Jangan Salah Pilih, Inilah 6 Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja!

0
114

SB30 – Kamu yang saat ini masih duduk di bangku SMA pasti merasa kebingungan harus memilih jurusan kuliah apa ketika nanti hendak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Tentunya, kamu tidak ingin salah pilih jurusan kuliah, bukan? Dan yang biasanya menjadi patokan paling utama adalah : Jurusan kuliah apa saja sih yang paling dibutuhkan di dunia kerja?

 Kamu pasti ingin memilih jurusan yang punya prospek masa depan yang sangat terbuka, terutama di Indonesia. Indonesia merupakan negara yang sedang berkembang, itulah sebabnya negara kita sangat membutuhkan pegawai untuk “membangun” dan “merencanakan” penataan kota, jalan dan lain sebagainya.

Jadi, apa saja jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja?

1. Jurusan Teknik Informatika

Jurusan yang memiliki nilai paling tinggi di dunia kerja adalah jurusan teknik, terutama teknik informatika. Di zaman yang serba modern  seperti saat ini, tentunya para lulusan IT sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk “menjalankan” industri dan menciptakan inovasi-inovasi baru.  

Jurusan tersebut juga dinilai sangat fleksibel, karena lulusan dari jurusan tersebut juga bisa bekerja di tempat lain. Misalkan lulusan teknik informatika yang fokusnya di dunia teknologi, juga tetap bisa mendapatkan pekerjaan di bank atau bahkan menjadi PNS.  

Tipe perusahaan Indonesia itu lebih banyak membutuhkan orang-orang dari jurusan teknik. Indonesia memang lebih banyak membutuhkan pekerja technical, bukan management atau finance.

 

2. Jurusan Psikologi

Jurusan psikologi dibutuhkan oleh banyak perusahaan karena lulusan dari jurusan ini bisa menempati posisi sebagai Human Resources Development (HRD) di sebuah perusahaan.

HRD merupakan sebuah pekerjaan yang mengelola dan memberdayakan sumber daya manusia di dalam suatu perusahaan. Bekerja di dalam bidang HRD juga tidak hanya berurusan dengan rekrutmen saja. Kamu bisa mengisi bagian lain, seperti mengurus kompensasi dan keuntungan, hubungan antar pegawai, hukum kepegawaian, keluhan, dan sebagainya. 

HRD biasanya terbagi dalam beberapa spesialisasi seperti bidang pelatihan dan pengembangan, rekrutmen atau seleksi, maupun hubungan antar pegawai. Selain bekerja sebagai HRD, lulusan dari jurusan psikologi juga bisa bekerja sebagai guru Bimbingan Konseling di sekolah, konsultan, psikolog dan lain sebagainya.

 

3. Jurusan Teknik Sipil

Jurusan yang satu ini termasuk salah satu jurusan yang bisa mendapatkan pekerjaan dengan gaji tinggi, karena industri infrastruktur kian berkembang pesat. Teknik sipil sendiri sebenarnya merupakan jurusan kuliah yang membahas tentang perancangan, pembangunan, serta pemeliharaan suatu bangunan maupun fasilitas umum.

Jurusan teknik sipil akan mengajarkan kamu untuk mengerjakan suatu bangunan yang sudah dirancang oleh seorang arsitektur. Setiap negara, khususnya negara Indonesia tentu ingin negaranya terus maju dan berkembang. Itulah sebabnya pembangunan berbagai gedung, fasilitas dan infrastruktur terus dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan hidup masyarakat.

 

4. Jurusan Kedokteran

Di saat pandemi Covid-19 seperti ini, tentunya negara Indonesia membutuhkan banyak sekali tenaga kesehatan. Bukan hanya dokter umum, namun juga dokter-dokter spesialis.

Dokter merupakan profesi mulia yang memberikan perawatan medis bagi para pasien. Seperti yang kita ketahui, pekerjaan seorang dokter bahkan menjadi salah satu pekerjaan dengan gaji tertinggi.

Hal tersebut terbilang wajar, mengingat pengorbanan waktu dan mahalnya biaya pendidikan yang harus ditempuh oleh para mahasiswa jurusan kedokteran.

Untuk menjadi seorang  dokter terbaik dan handal, tentunya memerlukan pengalaman yang ditempuh bukan hanya hitungan hari. Selain bisa bekerja sebagai dokter di Rumah Sakit, lulusan fakultas kedokteran juga bisa membuka praktik sendiri.  

 

5. Engineering atau Jurusan Teknik Mesin

Peluang kerja untuk lulusan jurusan teknik mesin ini sangat banyak dan akan terus bertambah di masa mendatang. Teknik mesin merupakan ilmu yang mempelajari aplikasi dari prinsip fisika untuk desain mesin, manufaktur, analisis suatu mesin, dan pemeliharaan sebuah sistem mekanik yang ada.

Seperti kita ketahui, ada berbagai mesin yang digunakan untuk membantu kehidupan kita sehari-hari. Contohnya adalah mesin pabrik, kendaraan motor, dan lain sebagainya.

Itulah sebabnya, para lulusan teknik mesin ini akan sangat dibutuhkan oleh perusahaan – perusahaan besar. Di dalam dunia kerja, permintaan insinyur profesional ataupun lulusan jurusan teknik mesin memang meningkat setiap tahunnya.  Hal itu tidak lain karena jurusan teknik selalu lekat dengan perusahaan ataupun industri. Mulai dari infrastruktur, mesin untuk efisiensi, manufaktur, sistem manajemen industri, telekomunikasi, robotik, hingga energi, seluruh bidang tersebut memiliki keterkaitan dengan teknik mesin.

 

6. Jurusan Bisnis Digital

Jurusan bisnis digital merupakan ilmu terapan yang mengaplikasikan proses serta merancang suatu bisnis digital. Tujuan adanya program studi tersebut adalah untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang dapat menguasai bidang startup digital dan marketplace.

Materi yang diajarkan dalam jurusan bisnis digital antara lain adalah perpaduan dari bidang ilmu manajemen, tentang e-commerce, teknik informatika, sistem informasi, serta hukum bisnis.

Lulusan bidang ini akan memiliki prospek kerja menjadi seorang manager sebuah akun digital. Selain itu, kamu juga bisa menjadi seorang analisis bisnis digital atau menjadi seorang ahli di bidang bisnis digital.

Jadi sahabat entrepreneur, itulah keenam jurusan yang paling dibutuhkan di dunia kerja. Perusahaan yang baik untuk karyawannya biasanya ada 2 jenis, yakni stepping stone atau settlement. Ada yang bersifat bagus untuk loncatan karir, ada juga yang bagus untuk remunerasi tapi lebih cocok untuk pekerja yang sudah berpengalaman. Jadi, silahkan pikirkan dulu tujuan karir anda sebelum menentukan jurusan kuliah ya guys!

 

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here