5 Skill Ini Akan Membayarmu 5 Juta Per Bulan di Era 4.0

0
1

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa!! Selamat datang di channel Success Before 30, channel yang konsisten memberikan edukasi serta motivasi untuk dunia bisnis dan kehidupan.

Dan topik kali ini pasti akan sangat disukai oleh anda para kaum millenial dan generasi Z. Jadi, kali ini saya ingin membahas tentang : “5 Skill Ini Akan Membayarmu 5 Juta Per Bulan di Era 4.0”.

Anda pasti pernah penasaran dan bertanya,

“Apa sih sebenarnya profesi yang sering dibutuhkan oleh perusahaan?”

“Pak, sebenarnya tujuan saya sekolah itu apa? Tujuan saya kuliah itu untuk apa?”

Jika anda bersekolah namun pada akhirnya anda tidak bisa mencari nafkah sendiri, itu artinya sama saja anda itu hidup tanpa tujuan. Itulah sebabnya saya selalu mengatakan : “Sekolah itu penting, tetapi tidak cukup”.

Mengacu kepada kata-kata menteri pendidikan kita yang baru, bapak Nadiem Makarim mantan CEO Go-Jek. Beliau baru-baru ini menjabarkan tentang beberapa hal yang harus diubah di sistem pendidikan kita yang sekarang. Disini saya juga merumuskan beberapa hal yang nantinya bisa menjadi pertimbangan anda, khususnya anda yang sekarang kisaran usia di atas 15 tahun sampai 30 tahun. Jadi, anda harus memahami ilmu ini.

Jika anda tidak memahami ilmu ini, maka setinggi apapun gelar anda, gelar tersebut tidak akan terpakai. Namun, Namun jika anda memiliki salah satu skill ini, anda pasti akan mendapatkan profesi yang bagus.

Jadi, skill yang pertama adalah skill coding.

Kita tahu sendiri bahwa anak zaman sekarang sudah banyak yang pandai dan mempelajari yang namanya skill coding. Yaitu tentang bagaimana cara membuat website dan tampilan di website, bagaimana cara agar website tersebut bisa disambungkan melalui aplikasi, serta teknologi yang berbasis software.

Orang yang memiliki skill coding ini tentu tidak banyak. Namun skill ini harus anda kuasai karena ada banyak perusahaan lama yang tidak memiliki website. Mereka tidak memiliki database customer’nya. Dan mereka pasti sangat membutuhkan orang-orang yang memiliki skill coding ini.

Jika anda sungguh-sungguh mau mempelajarinya, maka anda akan sangat dibutuhkan oleh old company, yang mana mereka sudah memiliki modal, namun bisnisnya sudah tidak grow lagi. Ketika bisnis mereka sudah tidak grow lagi, maka artinya jasa coding ini dibutuhkan oleh perusahaan tersebut. Perusahaan mana yang  tidak mau omzetnya naik lagi? Semua perusahaan pasti mau. Namun karena mereka tidak memiliki skill coding, maka mereka pasti membutuhkan orang yang memiliki skill coding untuk mem’back up kelemahan management yang ada di perusahaan tersebut.

Lalu skill yang kedua adalah skill membuat konten.

Saya kira sudah tidak perlu diragukan lagi bahwa saat ini sudah ada banyak sekali YouTuber, Selebgram dan Gamer. Jika anda memiliki konten yang bagus seperti masak memasak, review makanan atau tutorial make up, anda pasti bisa menghasilkan banyak uang. Contohnya seperti salah satu channel SB30 milik dr. Sung, SB30 Health.

Sekarang kita bisa lihat bahwa ada banyak sekali profesi di zaman sekarang yang bisa dilakukan dengan hanya membuat konten. Jadi, skill ini harus anda pelajari. Suka atau tidak suka, skill komunikasi ini lebih dibutuhkan di zaman sekarang daripada anda yang belajar terus menerus sampai menjadi lulusan sarjana. Meskipun anda lulusan universitas Inggris, anda sudah membayar mahal, namun anda tidak memiliki skill apapun, saya rasa ilmu yang anda kejar itu akan percuma saja.

“Pak, saya tidak mampu bicara dengan baik..”

Ya disitulah masalahmu. Anda tidak mampu mengikuti perkembangan zaman di era 4.0. karena suka tidak suka, anda akan digilas oleh perkembangan zaman.

Kemudian skill yang ketiga adalah skill closing.

Skill ini bukan hanya dibutuhkan secara offline, tetapi juga dibutuhkan secara online. Jadi apabila anda mampu membuat konten marketing yang bagus dan menarik, anda pasti juga mampu melakukan closing. Misalkan anda menjual produk kesehatan. Maka buatlah konten tentang tips-tips kesehatan. Setelah memberikan teaser, anda selipkan solusinya di tengah-tengah konten yang anda buat.

Di zaman sekarang ini anda tidak bisa tiba-tiba berkata : “Ini loh ada produk bagus!!”

Pasti tidak akan laku, karena era 4.0 ini adalah era yang cepat. Era dimana mendapatkan suatu informasi itu sangatlah mudah. Jadi, konten siapa yang lebih menarik akan mendapatkan views yang banyak.

Bahkan untuk skill direct selling, anda juga harus memiliki konten. Salah satunya yang saya rekomendasikan adalah jadilah reseller di perusahaan KK Indonesia. Karena di KK Indonesia, konten itu sudah disiapkan oleh perusahaan. Mentor juga sudah disiapkan. Anda tinggal belajar menjadi reseller saja. Mudah ‘kan? Anda tidak perlu bingung membuat konten lagi.

Kemudian skill yang keempat adalah skill bisnis.

Saya rasa, semua orang pasti memiliki skill bisnis mereka sendiri. Dan jika anda memiliki entrepreneur skill, maka mulai sekarang jadikanlah hobi anda itu sebuah income. Kalau anda hobi makan, maka buatlah channel kuliner. Jika anda hobi fitness, maka buatlah konten ketika anda lagi fitness.

Jadi, mulai dulu rekaman menggunakan HP anda saja. Intinya, apa yang menjadi hobi anda itu sebenarnya bisa dijadikan bisnis. Siapa tahu ketika anda membuat konten ketika anda lagi fitness, ada perusahaan suplement yang melihat dan tertarik menggandeng anda mempromosikan produknya. Dan terserah anda mau membuat konten dimana saja. Entah itu menjadi YouTuber, selebgram, ataupun aktif di social media lainnya seperti Twitter, LinkedIn atau TikTok, intinya di zaman sekarang yang namanya membangun konten itu penting sekali.

Kemudian skill yang kelima adalah skill editor atau desain grafis.

Saya kira skill ini sangat wajar sekali jika dibutuhkan di era 4.0. Karena di zaman sekarang ini, social media menuntut anda untuk membuat konten yang menarik. Itulah sebabnya skill editor atau desain grafis ini akan sangat dibutuhkan.

Jadi, belajarlah skill editing.

“Pak, bagaimana caranya saya belajar skill editing?”

Anda tinggal belajar saja melalui YouTube. Jika anda hobi mengoperasikan komputer dan editing, maka anda pasti akan dibutuhkan oleh perusahaan. Dari skill ini, anda pasti bisa mendapatkan pekerjaan walaupun anda bukan lulusan sarjana. You can get money from there.

“Pak, lalu bagaimana dengan skill yang lainnya?”

Semua skill itu pasti ada ‘wadah’ yang membutuhkannya. Namun, 5 skill inilah yang sangat dibutuhkan di era 4.0. bagi anda yang lulusan S1 Harvard sekalipun, jika anda tidak memiliki 5 skill ini, maka anda hanya memiliki dua pilihan. Yang pertama adalah mempelajari skill tersebut, dan yang kedua adalah anda akan dipekerjakan oleh mereka yang memiliki kelima skill ini.

Demikian sahabat entrepreneur, semoga topik kali ini bermanfaat. Konten saya sederhana saja, namun semoga dapat bermanfaat untuk anda. Semoga apa yang saya jelaskan dapat anda pahami, dan sukses selalu untuk anda semua para sahabat SB30. Jangan lupa klik subscribe, dan jangan lupa loncengnya diaktifkan. Salam hebat luar biasa..!!

 

5 Skill Ini Akan Membayarmu 5 Juta Per Bulan di Era 4.0

5 Skill Ini Akan Membayarmu 5 Juta Per Bulan di Era 4.0

Selamat datang di channel Success Before 30, channel yang konsisten memberikan edukasi serta motivasi untuk dunia bisnis dan kehidupan.

Dan topik kali ini pasti akan sangat disukai oleh anda para kaum millenial dan generasi Z. Jadi, kali ini saya ingin membahas tentang : “5 Skill Ini Akan Membayarmu 5 Juta Per Bulan di Era 4.0”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here