Inilah 4 Strategi Jitu Agar Bisnis Jualan Anda Cepat Laku

0
37

SB30 – Sahabat entrepreneur, apakah saat ini anda merasa bingung karena jualan anda tidak kunjung laku keras seperti toko milik kompetitor anda?

Mari kita cari solusi yang simpel dan praktis. Jadi, berikut ini adalah beberapa poin strategi jitu agar bisnis jualan anda cepat laku :

1. Harga murah di bawah pasaran TIDAK SELALU dapat menarik perhatian konsumen. 

Jika anda menjual makanan dan anda yakin bahwa makanan tersebut rasanya juara, maka anda harus menjualnya dengan harga wajar. Tidak di atas rata-rata, namun juga tidak membanting harga.

Anda mungkin merasa perlu membanting harga demi menarik minat pelanggan. Akan tetapi, tindakan seperti ini justru membuat anda hanya mendapatkan keuntungan sedikit, bahkan hanya cukup untuk balik modal. Akibatnya, banyak warung makan yang akhirnya terpaksa justru gulung tikar karena harga makanan yang mereka jual terlalu murah.

Apakah anda berbisnis makanan karena ingin cari profit semata? Tinggalkan! Bisnis makanan itu harus berlomba-lomba membuat dan menjual produk yang terenak, terbaik, dan susah disaingi. Jika anda jago masak atau buat kue, itu merupakan nilai tambah pada produk. Anda mahir mengotak-atik mobil motor? Jangan buka rumah makan, tetapi bukalah bengkel.

Satu hal yang paling penting adalah : Jangan menjual produk yang hanya menjiplak dari orang lain, karena pasti tidak akan bertahan lama. Hal ini biasa terjadi di saat pebisnis memiliki modal, tetapi tidak memiliki ide.

Stop menjual sesuatu yang hanya mengikuti tren atau kekinian. Karena ketika tren selesai, selesai pula dagangan anda.Contoh bisnis kuliner yang tak lekang oleh waktu adalah menu martabak yang sejak dulu sampai sekarang selalu ada dan tidak ada matinya.

2. Punya competitive advantage. 

Banyak orang yang hobi membuka bisnis dengan cara meniru produk yang sukses ketika dijual oleh orang lain. Bahkan, mereka juga mencari tahu supplier produk yang selalu sold out tersebut. Untuk mengatasi masalah ‘tiruan’ tersebut, maka anda perlu memiliki suatu originalitas dari produk anda. Contohnya misalkan anda memiliki bisnis berjualan mie ayam, maka anda bisa membuat adonan mie homemade menggunakan resep rahasia anda sendiri.

3. Konsisten dalam berjualan. 

Jangan menjalankan bisnis anda layaknya main rumah-rumahan. Hari ini buka, besok tutup, lusa buka, kemudian tutup lagi. Jangan jualan roti, keesokan harinya roti kosong dan berjualan nasi goreng, kemudian lusa berjualan sosis telur. Konsumen anda akan merasa bingung dan tidak mempercayai kualitas produk anda.

4. Selalu pantau bisnis anda.

Jangan terlalu mempercayai tangan kanan, karyawan kepercayaan dan lain sebagainya. Jika anda terpaksa mempercayakan bisnis anda pada bawahan anda, maka tanyakan kepada mereka kekurangan produk maupun komplain konsumen dan harus dijawab dengan jujur jika memang ada keluhan dari konsumen.

Berdasarkan beberapa poin di atas, maka artinya untuk bisa menjual produk hingga laris manis dibutuhkan perhatian khusus terhadap beberapa hal, yakni :

  • Jaga kualitas produk
  • Berikan kemudahan atau service tambahan
  • Promosikan produk dengan cara yang tepat
  • Konsistensi terhadap 3 hal di atas

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here