Cara Ilmiah Menjadi Orang yang Selalu Hoki

0
364

SB30 – Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa! Selamat datang di channel Success Before 30. Apakah anda ingin menjadi orang yang beruntung, hoki, atau bahasa Jawanya bejo? Semua orang pasti menginginkannya. Namun pertanyaan saya :

Is there any science to get the luck?”

Apakah ada penelitiannya terkait mendapatkan keberuntungan? Saya tidak akan membahas hal ini secara agama, karena hal ini tergantung pada keyakinan masing-masing. Akan tetapi, saya sudah pernah membahas ini di buku saya ‘Badai Pasti Berlalu’, salah satunya di bab ketujuh tentang keuletan.

Di sini kita menemukan bahwa orang yang beruntung itu pasti adalah orang yang ulet.

“Teman saya ada yang sering menang lotre atau undian berhadiah pak, dia orangnya hoki banget!”

Keberuntungan itu tidak akan terjadi berkali-kali. Mungkin dia memang beruntung 2-3 kali. Namun, keberuntungan itu tidak akan terjadi puluhan sampai ratusan kali. Kemungkinan ini kecil sekali.

Kemudian ada yang mengatakan : “Pak, saya ini beruntung ketika membeli tanah. Saya ini selalu beruntung ketika membeli properti. Setiap kali saya membeli properti, pasti beberawpa waktu kemudian harganya naik”.

Pertanyaan saya adalah : “Properti manapun suatu saat pasti harganya juga akan naik kan?”

Jadi, kita tidak bisa mengatakan bahwa keberuntungan anda hanya ketika anda membeli properti.

Kemudian ada yang mengatakan : “Pak, keberuntungan saya ini di saham”.

Sebenarnya, segala sesuatu bisa anda dapatkan jika anda memiliki keuletan. Semua itu ada research dan science’nya. Seseorang akan menjadi pakar jika ia melakukan sesuatu secara konsisten. Saya percaya pada hal yang disebut dengan hukum 10 ribu jam.

Apa yang dimaksud dengan hukum 10 ribu jam?

Ketika seseorang terjun di suatu bidang, kemudian ia menekuni bidang tersebut meskipun jatuh bangun dilalui. Maka lama kelamaan, ia akan menjadi pakar di bidang tersebut.

Kita ambil satu contoh,  yakni Michael Jordan. Ia menjadi legenda di dunia basket. Apakah ia beruntung? Saya rasa juga tidak. Ia juga mengalami jatuh bangun, kita harus melihat proses dan perjuangannya.

Kalau kisah para orang sukses, saya juga sudah pernah membahasnya di buku Success Before 30. Contohnya Michael dan Budi Hartono, apakah mereka beruntung? Tidak juga. Namun, mereka melakukan research. usaha bisnis rokok milik mereka merupakan warisan dari sang ayah. Kemudian mereka melakukan research dan develop lagi.

Apakah mereka beruntung? Yes, mereka beruntung. Namun sebelum keberuntungan itu terjadi, mereka pasti melakukan hukum 10 ribu jam.

Saya menemukan science atau ilmu pasti bahwa ketika seseorang bertahan di sebuah bidang lebih dari 10 ribu jam dan ia ulet di bidang tersebut, maka sudah pasti ia akan menjadi profesional dan mendapatkan skill karena keuletan alias konsistensi sehingga menemukan peluang.

Di situlah akhirnya ia mendapatkan momentum ini. jadi, momentum itu adalah keuletan dikali peluang, sehingga anda mendapatkan apa yang anda sebut dengan keberuntungan.

Ada juga orang yang mendefinisikan keberuntungan sebagai kesempatan yang bertemu dengan peluang. Menurut saya artinya sama saja. Contoh, ada mobil yang dijual murah. Mungkin harganya di pasaran 150 juta, namun anda mendapatkan tawaran hanya dengan harga 140 juta sehingga anda bisa untung 10 juta. Anda membeli mobil seharga 140 juta itu karena ada kesempatan. Ketika peluang atau kesempatan itu ada, kemudian anda siap membeli karena sudah ada uangnya, maka itulah yang dinamakan keberuntungan.

Seringkali ada peluang, namun anda tidak siap. Jadi meskipun anda punya kesempatan namun belum ada persiapan, sama saja artinya anda belum beruntung. Jika anda siap namun kesempatan tak kunjung datang, kembali lagi kemungkinannya adalah karena anda belum menjadi pakar di bidang tersebut.

Mengapa anda tidak pakar? Karena anda tidak ulet di bidang tersebut. Saya selalu tegaskan bahwa cara menjadi orang yang beruntung adalah keuletan. Dan di dalam keuletan tersebut berlaku hukum tabur dan tuai. Berlaku pula hukum sebab dan akibat.

Namun bagi saya, saya pernah membaca buku The Science of Getting Rich sebelum buku The Secret rilis, serta sebelum buku The Law of Attraction dirilis. Buku The Science of Getting Rich juga mengajarkan bahwa kita harus konsentrasi dan fokus di satu bidang.

Tidak akan ada kesuksesan tanpa hukum fokus.

Itulah sebabnya saya sendiri juga membahas tentang hukum fokus di buku saya Badai Pasti Berlalu bab kedua, halaman 33. Intinya, anda tidak akan pernah  beruntung jika anda tidak fokus.

Jika anda sering pecah fokus, sebentar memikirkan yang ini, itu dan lainnya, maka anda tidak akan pernah  beruntung. Orang yang beruntung adalah orang yang fokus pada satu bidang secara konsisten dan ulet.

Jika anda terus menabung dan menabung sebab, maka pad aakhirnya anda akan memunculkan akibat. Mengapa bisa ada petani durian yang sukses, namun ada pula yang gagal? Mengapa bisa ada dokter gigi yang ramai, namun ada pula yang sepi?

Jawabannya bukan karena ia beruntung, melainkan karena ia fokus dan ulet di bidang tersebut. Ia menjadi pakar di bidang tersebut karena ia ulet dan tekun dengan hukum 10 ribu jam.

Jadi setiap ada kesempatan datang anda selalu siap, maka anda akan selalu menjadi orang yang beruntung. Silahkan anda terapkan the science of luck ini.

saya percaya bahwa kita bisa menciptakan keberuntungan tersebut. Akan tetapi, kita jangan menunggu keberuntungan itu tiba. Karena apabila anda hanya menunggu, maka itu sama halnya dengan anda menunggu durian runtuh. Dan di dunia nyata, tidak ada yang namanya durian runtuh. Kalaupun anda mendapatkan durian runtuh, itupun hanya sekali.

Jangan hanya menunggu, namun anda bisa menciptakan keberuntungan tersebut. Niscaya, anda akan menjadi orang yang hebat dan luar biasa.

Sahabat entrepreneur, demikian pembahasan saya kali ini, dan nantikan konten saya berikutnya. Pembahasan saya memang sederhana, akan tetapi tidak mudah dilakukan. Pertanyaan saya : apakah konten saya kali ini hanya akan anda dengarkan, atau bakal anda terapkan? Jika anda mau melakukannya, maka you’ll be the next billionaire.

Semoga topik kali ini bisa menginspirasi anda dan bermanfaat untuk anda.

Silahkan anda share pada teman-teman anda. Mungkin mereka tidak mendapatkan pelajaran ini dari orang tuanya, namun mereka justru mendapatkannya dari channel ini. Untuk lebih lengkapnya, anda bisa baca di buku saya ‘Success Before 30’.

Semoga video kali bermanfaat. Sukses selalu, dan salam hebat luar biasa!!

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here