Apa Itu Metaverse dan 5 Bisnis yang Akan Naik di Metaverse?

0
401

SB30 – Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa! Selamat datang di channel Success Before 30. Di video kali ini saya akan kembali membahas sesuatu yang sifatnya futuristik atau masa depan.

Seperti yang kita ketahui, baru-baru ini Mark Zuckerberg melaunching sesuatu yang disebut Metaverse.

Jadi pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang “Apa Itu Metaverse dan 5 Bisnis yang Akan Naik di Metaverse?”. Saya akan membahasnya dengan bahasa yang sederhana agar sahabat SB30 dapat memahami tentang apa itu metaverse dan 5 bisnis yang akan naik di metaverse.

Jadi, apa itu metaverse dan 5 bisnis yang akan naik di metaverse?

Mungkin banyak dari kalian yang tidak tahu tentang Metaverse. Metaverse sendiri dapat didefinisikan sebagai bentuk realitas fisik, augmented dan virtual dalam ruang online bersama lingkungan.

Jadi, saya sangat merekomendasikan anda untuk menonton film “Ready Player One”, di mana sang pemeran utama hanya cukup memakai kacamata 3D untuk dapat hidup di dunia virtual tersebut, sehingga seolah-olah karakter anda menjadi nyata. Anda bisa bermain bersama, hidup di dunia virtual bersama, punya kantor bersama, punya rumah bersama. Intinya, anda seperti benar-benar memiliki kehidupan di augmented reality tersebut.

Metaverse ini sendiri didefinisikan seperti hal itu tadi. Lingkungan manusia untuk berinteraksi secara sosial dan ekonomi sebagai avatar di dunia maya yang bertindak sebagai semacam metafora untuk dunia nyata, mendobrak hambatan fisik dan ekonomi.

Singkatnya, metaverse ini adalah ruang virtual yang dapat diciptakan dan dijelajahi oleh pengguna lain tanpa perlu bertemu di ruang yang sama.

Metaverse ini menjadi booming karena Mark Zuckerberg mengubah nama Facebook menjadi Meta, dan dia lah yang berinvestasi secara besar-besaran ke dalam dunia Metaverse ini, diikuti oleh Miscrosoft, NVIDIA dan sebagainya.

Mark Zuckerberg percaya bahwa Metaverse memiliki potensi kesempatan yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan Facebook. Hal itu terlihat ketika Zuckerberg mengakuisisi Oculus, yakni sebuah perusahaan yang membuat kacamata VR pada tahun 2014.

“Jika anda belum bisa menemui teman anda yang berada di Amerika dalam bentuk Avatar, hanya dengan menggunakan mesin VR saja, anda bisa terkoneksi seperti di dunia nyata, namun diubah dalam bentuk avatar 3D. Hal ini tentunya akan membantu orang-orang sehingga tidak perlu pergi jauh-jauh untuk meeting. Metaverse ada untuk mengisi kebutuhan tersebut.

Hal ini sudah dijawab oleh Zuckerberg yang menciptakan ruang meeting VR menggunakan Avatar 3D bernama Horizon Workrooms. Jadi apabila anda mengerti cara menggambarkan Metaverse itu kurang lebihnya seperti apa, yakni sebuah dunia yang dikonversikan menjadi sebuah dunia virtual yang dapat diakses melalui kacamata VR.

Kemudian, bisnis apa yang akan naik di Metaverse?

Anda jangan kaget apabila next time ada lowongan pekerjaan di Metaverse. Mungkin di dunia nyata saat ini anda tidak punya pekerjaan, tapi siapa tahu saja nantinya anda bekerja sebagai ‘tukang parkir’ di Metaverse.

Anda mungkin saat ini jobless pasca lulus S1, namun bisa saja next time anda memiliki pekerjaan sebagai akuntan di Metaverse. Hal ini memungkinkan, karena saat ini saja sudah ada dua dunia, yakni dunia nyata dan dunia virtual.

Jadi, Metaverse ini benar-benar menggambarkan masa depan. Contohnya ketika kita melakukan meeting conference dengan jumlah  orang. Tentunya, yang namanya meeting itu kita harus tatap muka di kota yang sama, jam yang sama. Namun di Metaverse memungkinkan kita memiliki kode masing-masing dan join seperti Zoom, namun fisik kita benar-benar ada di situ. Akan tetapi, yang hadir adalah karakter kita.

Jadi, terserah anda mau menciptkan karakter seperti apa. Lalu, bisnis apa yang akan naik di Metaverse?

1. Perdagangan atau e-commerce

Bisnis yang pertama adalah perdagangan atau e-commerce, ini sudah pasti. Metaverse akan membuka peluang baru bagi pembeli dan penjual untuk terhubung dengan cara baru yang lebih modern.

 

2. Hiburan atau entertainment

Kemudian bisnis yang kedua adalah hiburan atau entertainment. Bayangkan jika ada konser Justin Bieber yang dibuat secara virtual 3D dalam bentuk Avatar yang dioperasikan langsung oleh Justin Bieber. Anda bisa mengajak teman untuk menonton konser dalam dunia virtual tersebut.

Misalkan Justin Bieber konser di London. Anda tidak harus terbang ke London untuk menonton konsernya. Namun melalui Metaverse, Justin Bieber bisa benar-benar melakukan konser tanpa anda harus terbang ke luar negeri untuk bisa hadir. Bisnis hiburan ini akan terus naik mengikuti perkembangan Metaverse.

 

3. Non Fungible Token atau NFT

Kemudian bisnis yang ketiga adalah Non Fungible Token atau NFT. Jadi berbagai koleksi digital yang dibuat secara eksklusif dan otentik tentu akan menjadi ladang bisnis yang baik di masa depan. Itulah sebabnya saya sendiri sedang berpikir untuk membuat NFT Lover.

 

4. Games

Kemudian bisnis yang keempat adalah games. Tidak diragukan lagi bahwa games berbasis VR akan laris ketika Metaverse sudah bisa diimplementasikan ke dalam berbagai golongan masyarakat.

Jad next time, anda tidak perlu lagi untuk bermain game berbasis VR. Dan bukan hanya e-sport, namun kita benar-benar hidup di dunia tersebut.

 

5. Pembuat software dan hardware

Kemudian bisnis yang kelima adalah pembuat software dan hardware. Yang satu ini tentunya akan menjadi bisnis laris di Metaverse.

5 trend bisnis ini pastinya akan benar-benar terjadi. Jadi semenjak video ini dibuat, anda lihat saja 4-5 tahun ke depan bahwa kemungkinan Metaverse ini akan booming.

Sama seperti ketika saya mengajarkan tentang cara menabung emas. Ketika saya membuat kontennya pada tahun 2017 dan artinya sudah 5 tahun yang lalu, bisa kita lihat saat ini tabungan emas digital memang sedang booming.

Jadi, Success Before 30 memang selalu terdepan dalam masalah teknologi, dan kita membaca trend apa yang akan terjadi ke depannya. Apakah anda nantinya akan menjadi calon penghuni Metaverse?

Jika anda belum memiliki properti di dunia nyata, siapa tahu saja nantinya anda bisa memiliki properti di Metaverse? Jika anda belum memiliki mobil di dunia nyata, siapa tahu saja nantinya anda bisa memiliki mobil di Metaverse? Who knows?

Sahabat entrepreneur, demikian pembahasan saya kali ini, dan nantikan konten saya berikutnya. Semoga topik kali ini bisa menginspirasi anda dan bermanfaat untuk anda.

Silahkan anda share pada teman-teman anda. Tentunya, ada banyak orang yang dapat terbantu melalui edukasi sedehana seperti ini. Mungkin mereka tidak mendapatkan pelajaran ini dari orang tuanya, namun mereka justru mendapatkannya dari channel ini. Untuk lebih lengkapnya, anda bisa baca di buku saya ‘Success Before 30’.

Semoga video kali bermanfaat. Sukses selalu, dan salam hebat luar biasa!!

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here