama saja jika anda ingin diet. Mungkin push up 100 kali dalam sehari itu rasanya berat sekali. Tetapi jika anda cicil push up 10 kali setiap 1 jam sekali, maka anda pasti mampu melakukannya. Sama dengan ketika anda menetapkan sebuah goals. Misalkan anda memiliki target dalam 1 bulan anda ingin mencapai omzet 100 juta. Maka caranya adalah anda harus mem’breakdown 100 juta tersebut dibagi 30 hari. Dengan begini, otak anda bisa mencerna : “Oh, kalau mencapai sekitar 3 juta per hari sih gampang.!!”

Jika perhitungan 3 juta ini bisa anda kerjakan bersama 10 orang lain, maka ini artinya masing-masing orang harus bisa mendapatkan 300 ribu per hari. Jika anda bisa membreakdown dengan tepat, anda pasti mampu mencapai omzet 3 juta per hari. Otak anda pasti mampu mencerna sesuatu yang sudah dipecah menjadi lebih sederhana.

Lalu cara yang kelima adalah menyanyi.

Bukankah anda itu lebih cepat menghafalkan sebuah lirik lagu? Misalkan anda sebuah lagu yang lagi viral dan anda mendengarkannya, anda pasti cepat menghafalkannya. Seperti anak saya yang dengan mudahnya menyanyikan lagu yang lagi trend saat ini berjudul ‘Dance Monkey’. Jadi, lagu itu lebih mudah dihafalkan oleh banyak orang. saya juga baru saja menciptakan lagu berjudul : “Thanks God for Everything”. Apakah anda sudah menonton lagu saya? Ketika anda menghafal sesuatu dalam bentuk nyanyian, niscaya hafalan itu pasti akan menjadi jauh lebih mudah.

Demikian sahabat entrepreneur sharing saya kali ini. Selamat mencoba 5 tips ini. Semoga apa yang saya jelaskan dapat anda pahami, dan sukses selalu untuk anda semua para sahabat SB30. Jangan lupa klik subscribe, dan jangan lupa loncengnya diaktifkan. Salam hebat luar biasa..!!

5 Cara Super Mudah Menghafal dan Tidak Akan Lupa Selamanya

5 Cara Super Mudah Menghafal dan Tidak Akan Lupa Selamanya

Apakah anda adalah salah satu tipe orang yang kesulitan dalam menghafal? Jika benar, saya ingin memberi tipsnya disini. Jadi, topik yang akan saya bahas kali ini adalah : “5 Cara Super Mudah Menghafal dan Tidak Akan Lupa Selamanya”. Apa sajakah 5 cara tersebut?

Jika anda merasa kesulitan dalam menghafal dan berkonsentrasi, cobalah beberapa tips berikut ini.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here