Inilah 6 Investasi Terbaik untuk Jangka Panjang

0
173
Cocok Untuk Investor Pemula! Pengertian Dan Jenis Produk Reksa Dana - Reksa Dana

 

SB30 – Sahabat entrepreneur, investasi adalah suatu istilah dengan beberapa pengertian yang berhubungan dengan keuangan dan ekonomi. Istilah tersebut berkaitan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva dengan suatu harapan mendapatkan keuntungan pada masa depan.

1. Investasi pendidikan

Investasi terbaik untuk jangka panjang itu sudah pasti jawabannya adalah investasi pendidikan. Pendidikan adalah jalan nomor satu untuk mengentaskan kemiskinan. Selain kemiskinan materi, juga kemiskinan moral dan ilmu.

Namun yang perlu digarisbawahi disini adalah : Investasi pendidikan itu bukan hanya pendidikan di sekolah dan sarjana. Investasi pendidikan itu bisa didapatkan dimana saja. Bisa di tempat kuliah, kursus, seminar, pemuka agama, online class, dan lain-lain.

Investasi pendidikan juga merupakan hal yang paling mungkin untuk mendapatkan ‘balik modal’, karena ilmu yang telah kita dapatkan bisa kita pelajari dan praktekkan. Dengan bertambahnya pengetahuan dan keahlian, maka anda akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan dan penghasilan yang lebih besar.

Setelah menempuh pendidikan itulah, kita bisa menerapkan ilmu kit adi dunia kerja dan dunia bisnis. Seperti belajar saham, menabung saham dan pilah-pilih mana saham yang bagus.

Jika anda belajar menjadi programmer, maka nantinya anda akan bisa membuat program dan kerja di perusahaan yang bagus. Dan jika anda mempelajari tentang design, maka nantinya anda bisa membuat design yang tentunya sangat dibutuhkan di perusahaan advertisement. Selain itu, anda juga bisa bekerja menjadi freelancer yang sukses.

Oh ya, investasi ini nggak berlaku jika pribadi yang invest tidak sungguh-sungguh mempelajari investasi pendidikannya dengan baik, alias anda tidak punya niat belajar. Jika anda tidak belajar dengan serius, maka semua investasi anda di pendidikan bakal sia-sia.

Selain investasi pendidikan, berikut ini adalah beberapa investasi lainnya yang merupakan investasi terbaik untuk jangka panjang :

2. Investasi properti

Yakni berupa investasi tanah maupun bangunan, tentunya dapat menjadi pilihan investasi jangka panjang yang cukup menjanjikan. Properti yang merupakan salah satu kebutuhan pokok akan selalu dibutuhkan dan dicari, sementara ketersediaannya semakin terbatas. Dengan bertambahnya populasi dan penggunaan tanah, maka harga tanah akan meningkat di masa depan. Oleh karena itu, tak heran bila nilainya akan cenderung meningkat dari waktu ke waktu.

 

3. Investasi emas

Emas merupakan barang investasi yang populer dan digemari para investor karena sifatnya yang safe haven. Emas dapat bertahan dan bahkan mampu meningkat pada saat kondisi pasar mengalami goncangan atau ketika aset investasi lain menurun.

 

4. Investasi saham

Investasi saham cenderung memberikan keuntungan yang besar dibandingkan instrumen investasi lainnya. Namun demikian, juga memiliki risiko yang sangat tinggi. Harga saham dapat naik dan turun secara drastis dalam jangka waktu cepat.

 

5. Investasi reksadana

Instrumen investasi jangka panjang berikutnya adalah reksa dana. Reksa dana merupakan wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi.

 

6. Investasi asuransi

Asuransi juga bisa menjadi salah satu pilihan untuk investasi jangka panjang. Asuransi berguna untuk meminimalisir kerugian keuangan bila terjadi resiko di masa mendatang.

Dan sebenarnya masih banyak lagi instrumen investasi lainnya seperti kepemilikan bisnis, forex, bitcoin maupun investasi mata uang asing. Dengan menguatnya nilai tukar mata uang asing terhadap mata uang lokal, maka diharapkan investor akan mendapatkan keuntungan. Akan tetapi, keenam investasi yang sudah saya paparkan di atas merupakan jenis investasi terbaik untuk jangka panjang dibandingkan instrumen investasi lainnya.

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here