Ini Kesalahan yang Paling Umum Terjadi Dalam Mengelola Keuangan Part 1

0
158

SB30– Sahabat entrepreneur, biasanya dalam mengelola keuangan, seringkali anda mengabaikan beberapa poin di bawah ini. Terutama bagi anda yang merupakan karyawan yang memiliki gaji bulanan. Pasalnya, di dalam mindset anda tertanam pemikiran bahwa : “Gak apa-apa hedon sedikit, toh bulan depan juga udah gajian lagi!”.

Biasanya, mereka yang memiliki penghasilan harian justru lebih mampu mengontrol keuangan mereka. Itulah sebabnya karyawan yang memiliki gaji bulanan biasanya lebih merasa kesulitan dalam mengelola keuangannya dan selalu ‘mepet’ ketika mendekati akhir bulan.

Jadi, berikut ini adalah beberapa kesalahan dalam mengelola keuangan yang perlu anda perhatikan :

1. Baru menabung di akhir bulan

Kesalahan pertama yang biasanya orang selalu lakukan adalah nabung di akhir. Anda selalu berpikir “Ah nanti saja menabungnya, kalau ada sisa di akhir minggu/bulan”.  Tetapi nyatanya uang anda sudah habis di pertengahan bulan/minggu.

Pada akhirnya, anda lupa untuk menabung dan lama-lama menjadi kebiasaan. Lama-lama, anda mengeluh : “uang saya kok cuma Parahnya lagi, anda akan denial bahwa anda memang tidak bisa menabung.

2. Tidak mencatat pengeluaran bulanan

Kesalahan kedua adalah tidak mencatat pengeluaran secara rutin. Jika anda membeli sesuatu/mengeluarkan uang, lalu setelahnya anda memiliki waktu luang, maka anda harus mulai membiasakan diri untuk langsung mencatat uang yang anda keluarkan.

Anda bisa melakukannya melalui aplikasi pada HP anda atau di buku catatan khusus pengeluaran bulanan.

Jika anda tidak sempat melakukannya langsung setelah berbelanja, maka luangkan sedikit waktu sebelum tidur untuk mencatat pengeluaran anda dalam satu hari tersebut.

Lakukan setiap hari, niscaya anda bisa mengontrol pengeluaran bulanan anda. Pertama kali mencoba pasti susah karena kadang lupa, tapi lama-lama anda akan terbiasa.

3. Tidak melakukan evaluasi antara pemasukan dan pengeluaran bulanan

Kesalahan ketiga, anda lupa melakukan evaluasi pemasukan dan pengeluaran. Udah rajin catat, tapi kok uang sama saja habis terus? Kalau sudah dicatat tapi anda tidak melakukan evaluasi kesalahan dalam menggunakan uang, tentu tidak akan ada perubahan.

Rajin-rajin evaluasi ini : Berapa pemasukan, berapa pengeluaran, serta apa porsi pengeluaran terbesar anda. Dan apakah pengeluaran itu sebanding dengan manfaat yang diperoleh? Apakah pengeluaran kita jauh lebih besar daripada pemasukan kita? Apakah ada cara lain untuk menambah pemasukan?

Dengan melakukan evaluasi, maka anda pasti bisa menemukan solusi untuk masalah keuangan anda.

4. Kurangnya kontrol terhadap keinginan anda

Kesalahan keempat, yaitu kurangnya kontrol terhadap diri sendiri. Sesuai point ketiga tadi, kita akan lihat apakah ada pengeluaran keuangan yang berlebihan, misalnya makan sebulan bisa 60% gaji. Walaupun makanan enak itu membuat anda merasa bahagia, tapi yakin anda mau menghabiskan uang sepenuhnya hanya untuk makan mewah? (Pengecualian untuk kepala rumah tangga yang tanggungannya banyak).

Tapi jika untuk diri sendiri makan bisa sampai menghabiskan sebanyak itu, mungkin anda perlu mengontrol diri untuk belajar mengontrol menu makanan anda dengan budget yang anda miliki.

Intinya, kontrol diri dalam menghabiskan uang itu penting. Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, bukan?

Banyak orang yang pusing soal mengatur uang, padahal kuncinya ada di diri mereka sendiri. Kontrol diri, dan konsistensi, dan jangan lupa evaluasi. Semoga bermanfaat.

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here