Apa Saja Keuntungan dan Resiko dari Investasi Saham?

0
72

SB30 – Sahabat entrepreneur, kali ini kita akan membahas tentang apa saja keuntungan dan resiko dari investasi saham. Tiap investasi apapun itu, pastinya memiliki keuntungan dan resiko tersendiri. Begitu pula dengan investasi saham. Berikut ini adalah beberapa keuntungan dan resiko dalam berinvestasi saham :

a. Keuntungan investasi saham :

1. Dividen (pembagian laba)

Dividen adalah pembagian laba yang diberikan perusahaan kepada pemegang saham. Dividen itu sendiri berasal dari keuntungan yang dihasilkan perusahaan. Ada dua jenis dividen, yaitu dividen tunai dan dividen saham.

Dividen tunai artinya perusahaan memberikan uang tunai untuk setiap lembar saham kepada pemegang saham. Sedangkan dividen saham artinya dividen yang diberikan perusahaan berupa saham, jadi jumlah saham yang dimiliki investor akan bertambah.

 

2. Capital gain (kenaikan harga saham)

Capital gain adalah keuntungan yang didapatkan dari kenaikan harga saham, yakni harga jual lebih tinggi dibanding harga beli.

Misalnya, anda membeli saham A dengan harga per lembar Rp 2.000. Kemudian anda menjualnya di angka Rp 2.500 per lembar. Itu ar tinya, anda mendapatkan capital gain sebesar Rp 500 untuk setiap lembar saham.

 

b. Resiko investasi saham :

1. Capital loss

Capital loss adalah kebalikan dari capital gain, di mana investor menjual sahamnya lebih rendah dibanding harga beli.

Misalnya, anda membeli saham B seharga Rp 2.000 per lembar. Namun kemudian anda menjualnya di harga Rp 1.700 per lembar. Dengan demikian, itu artinya anda telah mengalami kerugian sebesar Rp 300 per lembar.

 

2. Suspend

Resiko lain dari investasi saham adalah saham dapat terkena suspend atau diberhentikan perdagangannya oleh Bursa Efek Indonesia (BEI).

Kondisi tersebut membuat investor tidak dapat menjual atau membeli saham-saham tersebut hingga suspensi dicabut.

Jadi sahabat entrepreneur, itulah beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang investasi saham untuk pemula. Apakah sekarang anda sudah siap untuk berinvestasi saham?

Dengan memahami beberapa keuntungan dan resiko pada beberapa poin di atas, tentunya anda sudah tahu apa saja yang harus anda lakukan ketika anda ingin memulai investasi. Yuk mulai dari sekarang!

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here