Enak Buka Cafe atau Warmindo?

0
133

SB30 – Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa! Selamat datang kembali di channel Success Before 30 yang membahas tentang pengembangan diri, motivasi, edukasi finansial, level up podcast, business inspiring, serta konten vlog balancing life.

Channel kami konsisten di YouTube hingga saat ini di tahun kesembilan. Kami akan terus berkembang, jadi kami mohon dukungannya sehingga suatu hari bisa mencapai 10 juta subscribers.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang : “Enak Buka Cafe atau Warmindo (Warung mie kekinian)?”.

Anak-anak muda zaman sekarang tentunya sudah tidak asing melihat cafe ada dimana-mana. Bahkan, di pelosok kecamatan di seluruh nusantara juga ada. Begitu pula dengan warmindo.

Sekarang pertanyaan saya : untung yang mana sih? Di sini saya akan menjelaskan kelebihan dan kelemahannya.

KEUNTUNGAN BUKA CAFE :

Cafe yang saya ibaratkan di sini adalah cafe standart yang tidak terlalu modern dengan target pasar orang ekonomi menengah sampai ke atas.

1. Hobi ngafe sudah menjadi trend

Trend akan naik secara konstan karena anak millenial zaman sekarang suka sekali datang ke cafe untuk ngobrol. Selain itu, ada banyak inovasi yang bisa diciptakan dari sebuah minuman seperti kopi.

Varian kopi saat ini ada banyak dan aneh-aneh, contohnya kopi durian, kopi cabe, dan lain-lain. Harganya juga bervariasi, mulai dari 10 ribuan. Jadi meskipun ada juga di kota-kota kecil, harganya masih terjangkau.

Anda hanya perlu stand kecil dengan desain yang minimalis, maka bisnis cafe anda sudah bisa dijalankan.

2. Minat ngopi yang tinggi

Kemudian, minat kopi juga terbilang tinggi di zaman sekarang. Bahkan hanya dengan modal wifi saja, anda sudah bisa menarik pembeli.

KELEMAHAN CAFE :

1. Modalnya cukup tinggi

Namun salah satu kekurangannya adalah modal membuka cafe cukup tinggi, yakni antara 20-40 juta.

2. Margin keuntungan tidak terlalu besar

Kemudian kekurangannya yang kedua adalah margin keuntungan tidak terlalu besar. Terlebih jika brand anda tidak begitu terkenal. Apalagi jika sudah kalah dari Kopi Kenangan yang baru-baru ini menjadi perusahaan startup unicorn.

3. Harus memiliki lokasi yang strategis

Selain itu, kekurangan yang ketiga adalah harus memiliki lokasi yang strategis.

4. Biaya operasional yang cukup tinggi

Kemudian kekurangan yang keempat adalah biaya operasional yang cukup tinggi. Karena anda juga harus memiliki staff, pelayan dan sebagainya. Selain itu, jika peralatan membuat kopi rusak juga membutuhkan biaya besar untuk membeli yang baru lagi.

Tak hanya itu, anda juga harus memiliki strategi yang baik karena ada banyak sekali kompetitor raksasa yang juga siap membuka cafe di wilayah anda. Itulah sebabnya, anda harus mempertimbangkan plus dan minusnya.

Namun di sini saya tegaskan bahwa tidak ada usaha yang plus terus. Jika semua usaha untung terus, tentu tidak akan ada orang yang mau bekerja sebagai karyawan. Bahkan untuk membuka cafe, setidaknya anda harus memiliki konten untuk dibagikan di media sosial agar cafe anda semakin terkenal.

Dan kali ini, kita akan membahas WARMINDO. Warmindo ini sudah tak asing lagi di telinga anak zaman seakrang, apalagi hanya dengan bermodalkan mie instan anda sudah bisa membuka usaha ini. terlebih, mulai dari pedagang kaki lima sampai pejabat banyak yang suka makan mie instan.

KEUNTUNGAN WARMINDO :

1. Minat pasar yang sangat besar

Mulai dari anak-anak sampai dewasa, hampir semua orang suka makan mie instan.

2. Banyak inovasi berbahan dasar mie

Apalagi varian rasa Indomie itu sudah terkenal di seluruh Nusantara, bahkan mendunia.

3. Modal terbilang cukup rendah

Modal terbilang cukup rendah, yakni mulai 5-10 juta saja. Tentunya bisnis seperti ini harus dilakukan secara offline.

4. Harganya bisa dijangkau semua kalangan

Selain harganya yang murah, untuk membuka bisnis ini juga apabila di kota kecil hanya dengan warung tenda saja sudah bisa jalan. Selain itu, biaya operasional juga rendah karena anda hanya perlu modal membeli mie instan.

Untuk menambah harga jual, anda bisa menambahkan topping telur, sayuran dan lain sebagainya. bahkan, saya sering lihat review warmindo di YouTube itu pasti rame banget.

5. Sistem bisnis yang sangat sederhana

Tinggal bagaimana cara anda menciptakan value. Yakni dengan cara bikin konten, upload di YouTube, bisa dipastikan ramai pembeli. Selain itu, anda juga membutuhkan lokasi yang strategis seperti dekat dengan kampus, sekolah dan lain sebagainya.

KELEMAHAN WARMINDO :

Namun kelemahan warmindo  adalah anda membutuhkan kesabaran untuk mencapai titik BEP. Semua usaha mungkin basicnya membutuhkan modal jutaan Rupiah.Artinya, anda harus menjual ribuan Indomie agar bisa balik modal.

Kemudian, ada banyak kompetitor sehingga pemilik warmindo harus memiliki inovasi agar bisa lebih baik dari kompetitor secara berkala dan continue.

Misalkan anda menjual Indomie + telur + kornet. Mungkin anda bisa menambahkan inovasi pedas level 1-5. Intinya, anda harus terus berinovasi agar tidak bangkrut.

Dan kekurangan yang terakhir jika anda hanya bisnis offline,  maka cepat atau lambat anda pasti akan merugi karena pembeli anda hanyalah orang yang tinggal di kawasan tersebut. Sedangkan anak-anak muda itu cepat bosan. Jika ada makanan yang booming, maka mereka bisa segera pindah ke tempat lain.

Namun apabila tempat yang nyaman di kawasan tersebut satu-satunya adalah di tempat anda, maka bisa jadi bisnis anda akan bertahan. Contohnya anda berjualan di area kampus. Maka sampai kapanpun, anda masih memiliki pelanggan tetap.

Sahabat entrepreneur, demikian sedikit penjelasan saya terkait  bisnis cafe dan warmindo. Saya juga sudah menjelaskan plus dan minusnya. Akan tetapi, seluruh keputusan kembali kepada anda.

Jadi anda pilih yang mana? Jadi pemilik cafe kekinian atau pemilik warmindo?

Demikian pembahasan saya kali ini, dan nantikan konten saya berikutnya. Semoga topik kali ini bisa menginspirasi anda dan bermanfaat untuk anda.

Silahkan anda share pada teman-teman anda. Tentunya, ada banyak orang yang dapat terbantu melalui edukasi sedehana seperti ini. Mungkin mereka tidak mendapatkan pelajaran ini dari orang tuanya, namun mereka justru mendapatkannya dari channel ini. Untuk lebih lengkapnya, anda bisa baca di buku saya ‘Success Before 30’.

Semoga video kali bermanfaat. Sukses selalu, dan salam hebat luar biasa!

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here