Home Family Inilah Pendidikan Finansial Yang Tidak Diajarkan di Sekolah Ft: Neila Nandita Negara

Inilah Pendidikan Finansial Yang Tidak Diajarkan di Sekolah Ft: Neila Nandita Negara

0
14

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa!! Selamat datang di channel Success Before 30, channel yang konsisten memberikan edukasi serta motivasi untuk dunia bisnis dan kehidupan.   

Sahabat entrepreneur, kali ini saya ingin memberikan edukasi finansial. Dan contoh prakteknya langsung adalah pada putri saya sendiri.

Topik yang akan saya bahas kali ini adalah : “Inilah Pendidikan Finansial Yang Tidak Diajarkan di Sekolah Ft: Neila Nandita Negara”.

Jadi, ceritanya putri saya ini ingin membeli sepeda. Yang namanya anak masih usia 7 tahun, wajar saja punya keinginan membeli sepeda. Kebetulan, kisah saya ini sangat kental dengan edukasi finansial. Anda bisa simak video ketika putri saya membuka celengannya disini :

https://www.youtube.com/watch?v=PCCwJNWZAd8

lucu ya? Ternyata anak saya ada bakat jadi YouTuber juga nih.. Jadi, apa yang bisa anda pelajari dari video tersebut? Saya akan membahasnya kali ini dengan menggunakan caption dari sebuah konten di Instagram saya.

“Disiplin menabung sejak kecil”

Ceritanya, si Neila pengen membeli sepeda. Sebenarnya, kami sebagai orang tua pasti bisa dengan mudah membelikannya sepeda. Akan tetapi, kami tidak serta merta menyetujui keinginannya.

Karena kami mendidik Neila, jika ia menginginkan suatu hal, maka bukan dengan cara merengek, menangis, manja, meronta-ronta sehingga kami sebagai orang tua harus menuruti keinginannya. Apalagi jika ia dimanjakan oleh kakek dan neneknya.

Seringkali orang tua tidak memanjakan, tetapi kakek dan neneknya yang memanjakannya. Dan akhirnya, orang tuanya berantem sama kakek dan neneknya. Mengapa kakek dan neneknya suka manjain? Itu karena kakek dan neneknya tidak ada hiburan lain.. Hiburannya cuma sama cucu. Akan tetapi, tolong edukasi finansial seperti ini tetap harus dijaga.

Jadi, Neila harus berjuang untuk mendapatkan sepeda impiannya. Salah satunya adalah dengan cara menabung. Jadi selama satu tahun ini, Neila memiliki dua tabungan. Dan untuk membeli sepeda, maka Neila harus membuka salah satu tabungannya. Disinilah pendidikan finansial secara tidak langsung masuk ke mindset Neila.

Mindset itu tidak terbentuk dalam semalam. Akan tetapi, pola terus menerus dari sebuah kebiasaan yang diulang-ulang dan akhirnya terekam dengan jelas di pikiran bawah sadar. Jadi, pola inilah yang menjadikan siapa diri anda.

Pertanyaannya :

Pola apa yang ditanamkan oleh orang tua anda sejak kecil tentang pendidikan finansial?

Dan ingat, mengubah mindset tidak cukup hanya dengan mengikuti seminar selama 3 hari 2 malam. Namun yang terpenting adalah pasca seminar itu anda harus memiliki sebuah komunitas. Jadi, komunitas inilah yang paling penting. Karena lingkungan yang akan mengubah hidup anda pasca seminar.

Jadi intinya, saya sebagai orang tua selalu mengajarkan edukasi finansial yang baik terhadap anak saya. Memang terkadang kita pasti punya rasa gemas dan rasa sayang yang besar terhadap anak kita, sehingga kita pasti ingin selalu menuruti keinginannya.

Namun ketika saya ngobrol empat mata dengan ibunya, “tolong bantu Neila menabung, agar sejak kecil Neila tahu cara untuk menghargai sesuatu dan mau bekerja keras”. Akhirnya ketika kemarin Neila mencoba bersepeda, Neila jadi ingin punya sepeda. Dan sekarang, akhirnya Neila bisa membeli sepeda dengan hasil tabungannya sendiri.

Intinya, yang saya terapkan pada anak saya adalah ‘3 Cara Menabung’ yang sudah pernah saya ajarkan di video saya sebelumnya. Yaitu bagaimana cara agar anda bisa disiplin menabung. Jadi setiap uang yang anda hasilkan dari bisnis anda atau dari gaji anda, harus anda sisihkan sebagian. Ketika anda bisa menyisihkan sebagian uang anda, maka secara otomatis suatu saat anda bisa mendapatkan apapun yang anda inginkan.

Ingat, dengan anda disiplin pada setiap hal kecil, maka anda pasti bisa mengerjakan hal yang besar.

Jika anda tidak bisa disiplin pada setiap hal kecil, lalu bagaimana anda bisa mengerjakan hal yang besar?

Demikian sahabat entrepreneur sharing saya kali ini  tentang edukasi finansial. Saya harap dengan cara sederhana ini, anda bisa megedukasi anak anda dan menginspirasi adik-adik yang saat ini masih duduk di bangku sekolah.

Semoga apa yang saya jelaskan kali ini dapat anda pahami, dan sukses selalu untuk anda semua para sahabat SB30. Jangan lupa klik subscribe, dan jangan lupa loncengnya diaktifkan. Salam hebat luar biasa..!!

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here