Apa yang Harus Dilakukan Untuk Orang Berusia 20an

0
763

SB30 – Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa! Selamat datang di channel Success Before 30. Topik saya kali ini saya sadur dari buku ‘Success Before 30’.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang : “Apa yang Harus Dilakukan Untuk Orang Berusia 20’an”. Seringkali orang di usia 20’an itu kebingungan :

“Saya bingung mau kuliah apa, jurusan apa, mau kerja di mana.”

“Enaknya jadi pengusaha atau karyawan?”

 “Lebih baik saya meneruskan karir saya sebagai atlet atau tidak?”

Jadi bagi anda yang masih merasa bimbang dan kebingungan, video kali ini memang ditujukan untuk kalian.

Jadi, apa saja sih yang harus anda lakukan di usia 20’an? Di buku Success Before 30, saya mengajarkan bahwa ada 3 hal yang harus anda lakukan. Ini adalah basic fundamental untuk orang-orang nantinya ketika menghadapi usia 30’an. Yaitu anda harus punya mindset, alat atau kendaraan yang tepat serta mentor.

Di sini, saya akan memberikan 4 poin :

 

1. Cari mentor sesuai visi anda ke depannya

Poin yang pertama adalah cari mentor sesuai visi anda ke depannya. Mengapa harus mencari mentor? Misalkan anda ingin berkarir sebagai seorang atlet profesional. Itu artinya, anda harus mencari mentor yang sesuai dengan bidang anda. Selain itu, carilah orang-orang yang berkompeten di bidang anda.

Dengan begitu, niscaya karir anda sebagai atlet bisa bertahan lama ataupun anda bisa bersekolah di bidang olahraga, sehingga anda bisa menekuni bidang tersebut dengan baik. jadi meskipun nantinya anda pensiun sebagai atlet, anda masih bisa menjadi pelatih.

 

2. Pilih lingkungan yang mendukung

Kemudian poin yang kedua adalah pilih lingkungan yang mendukung. Pengaruh lingkungan itu salah satunya adalah komunitas. Ingat, seseorang bisa menjadi orang jahat karena terpengaruh oleh orang lain. Seseorang bisa menjadi narapidana itu karena ada mentoring. Seseorang juga bisa menjadi pencuri karena ada yang memberi contoh. Bahkan, seseorang bisa menjadi perampok karena ada teladannya.

Jadi intinya, carilah lingkungan yang mendukung. Jika anda ingin memiliki pergaulan yang baik di usia 20’an, maka jangan sampai anda masuk ke lingkungan yang toxic. Jangan bergabung dengan mereka yang tiap hari maunya hidup gampang, namun carilah komunitas yang mau produktif dan berpikir kritis terkait pengetahuan. Masalah lingkungan ini penting sekali.

Apabila anda mendapatkan lingkungan yang mendukung, saya pastikan anda bisa menjadi apapun yang anda inginkan. Karena lingkungan itu bisa diibaratkan seekor ikan yang sakit di dalam sebuah akuarium. Jadi bukan ikannya yang diobati, melainkan airnya yang harus diganti. Dengan begitu, si ikan bisa sembuh dengan sendirinya.

Begitu pula dengan seseorang yang ingin keluar dari lingkungan toxic. Jadi, ia harus keluar dari lingkungan tersebut agar dirinya benar-benar bisa berubah.

 

3. Belajar komunikasi yang baik kepada orang lain

Lalu poin yang ketiga adalah belajar komunikasi yang baik kepada orang lain. Hal yang satu ini dapat membantu anda membangun jaringan relasi anda ke depannya.

Poin yang satu ini juga sudah saya bahas di buku Success Before 30 tepatnya di halaman 163 : Cara untuk mendapatkan perhatian dari mentor yang anda kagumi.

Seorang mentor itu pastinya memiliki banyak murid. Jika anda ingin mendapatkan perhatian dari mereka, maka anda harus benar-benar menunjukkan prestasi anda. Dan salah satunya adalah dengan teknik komunikasi yang baik.

Dengan mempelajari cara komunikasi yang baik kepada orang lain, saya percaya anda bisa ‘lintas kelas’, entah itu kelas bawah, menengah maupun atas. Tentunya, anda bisa masuk ke semua kelas tersebut. Intinya, teknik komunikasi yang baik itu sangat dibutuhkan.

 

4. Mulai berinvestasi

Lalu poin yang keempat adalah mulai berinvestasi. Investasi yang terbaik adalah investasi leher ke atas, yakni investasi ilmu sedini mungkin. Saya tidak akan mengajarkan tentang investasi lagi di sini karena konten saya yang membahas tentang investasi untuk anda yang berusia 20’an sudah sangat banyak.

Saya percaya apabila anda memiliki pengetahuan yang baik tentang investasi, niscaya ke depannya anda tidak akan mengalami kesulitan keuangan.

Sahabat entrepreneur, demikian pembahasan saya kali ini, dan nantikan konten saya berikutnya. Tips yang saya bagikan disini memang sederhana, namun saya percaya jika anda melakukan salah satu dari 8 bisnis ini, anda pasti bisa mendapatkan penghasilan 3-50 juta.

Semoga topik kali ini bisa menginspirasi anda dan bermanfaat untuk anda.

Silahkan anda share pada teman-teman anda. Mungkin mereka tidak mendapatkan pelajaran ini dari orang tuanya, namun mereka justru mendapatkannya dari channel ini. Untuk lebih lengkapnya, anda bisa baca di buku saya ‘Success Before 30’.

Semoga video kali bermanfaat. Sukses selalu, dan salam hebat luar biasa!!

 

 

 

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here