5 Hal Yang Tidak Bisa Kita Kendalikan

0
12

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa!! Selamat datang di channel Success Before 30, channel yang konsisten memberikan edukasi serta motivasi untuk dunia bisnis dan kehidupan.   

Sahabat entrepreneur, ada banyak hal yang berada di luar kendali kita. Namun lucunya, setiap hari kita khawatir dengan hal-hal tersebut. Dengan video yang saya bagikan kali ini, semoga anda semakin paham bahwa ada beberapa hal yang tidak bisa anda kendalikan.

Disini, saya akan membahas  tentang : “5 Hal Yang Tidak Bisa Kita Kendalikan”. Sebetulnya, hal tersebut tidak perlu anda khawatirkan. Akan tetapi, anda selalu khawatir akan kelima hal ini. Jadi, apa saja 5 hal tersebut?

Yang pertama adalah apa yang sudah terjadi di masa lalu.

Lupakan semua yang sudah terjadi. Jika di masa lalu anda pernah berbuat kesalahan, pernah putus dengan pacar, semua itu tidak bisa anda ubah. Atau mungkin anda pernah cerai, ya sudahlah. Itu adalah hal yang sudah terjadi. Mungkin anda pernah gagal atau bangkrut, itu sudah tidak bisa anda kendalikan.

Anda tidak akan pernah bisa mengubah masa lalu. Anggaplah itu sebuah kesalahan yang tidak akan pernah anda ulangi lagi seumur hidup. Setiap orang wajar jika membuat kesalahan, dan anda tidak akan bisa mengubah sejarah. Sejarah hidup yang sudah terjadi tidak akan bisa berubah. So, you can’t change your past.

Lalu yang kedua adalah apa yang orang lain lakukan.

Bagaimana mungkin anda bisa mengontrol apa yang orang lain lakukan? Mau orang lain itu nakal, stress, mengkritik kalian atau apapun, itu urusan mereka. Misalkan anda melihat kolom komentar netizen. Anda tidak bisa melarang mereka berkomentar apapun, karena itu hak mereka. Anda tidak bisa mengendalikan hal ini.

Jadi, segala sesuatu yang orang lain lakukan tidak bisa anda halangi. Apabila anda ingin menjadi pribadi yang lebih sukses, mari kita berikan apa yang mereka mau. Jika anda ingin membangun perusahaan yang kuat, berikan apa yang karyawan mau. Berikan hak mereka, lakukan kewajiban anda dengan baik sesuai prosedur hukum manajemen yang ada.

Jika anda ingin meningkatkan omzet, maka tingkatkan dulu kinerja perusahaan, kinerja karyawan anda, kinerja reseller, kinerja bagian marketing, kinerja bagian operasional, serta melakukan defisiasi yang bagus. Maka secara otomatis, omzet anda akan naik. Jadi, anda tidak bisa memikirkan diri sendiri. Jika saat ini anda masih mahasiswa, maka anda tidak akan bisa mengontrol mulut orang lain. Mungkin anda bisa menghindari mereka, itu hak anda. Lagipula, mengapa anda harus pusing dengan kehidupan mereka? Itu adalah sesuatu yang di luar kontrol anda.

Kemudian yang ketiga adalah apa yang orang lain rasakan.

Psikolog saja belum tentu bisa memahami perasaan orang lain, apalagi anda? Akan tetapi, kita bisa mencoba mempelajarinya. Ketika kita sakit, apa yang orang lain rasakan? Hal yang seperti itu kita tidak akan pernah tahu, karena perasaan seseorang itu sedalam lautan.

Yang terpenting, kita tetap harus berbicara dengan santun. Bicaralah dengan tepat, jangan sampai salah bicara. Jangan sampai melukai perasaan orang lain. Namun ketika kita berbicara sesuatu dengan baik dan orang lain merasa terluka, ya itu urusan dia. Karena kita tidak bisa mengendalikan perasaannya. Mau dia terluka atau baper, itu urusan dia. Bukan urusan kamu.

Urus saja hidupmu sendiri. Anda tidak perlu memikirkan hidupnya orang lain. Untuk apa?

Lalu yang keempat adalah apa yang orang lain katakan.

Anda tidak akan bisa menghentikan apa kata orang lain. Orang lain mau berkata apa, itu hak mereka. Karena mereka punya mulut dan punya otak. Dan mreka siap menuai apa yang mereka pikirkan dan utarakan. Biarkan mereka yang menuai apa yang sudah mreka ucapkan.

STOP! Anda tidak akan bisa mengontrol apa yang orang lain katakan.

Kemudian yang kelima adalah anda tidak akan bisa mengontrol apa yang orang lain pikirkan.

Orang lain mau berpikir seperti apapun tentang anda, biarkan saja. Itu hak mereka. Karena mereka punya mulut dan punya otak. Mereka juga memiliki Instagram, punya Twitter dan social media lainnya. Jadi, mereka bebas membicarakan apa saja.

Tetapi ingat, apa yang anda tulis itu memiliki rekam jejak digital. Dan disitu berlaku hukum tabur tuai. Semua itu ada hukum karmanya. Jadi apabila anda berani menulis, maka anda akan menuai apa yang anda tabur. Anda akan menuai apa yang sudah anda lakukan. Anda tidak perlu mengecap mereka itu salah atau tidak, karena itu urusan mereka.

Mereka itu bertanggung jawab atas hidupnya sendiri. Selesai. Itulah sebabnya anda tidak bisa mengontrol mereka. Jika anda tidak bisa mengontrol mereka, mengapa anda harus pusing dengan apa kata mereka?

Jika anda khawatir dengan perkataan mereka, itu berarti kalian yang lucu. Iti artinya anda yang belum dewasa, belum matang. Seorang entrepreneur yang sukses itu mikirnya jauh ke depan, bukan mikirin hal yang tidak penting. Dia tidak punya waktu untuk itu. Ingat, pembalap mobil itu hanya fokus dengan garis finish. Dia tidak akan melihat spion terus alias melihat masa lalu. Jika anda melihat spion terus, nanti anda bisa nabrak. Coba saja anda nyetir lalu melihat spion terus. Seperti itulah orang yang selalu hidup di masa lalu. Masa lalu itu adalah sejarah yang tidak bisa anda ubah.  

Demikian sahabat entrepreneur sharing saya kali ini. Semoga apa yang saya jelaskan kali ini dapat anda pahami untuk menambah kedewasaan cara berpikir anda ke depannya.

Sukses selalu untuk anda semua para sahabat SB30. Jangan lupa klik subscribe, dan jangan lupa loncengnya diaktifkan. Salam hebat luar biasa..!!

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here