7 Istilah Investasi yang Perlu Diketahui Pemula

0
1065

SB30 – Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa! Selamat datang kembali di channel Success Before 30 yang membahas tentang pengembangan diri, motivasi, edukasi finansial, level up podcast, business inspiring, serta konten vlog balancing life.

Kali ini saya akan membahas topik tentang “7 Istilah Investasi yang Perlu Diketahui Pemula”. tujuannya adalah anda, para pemula tidak asing dengan istilah-istilah investasi tersebut.

Anggap saja ini adalah pelajaran finansial yang tidak anda dapatkan di bangku sekolah. Mungkin anda harus kuliah, baru anda bisa mendapatkan mata pelajaran ini.

Namun di sini saya sudah merangkumnya secara sederhana agar anda paham tentang 7 Istilah Investasi ini.

1. Manager investasi

Jadi, istilah investasi yang pertama adalah manager investasi. Manager investasi merupakan tim profesional yang telah mendapatkan lisensi dan diawasi oleh OJK.

Manager investasi bertugas untuk mengumpulkan dana dari sejumlah nasabah atau investor dan mengelolanya ke dalam sebuah produk berbentuk reksadana.

Jadi misalkan kita mengikuti salah satu platform, terdapat manager investasi yang mengelolanya dalam bentuk reksadana.

 

2. Portofolio investasi

Kemudian istilah investasi yang kedua adalah portofolio investasi. Portofolio investasi merupakan sebuah perkumpulan investasi keuangan seperti saham, obligasi, uang tunai, komoditas, reksadana dan semua instrumen investasi yang diperdagangkan di bursa saham. Jadi, kita mengoleksi saham apa? Kemudian, kita punya uang cash berapa? Hal itu termasuk portofolio investasi kita. Jadi, investasi itu tidak harus di satu platform saja.

 

3. Diversifikasi investasi

Lalu istilah investasi yang ketiga adalah diversifikasi investasi. Diversifikasi adalah strategi investasi dengan meletakkan modal pada berbagai jenis instrumen investasi dengan tujuan mengurangi resiko.

Resiko penurunan harga pada suatu instrumen investasi diharapkan dapat tertahan atau tertutupi oleh kenaikan harga pada instrumen investasi lainnya.

Itulah sebabnya ada pepatah : “Jangan menaruh uang di satu keranjang”.

Jadi dengan anda mendiversifikasi investasi, maka secara otomatis anda akan mempunyai banyak cadangan investasi lainnya. Contohnya adalah multiple streams of income. Anda memiliki berbagai jenis penghasilan dari banyak saluran. Apabila ada salah satu saluran yang mampet, maka anda bisa tetap tenang karena masih ada saluran yang lainnya.

 

4. Return

Lalu istilah investasi yang keempat adalah return atau pengembalian. Return merupakan hasil yang diperoleh dari sebuah investasi. Hasil return bisa berupa keuntungan atau kerugian. Return bisa dihitung melalui nilai penjualan yang dibandingkan dengan nilai pada saat kamu membeli aset tersebut.

Contohnya, saat ini anda memiliki rumah yang dikontrakkan. Return alias hasil kontrakan tersebut berapa?

 

5. Capital gain

Kemudian istilah investasi yang kelima adalah capital gain. Capital gain adalah sebuah keuntungan dari kenaikan harga instrumen investasi dibandingkan dengan harga ketika instrumen investasi itu dibeli.

Misalkan anda membeli tanah 1000 meter seharga 1 miliar. Ketika suatu hari instrumen investasi anda naik menjadi 2 miliar, maka capital gain dari tanah tersebut adalah sebesar 1 miliar.

Jadi, capital gain itu adalah keuntungan dari modal yang anda setorkan dari instrumen investasi apapun. Entah itu properti, saham, logam mulai atau apapun itu.

 

6. Likuiditas

Kemudian istilah investasi yang keenam adalah likuiditas. Likuiditas. Adalah sebuah tingkat aktivitas perdagangan suatu instrumen investasi yang menentukan kemudahan instrumen investasi untuk dijual dan dikonversi menjadi kas.

Intinya, semua jenis perdagangan suatu instrumen investasi dapat menentukan kecepatan modal investasi tersebut menjadi kas atau aliran arus kas. Jadi, anda harus tahu apa itu laporan keuangan serta bagaimana cara membaca cash flow, accounts payable, accounts receivable, neraca dan lain-lain. Namun orang-orang yang bekerja di bidang keuangan pasti memahami hal ini.

Apabila anda bisa memahami laporan keuangan minimal secara sederhana, niscaya dari likuiditas ini kita bisa melihat cash flow yang sangat likuid.

 

7. Deposit

Kemudian istilah investasi yang ketujuh adalah deposit. Deposit merupakan penyimpanan uang ke rekening dana nasabah untuk keperluan bertransaksi di pasar modal.

Misalkan kita adalah seorang pemegang saham baru, maka anda harus membuka rekening di sekuritas. Sekuritas tentunya akan memberikan anda RDN (rekening dana nasabah).

Dengan anda memberikan deposit, maka anda bisa melakukan transaksi di pasar modal kapanpun. Anda bisa invest di sana dan membeli saham apapun.

Akan tetapi, bagi anda yang pemula tentu harus berhati-hati. Karena ada banyak sekali investasi bodong yang menawarkan istilah-istilah tersebut untuk meyakinkan bahwa mereka punya lisensi OJK. Namun ujung-ujungnya, investasi bodong.

Minimal melalui konten ini, anda akan memahami beberapa istilah investasi agar ketika seseorang mempresentasikan sesuatu yang “too good to be true” alias tidak masuk akal, anda akan langsung paham bahwa itu merupakan investasi bodong.

Pahami literasi keuangan, maka anda akan lebih cerdas secara finansial.

Sahabat entrepreneur, demikian pembahasan saya kali ini dan nantikan konten saya berikutnya.

Semoga topik kali ini bisa menginspirasi anda dan bermanfaat untuk anda. Silahkan anda share pada teman-teman anda. Tentunya, ada banyak orang yang dapat terbantu melalui edukasi sedehana seperti ini. Mungkin mereka tidak mendapatkan pelajaran ini dari orang tuanya, namun mereka justru mendapatkannya dari channel ini. Untuk lebih lengkapnya, anda bisa baca di buku saya ‘Success Before 30’.

Semoga video kali bermanfaat. Sukses selalu, dan salam hebat luar biasa!!

 

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here