Apa Itu NFT? Ini Penjelasan Singkat Untuk Pemula

0
367

SB30 – Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa! Selamat datang kembali di channel Success Before 30 yang membahas tentang pengembangan diri, motivasi, edukasi finansial, level up podcast, business inspiring, serta konten vlog balancing life.

Kali ini saya akan membahas topik tentang sebuah fenomena yang sangat menarik selama setahun belakangan ini yakni NFT (Non Fungible Token).

Saya tidak akan membahas sesuatu yang tidak saya kuasai. Namun kali ini, saya akan membahas tentang “Apa Itu NFT? Ini Penjelasan Singkat Untuk Pemula”.

Arti dari NFT sendiri adalah Non Fungible Token yang merupakan produk investasi turunan dari crypto. Turunan dari Forex sendiri juga banyak. ada index, ada option. Sedangkan NFT ini adalah turunan dari crypto dan sekarang lagi hype banget.

NFT sendiri adalah aset digital yang bisa digunakan sebagai bukti kepemilikan barang yang bisa dibeli dengan mata uang crypto. Jadi, semacam barang-barang koleksi dari berbagai bidang seperti karya seni, musik, game dan lain sebagainya.

NFT tidak bisa dijadikan alat tukar, namun bisa diperjualbelikan seperti layaknya aset digital. Contoh, anda memiliki koleksi sebuah lukisan, atau anda mengoleksi mainan gundam, boneka, atau robot-robot yang harga 50 ke atas. Tentunya barang-barang seperti ini memiliki nilai koleksi.

Contoh lainnya adalah jersey dari pemain bola terkenal, atau jersey para pemain basket terkenal yang tentunya memiliki nilai koleksi. Sedangkan NFT adalah koleksi secara digitalnya yang limited edition, dan barang-barang tersebut diperdagangkan secara limitasi.

NFT ini hanya bisa ditukar dengan menggunakan crypto.

Contohnya, anda membeli dengan sekian etherium atau dengan sekian Token yang anda koleksi.

Dan yang terakhir, NFT memiliki sifat kepemilikan yang mutlak, di mana siapapun yang memiliki aset tersebut memiliki hak penuh. Jadi, Non Fungible Token ini tentunya akan menjadi sebuah trend baru ke depannya.

NFT sendiri juga merupakan sebuah koleksi yang bagus. Namun masalahnya, setiap aset digital pasti ada pro dan kontranya. Pronya adalah seperti yang selalu saya edukasi. Kontranya, sometimes orang bisa membuat NFT kosongan.

Salah satu yang terkenal saat ini adalah NFT buatan Ghozali. Namun suatu saat, nilainya bisa dengan mudah sekali turun. Ia adalah seseorang yang suka mengoleksi fotonya, kemudian ia upload di marketplace’nya NFT.

Di Indonesia sendiri, pengertian tentang NFT ini masih sangat-sangat minim. Karena NFT sendiri bisa dikatakan sebagai industri yang masih sangat baru. Crypto sendiri saat ini sedang hype. Namun para kolektor NFT di Asia Tenggara sudah semakin besar, seperti di Filiphina, Thailand. Selain itu, ada pula orang yang sangat memahami tentang NFT di negara-negara luar seperti di benua Amerika dan Eropa.

Indonesia will be the next booming.

Mengapa? Karena NFT sendiri merupakan sebuah tempat atau alat koleksi baru yang bersifat kepemilikan mutlak dan hanya bisa ditukar melalui kesepakatan dengan menggunakan uang crypto.

Tentunya dari sini kita bisa sharing dan melihat sesuatu yang sangat menarik terkait NFT. Dan ini adalah pengertian NFT secara basic dari saya. At least, anda bisa memahami apa itu NFT dari sudut pandang saya.

Sahabat entrepreneur, demikian pembahasan saya kali ini dan nantikan konten saya berikutnya. Semoga topik kali ini bisa menginspirasi anda dan bermanfaat untuk anda.

Silahkan anda share pada teman-teman anda. Tentunya, ada banyak orang yang dapat terbantu melalui edukasi sedehana seperti ini. Mungkin mereka tidak mendapatkan pelajaran ini dari orang tuanya, namun mereka justru mendapatkannya dari channel ini. Untuk lebih lengkapnya, anda bisa baca di buku saya ‘Success Before 30’.

Semoga video kali bermanfaat. Sukses selalu, dan salam hebat luar biasa!!

 

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here