Home Bisnis Anda Boleh Resign Dari Pekerjaan Jika Anda Memenuhi 3 Syarat Sederhana Ini

Anda Boleh Resign Dari Pekerjaan Jika Anda Memenuhi 3 Syarat Sederhana Ini

0
16

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa!! Selamat datang di channel Success Before 30, channel yang konsisten memberikan edukasi serta motivasi untuk dunia bisnis dan kehidupan.   

Banyak yang bertanya di kolom comment kepada saya seperti ini :

“Pak, kapan saat yang tepat bagi saya untuk resign?”

Dulu saya sudah pernah membuat videonya yang berjudul “Kapan Waktu yang Tepat untuk Resign?”

Seringkali kebimbangan dan kegalauan ini menghinggapi orang-orang yang selalu menonton channel Success Before 30. Anda itu sering galau antara resign atau tidak.  Disini saya akan merangkum penjelasan saya dalam 3 hal sederhana yang harus anda penuhi.

Itulah sebabnya topik yang akan saya bahas kali ini adalah : “Anda Boleh Resign Dari Pekerjaan Jika Anda Memenuhi 3 Syarat Sederhana Ini”.

Jadi, syarat yang pertama adalah anda sudah memiliki tabungan sebanyak 1 tahun gaji anda.

Intinya, anda itu punya dana cadangan. Jika anda tidak memilki dana darurat, sebaiknya jangan resign. Anda harus menghitung biaya hidup anda. Misalkan anda sudah berkeluarga dengan satu atau dua anak, lebih baik anda jangan main-main. Anda harus benar-benar menghitung dana cadangan anda.

Misalkan gaji anda saat ini UMR, 4 atau 5 juta. Coba anda hitung tabungan anda. Apakah anda memiliki dana cadangan sebesar 50-60 juta untuk biaya hidup setahun? Itupun di luar cicilan atau angsuran. Anda tidak boleh memiliki cicilan di dalam dana darurat anda. Jika anda memiliki dana darurat selama satu tahun, maka go ahead.

Misalkan dalam setahun setelah resign ternyata anda gagal dalam berbisnis, maka anda masih bisa mengerjakan banyak hal. Itulah yang harus anda lakukan.

Kemudian syarat yang kedua adalah anda memiliki pekerjaan sampingan.

Yang pasti, side job anda tersebut harus memang sudah menghasilkan. Misalkan anda bekerja part time yang sudah menghasilkan. Jadi meskipun anda tidak bekerja di sebuah perusahaan, namun anda masih memiliki part time job.

Contoh, mungkin istri anda memiliki usaha catering. It’s ok, karena anda masih memiliki pekerjaan sampingan. Jadi selama satu tahun ini, boleh saja jika anda ingin resign, karena anda masih memiliki cadangan penghasilan tambahan selain dari gaji anda.

Jika satu-satunya sumber penghasilan anda adalah dari gaji, maka saya sangat tidak menyarankan anda untuk resign. Karena hal tersebut justru akan menjadi malapetaka untuk anda.

Kemudian syarat yang ketiga adalah penghasilan di bisnis anda itu omzetnya/nett income’nya minimal kurang lebih setara dengan 5-10 kali lipat gaji anda.

Bisnis anda itu harus berputar terus, sedangkan yang anda miliki setelah resign dan membuka bisnis itu bukan lagi gaji, melainkan berupa penghasilan. Jika penghasilan anda kurang lebih setara dengan 5-10 kali lipat gaji anda, barulah anda boleh resign.

Misalkan saat ini gaji anda itu 50 juta. Kalau menunggu penghasilan anda 10 kali lipat lebih besar dari gaji anda, anda justru tidak akan segera resign. Namun jika saat ini gaji anda hanya 1-2 juta di bawah UMR, sedangkan bisnis anda sudah bisa menghasilkan 20 juta per bulan, maka boleh-boleh saja jika anda ingin resign.

Tetapi ingat, di dalam bisnis itu ada syaratnya. Yaitu anda bukan lagi bekerja 8 jam per hari, namun kemungkinan anda harus bekerja 24 jam per hari. Misalkan anda membuka bisnis online dan sebagainya dan menjadi admin, maka anda harus siap bekerja 24 hours. Karena persaingan di social media itu sangat ketat.

Jika anda tidak bisa memberikan value yang baik, maka customer anda bisa cepat lari.  

Demikian sahabat entrepreneur sharing saya kali ini. Saya harap edukasi ini bermanfaat untuk anda. Silahkan anda terapkan ketiga hal sederhana ini. Jadi, pikirkan 3 hal ini baik-baik sebelum anda memutuskan untuk resign. Cari dulu mentor untuk anda.

Jika anda belum menemukan mentor yang baik, silahkan anda cari mentor di Komunitas YES. Anda bisa klik : https://chandraputranegara.co.id/mentor/

Silahkan anda berkonsultasi dengan mereka.

Semoga apa yang saya jelaskan dapat anda pahami, dan sukses selalu untuk anda semua para sahabat SB30. Jangan lupa klik subscribe, dan jangan lupa loncengnya diaktifkan. Salam hebat luar biasa..!!

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here