5 Investasi Untuk Para Pemula Yang Tidak Punya Modal

0
1

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa!! Kali ini saya membuat video untuk anda semua para pemula yang belum memiliki modal. Jadi, investasi itu tidak selalu harus berupa modal uang. Namun apabila anda melakukan 5 investasi ini, besar kemungkinan anda bisa menjadi miliarder berikutnya.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang : “5 Investasi Untuk Para Pemula Yang Tidak Punya Modal”. Apa sajakah itu?

Banyak orang yang berkata kepada saya : “Pak, saya ini kurang modal. Saya tidak bisa menemukan investor. Karena saya tidak punya modal, saya jadi tidak bisa membuka usaha”. Saya selalu mengatkan bahwa modal itu sebenarnya nomor sekian. Coba anda tonton video saya sebelumnya : “Darimana Bisnis Besar itu Dimulai?”. Disitu saya katakan bahwa modal itu nomor tujuh, masih ada hal lain yang lebih utama daripada modal.

 

Apabila anda berdalih : “Kalau tidak ada yang memberi modal, usaha saya tidak akan bisa besar pak..!”

Anda keliru. Sebenarnya anda bisa melakukan kelima investasi ini ketika modal anda masih minim.

Jadi, investasi yang pertama adalah investasi pada skill.

Bagaimana mungkin channel anda bisa memiliki banyak viewers jika anda tidak memiliki skill editing? Bagaimana mungkin ada banyak orang yang mengunjungi website anda jika anda tidak memiliki skill coding? Lalu, bagaimana mungkin anda hari ini bisa sukses jika anda tidak memiliki skill apapun? Bagaimana mungkin anda bisa menjadi seorang motivator yang hebat jika anda tidak memiliki skill berkomunikasi? Bagaimana mungkin anda menjadi seorang motivator hebat jika anda tidak mampu meyakinkan orang lain? Dan bagaimana mungkin anda bisa menjadi seorang penyanyi terkenal jika suara anda tidak profesional?

Di zaman sekarang ini, anda jauh lebih beruntung daripada orang-orang di zaman dulu. Di zaman saya dulu, anda harus melewati proses seleksi. Dan itu tidaklah mudah. Namun sekarang apabila anda upload video di YouTube kemudian viral, anda akan dicari sendiri oleh pihak audisi. Luar biasa ‘kan?

Apakah anda tahu lagu Gangnam Style dari PSY? Di kolom comment pada beberapa video saya, banyak orang yang mengatakan bahwa wajah saya ini mirip dengan PSY. Tapi saya gak paham juga mirip dari mananya. Video klip Psy yang paling booming adalah Gangnam Style, di era tahun 2012-2013. Semua orang menarikan tarian kuda ala Gangnam Style tersebut. Namun, sebenarnya PSY itu sudah menyanyi dan membuat konten sejak tahun 2005. Dia sudah mulai menyanyi jauh sebelum ada YouTube. Dia sering gagal ketika membuat konten video, namun dia terus konsisten membuat konten. Akhirnya, siapa sangka ketika tahun 2012-2013 video klip buatannya justru meledak dan menjadi hits. Videonya ditonton oleh milyaran orang, dan ini adalah hal yang sangat luar biasa.

Jadi intinya, anda harus konsisten dan berinvestasilah pada skill terbaik anda.

Lalu investasi yang kedua adalah edukasi.

Saya rasa pembahasan mengenai edukasi ini sudah ada banyak sekali di YouTube. Anda bisa mencari edukasi tentang apapun melalui internet. Saya juga selalu mengatakan bahwa sekolah itu penting, namun tidak cukup. Jadi, edukasi di luar sekolah itu juga penting. Bahkan, anda bisa mendapatkan edukasi tersebut dengan harga murah. Anda bisa mencari edukator yang tepat di social media. anda bisa mulai dari situ.

Lalu investasi yang ketiga adalah kesehatan.

Jack Ma selalu berkata : “kamu tidak akan bisa kaya jika dirimu sendiri  tidak sehat”.

Setelah saya telusuri, kata-kata beliau ini memang benar adanya. Karena otak saja apabila setiap hari diberi toxic, maka dia tidak akan bisa mendetoxnya. Ingat, ‘di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat’. Itulah sebabnya di usia saya yang 43 tahun ini saya masih aktif berlatih Taekwondo. Saya baru saja mengambil ujian DAN 2, anda bisa lihat vlog saya. Bahkan, saya mendapatkan anugerah peserta tertua. Luar biasa, itu adalah achievement yang fenomenal bagi saya.

Ada banyak orang yang bertanya pada saya : “Apa sih resepnya agar bisa awet muda pak?”

“Berapa banyak suplemen yang bapak konsumsi dalam sebulan?”

“Berapa banyak biaya yang bapak keluarkan untuk ngegym?”

“Berapa banyak biaya yang bapak keluarkan untuk investasi kesehatan sejak bapak masih muda?”

Saya tidak mendapatkan kesehatan dalam waktu 1-2 hari. Namun, saya menjaga kesehatan saya sejak saya masih kecil, karena sejak kecil saya suka berolahraga. Jika anda hobinya bermalas-malasan sambil makan camilan dan berharap tubuh anda sehat, ya anda mau dapat sehat darimana? Jika anda ingin sehat namun olahraga saja malas, mana mungkin anda memiliki tubuh yang sehat? Anda tidak akan bisa bekerja dan berkarya dengan baik jika anda tidak memiliki tubuh yang sehat.

Jika anda ingin sukses, maka investasi kesehatan ini merupakan salah satu hal yang penting.

Lalu investasi yang keempat adalah membuat to do list.

Pikirkan apa yang mau anda lakukan dalam 1 minggu ini. Jika anda sudah membuat list prioritas, percayalah, itu artinya anda sudah menghemt waktu anda selama 1 bulan. Dan yang pasti hal ini lebih baik daripada anda tidak membuat list prioritas sama sekali.

Saya bisa sukses sebelum usia 30 tahun itu adalah karena saya sudah terbiasa membuat list prioritas saya untuk setahun ke depan. Apabila saya bisa menyelesaikan list prioritas tersebut dalam 3 bulan, maka itu artinya saya sudah waktu saya selama 9 bulan. Jika anda tidak mau mengerjakan apa yang menjadi prioritas anda, maka anda tidak akan pencapai apapun.

Lalu investasi yang kelima adalah mentor.

Oleh sebab itulah saya menciptakan komunitas YES. Karena saya tahu bahwa anda tidak mungkin bisa mengubah nasib jika anda tidak mengubah komunitas anda. Anda harus mengubah lingkungan anda, dan temukanlah mentor yang tepat. Niscaya, hidup anda akan berubah.

Demikian sahabat entrepreneur, selamat menikmati investasi pemula. semoga investasi pemula tanpa modal yang besar ini dapat mengubah nasib anda.

Semoga topik kali ini bermanfaat. Konten saya sederhana saja, namun semoga dapat bermanfaat untuk anda. Semoga apa yang saya jelaskan dapat anda pahami, dan sukses selalu untuk anda semua para sahabat SB30. Jangan lupa klik subscribe, dan jangan lupa loncengnya diaktifkan. Salam hebat luar biasa..!!

 

5 Investasi Untuk Para Pemula Yang Tidak Punya Modal

5 Investasi Untuk Para Pemula Yang Tidak Punya Modal

Kali ini saya membuat video untuk anda semua para pemula yang belum memiliki modal. Jadi, investasi itu tidak selalu harus berupa modal uang. Namun apabila anda melakukan 5 investasi ini, besar kemungkinan anda bisa menjadi miliarder berikutnya.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang : “5 Investasi Untuk Para Pemula Yang Tidak Punya Modal”. Apa sajakah itu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here