5 Sifat Negatif yang Tidak Kamu Sadari

0
25

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa!! Selamat datang di channel Success Before 30, channel yang konsisten memberikan edukasi serta motivasi untuk dunia bisnis dan kehidupan.   

Setiap manusia pasti memiliki sisi negatif. Akan tetapi, manusia tidak sadar bahwa dirinya itu memiliki sifat negatif. Dan yang paling lucu, orang yang negatif itu tidak mau dirinya dicap negatif. Dan akhirnya, ia cenderung menyalahkan orang lain karena orang lain tidak sependapat dengan dirinya.

Semoga video saya kali ini dapat membuat anda introspeksi diri bahwa apakah kelima sifat negatif ini ada di dalam diri kita. Jadi, di video kali ini saya akan membahas  tentang : “5 Sifat Negatif yang Tidak Kamu Sadari”.

Sahabat entrepreneur,

Jadi bicara soal sifat negatif, hanya orang negatif yang tidak mau mengakui dan merasa bahwa dirinya itu negatif. Itu yang pertama. Kemudian tipe negatif yang kedua adalah dia sadar bahwa dirinya negatif, akhirnya dia cenderung menjadi orang yang tidak percaya diri.

Ketika dia tidak percaya diri, maka dia tidak bisa menjadi dirinya sendiri. Akhirnya, terjadilah konflik di dalam batinnya. Semoga dengan membaca artikel ini, pikiran anda akan tergedor hingga anda merasa bahwa hidup anda itu harus berada di jalan yang benar.

Lalu, apa saja 5 Sifat Negatif yang Tidak Kamu Sadari?

Jadi, sifat yang pertama adalah anda memiliki sifat perfeksionis.

Anda sering berbeda pendapat dengan guru, dengan teman, maupun orang tua. Itulah ciri-ciri orang yang perfeksionis. Apakah orang yang perfeksionis itu salah? Sebetulnya tidak salah. Akan tetapi, saya ingin anda ingat bahwa di dunia ini tidak ada manusia yang sempurna. Karena kesempurnaan itu hanya milik Tuhan.

Jadi apabila anda merasa bahwa diri anda itu perfect, itu artinya anda memaksakan orang lain menerima pendapat anda sendiri. Saya tahu anda itu orang yang pintar. Saya tahu bahwa anda itu orang yang jauh lebih mengerti jika dibandingkan dengan orang lain. Tapi ingat, anda tetap tidak boleh memaksakan kehendak anda.

Jika anda ingin orang lain menerima pendapat anda, coba tonton video saya sebelumnya : “Bagaimana Cara Mencari Kawan dan Mempengaruhi Orang Lain”. Jadi, bukan dengan cara frontal, memaksakan kehendak. Maka, yang terjadi hanyalah permusuhan. Justru lawan bicara anda akan merasa tidak nyaman. Akhirnya, lawan bicara anda akan merasa terintimidasi dan merasa bahwa anda bukanlah orang yang sepadan untuk diajak berbicara. Padahal , bisa jadi ide anda itu sebenarnya bagus dan brilian.

Anda mungkin merasa kesal karena ide anda tidak diterima. Sebaiknya, anda belajar dulu skill tentang bagaimana cara mencari kawan dan mempengaruhi orang lain, serta bagaimana cara mengutarakan pendapat sehingga orang lain bisa menerima pendapat anda.

Lalu sifat yang kedua adalah suka menghakimi diri sendiri.

Orang yang suka menghakimi diri sendiri ini cenderung merupakan orang-orang yang insecure, orang-orang yang tidak percaya diri, serta orang-orang yang merasa cemas berlebihan.

Orang-orang seperti ini biasanya sering mendapatkan hantaman bertubi-tubi di dalam hidupnya. Entah itu konflik keluarga atau mungkin bullying di sekolah, sehingga menciptakan traumatik yang mendalam. Itulah sebabnya anda cenderung suka menghakimi diri sendiri.

Orang dengan tipe seperti ini jika levelnya masih ringan biasanya cenderung mudah stress, murung, atau bahkan mengurung diri di kamar. Sedangkan yang level berat itu rasanya sudah seperti mau mati, makan saja tidak enak dan bawaanya mual. Ciri khasnya seperti itu. Orang-orang yang seperti ini jumlahnya itu semakin lama justru semakin banyak.

Terlebih lagi, saat ini zamannya socmed berkembang. Ketika dia melihat orang lain di socmed yang hidupnya terlihat enak, terlihat hebat dan percaya diri, sedangkan dirinya tidak seperti itu. Saat itulah ia langsung merasa bahwa dirinya bukan pribadi yang beruntung. Ia merasa bahwa dirinya itu orang yang paling malang, tidak diterima di lingkungannya, sehingga akhirnya dia suka menghakimi diri sendiri.

Kemudian sifat yang ketiga adalah suka meragukan kemampuan dirinya sendiri.

Jadi, dia itu tipe orang yang tidak berani melangkah. Mau melangkah kemanapun, dia tidak akan berani. Mau mencoba melakukan sesuatu yang baru, dia pasti mikir dulu. Mau mengambil keputusan, dia pasti mikir dulu. Mau kesana, takut. Mau kesini, khawatir. Mau keluar, takut corona. Padahal sudah pakai masker dan face shield, sudah mengikuti protokol kesehatan, masih juga merasa tidak aman. Ketika melihat orang batuk, langsung takut.

Jadi, sebenarnya anda itu merasa takut yang berlebihan. Sehingga anda cenderung meragukan diri sendiri. Orang-orang yang seperti ini sebenarnya memiliki sifat negatif yang berlebihan. Menurut saya, lebih baik anda kurangi menonton media-media yang meresahkan. Lebih baik anda menonton media yang positif untuk membangun kepercayaan diri anda.

Kemudian sifat yang keempat adalah khawatir yang berlebihan.

Khawatir itu nantinya bisa saja menyebabkan anda menderita penyakit asam lambung. Jadi apabila anda menderita penyakit asam lambung, silahkan anda tulis di kolom comment. Penyakit asam lambung ini jika dibilang berbahaya, sebenarnya tidak juga. Namun jika diabaikan, bisa beresiko juga. Karena apabila asam lambung anda berlebihan, maka nanti larinya ke GERD.

Anda bisa tonton penjelasannya melalui channel SB30 Health. SB30 Health ini merupakan channel miliki dr. Sung. Disitu beliau membahas bahwa anxiety itu bisa menyebabkan GERD. Orang yang memiliki anxiety berlebihan itu sebenarnya berasal dari pikirannya. Hal ini disebut dengan penyakit negatif psikosomatis. Ini merupakan salah satu penyakit psikologis.

Jadi ketika anda mengalami kecemasan yang berlebihan, maka hal itu akan menghantam pencernaan anda, karena pikiran negatif tersebut akhirnya memicu tubuh anda akan mengeluarkan asam lambung yang berlebihan. Asam lambung yang berlebihan ini dapat menyebabkan penyakit yang bermacam-macam. This is very dangerous.

Itulah sebabnya, jangan terlalu banyak berpikir negatif. Jangan khawatir berlebihan, karena dapat membuat diri anda menjadi pribadi yang aneh.

Kemudian sifat yang kelima adalah mencoba untuk mengontrol dan mengendalikan segalanya.

Jika anda merasa ingin mengontrol segalanya, itu artinya anda hidup tanpa perlu bantuan orang lain. Anda tidak perlu suami, tidak perlu istri, tidak perlu anak, tidak perlu orang tua dan tidak perlu teman. Bahkan, anda juga tidak memerlukan karyawan dan atasan. Because you think you can do everything.

Jadi, anda itu merasa apa yang dikerjakan oleh orang lain tidak pernah benar. Jadi misalkan ada orang lain yang memasak untuk anda, anda langsung berkata, “Ah, ini gak enak!”. Coba anda pikirkan, bagaimana perasaan orang yang memasak makanan tersebut?

Ketika orang lain membersihkan rumah, lalu anda berkata, “Kamu itu kalau bersih-bersih rumah selalu saja kurang bersih! Coba lihat itu, masih banyak kotorannya!”.

Ketika orang lain mencuci mobil anda, lalu anda berkata, “Saya sudah membayar kamu mahal, tapi kenapa mobil saya kurang bersih?”.

If you can, just do it your self!

Lakukan sendiri, mengapa anda menyuruh orang lain? Saya paling jengkel dengan orang yang seperti itu. Orang yang merasa dirinya paling benar dan bisa melakukan segalanya.

If you are perfect and great, then do it by your self!

Jika anda merasa diri anda yang paling hebat, anda merasa diri anda yang paling pantas dan benar, itu artinya anda tidak membutuhkan bantuan orang lain. Anda tidak perlu karyawan ataupun tim. Saya paling tidak bisa bekerja dengan orang seperti itu, karena saya sangat menghargai orang lain. Saya paham bahwa tidak ada manusia yang sempurna.

Orang yang seperti itu ciri-cirinya adalah tidak punya teman dan sebatang kara. Setelah dia menikah, dalam waktu singkat dia akan cerai. Mengapa? Karena dia merasa bahwa dirinya yang paling benar. Memang benar dia adalah orang yang hebat.  Tapi sekali lagi, kita ini hidup sebagai makhluk sosial.

Ingatlah.. Jika tidak ada supir, kita tidak bisa pergi dari satu tempat ke tempat lain. Jika tidak ada tukang sapu, hari ini pasti jalan raya akan kotor sekali. Jika tidak ada tukang parkir, mobil kita pasti akan dibaret oleh orang lain. Jika tidak ada tukang service air, maka ketika PDAM saya rusak, saya tidak bisa mandi. Itulah sebabnya, hargai setiap profesi yang dimiliki oleh orang lain.

Jika anda merasa bahwa diri anda yang paling benar, itu artinya anda tidak membutuhkan orang lain. Jadi, rumah anda itu hanya dua. Yaitu Rumah Sakit Jiwa dan tempat lain, yang terpenting jangan tinggal di muka bumi ini lagi. Tempat ini tidak layak untuk orang seperti anda.

Saya ingin berpesan kepada semua orang negatif disini. Jika pembahasan saya kali ini menyinggung anda dan kata-kata saya menusuk anda, maka anda bisa meninggalkan channel saya sekarang juga. Saya mengatakan hal tersebut karena memang seperti itulah faktanya.  

Demikian sahabat entrepreneur sharing saya kali ini. Saya percaya anda sudah belajar banyak dari pembahasan saya kali ini. Semoga apa yang saya jelaskan kali ini dapat anda pahami.

Sukses selalu untuk anda semua para sahabat SB30. Jangan lupa klik subscribe, dan jangan lupa loncengnya diaktifkan. Salam hebat luar biasa..!!

 

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here