Kenapa Lebih dari 50 % Orang Belum Praktek Ilmu Menabung?

0
166

Kenapa Lebih dari 50 % Orang Belum Praktek Ilmu Menabung?

Klik disini untuk melihat di YouTube

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa..!! Di video kali ini, saya akan membahas tentang ulasan video saya sebelumnya. Yaitu tentang “3 Cara Menabung” yang sudah ditonton 2 juta orang. Video ini ternyata secara tidak sadar bisa membuat masyarakat Indonesia mempunyai wawasan baru tentang cara menabung. Tetapi, yang akan saya komentari di video ini adalah : “Mengapa Lebih dari 50% orang belum mempraktekkan isi video tersebut?”.

“Pak Chandra, mengapa anda bisa mengatakan 50% lebih dari para subscriber tidak mempraktekkan isi video tersebut? Begini, sekarang silahkan anda buka di kolom community. Saya pernah menanyakan polling kepada para subscriber :

“Halo sahabat entrepreneur, jenis tabungan apa yang sudah anda tabung saat ini?” Disitu saya memberikan 5 pilihan. Yang pertama adalah bank (Rupiah), yang kedua logam mulia, yang ketiga adalah properti, yang keempat adalah saham reksa dana, dan yang kelima adalah ‘lainnya apa?’.

Lucunya, disini yang paling besar persentase orang mengatakan tabungan itu justru di Rupiah. Padahal di 3 cara menabung, saya tidak pernah mengajarkan untuk menabung di Rupiah. Tetapi bukan berarti saya tidak cinta Rupiah. Kita tetap perlu. Tetapi, disitu ada 3 cara yang sangat saya rekomendasikan.

Anda boleh menabung di Rupiah, tetapi persentasenya kecil. Bukan persentase yang paling besar. Sedangkan yang paling saya rekomendasikan disitu ada tiga. Yang pertama menabung logam mulia, yang kedua adalah menabung properti, dan yang ketiga adalah menabung saham. Simak penjelasannya di video tersebut : “3 Cara Menabung”. Lucunya, disini yang menabung logam mulia itu hanya 16%. Berarti hanya 16% yang mempraktekkan isi video tersebut.

Yang kedua, menabung properti ini paling minim, yaitu 7%.

Dan yang ketiga menabung saham atau reksa dana adalah 10%. Berarti dari para subscriber Success Before 30, hanya kurang dari 30% yang mempraktekkan isi dari video cara menabung yang saya rekomendasikan. Sedangkan yang paling banyak masih menabung Rupiah.

Mungkin saya tidak tahu apa alasan anda. Tetapi coba sebutkan di kolom comment. Saya ingin tahu apa alasan anda, mengapa anda menabung Rupiah lebih banyak. Apapun alasannya, saya mau mendengarnya. Jika ada comment-comment yang menarik, saya pasti akan membalasnya.

Kemudian, ada 8% disini yang memilih ‘lainnya apa?’. Setelah saya baca di kolom comment di bawah, ada lebih dari 300 comment. Ternyata yang paling banyak ‘lainnya’ itu adalah menabung kambing, sapi, dan sebagainya. Saya sih maklum, karena Indonesia ini adalah negara agraris. Jadi di pedesaan, apalagi masyarakat pedesaan memang tidak mengenal bank. Mereka lebih mengenal menabung kambing atau menabung sapi karena kambing dan sapi masih menguntungkan. Tetapi ini mungkin hanya cocok di kalangan pedesaan.

Berarti banyak penonton YouTube saya ini di kalangan pedesaan.

Dan anda mungkin punya habit itu turun temurun. Tetapi mungkin yang menabung logam mulia, kemudian menabung saham serta menabung properti memang digunakan untuk universal. Yang mana mungkin anda bukan dari kalangan pedesaan. Atau anda tidak tahu cara membeli sapi atau kambing.

Sedangkan saya menyarankan anda disini jika menabung Rupiah, kalau bisa anda coba alihkan ke 3 cara menabung itu tadi. Jadi, saya sangat merekomendasikan. Gunakanlah supaya nilai investasi anda akan terus berlipat ganda dengan cara yang sangat-sangat aman.

Disini saya juga akan membacakan beberapa comment. Contohnya comment dari Tri Nuriyah tentang menabung properti. “Uangku sementara dialokasikan untuk beli tanah. Ada nabung Dollar juga sih, soalnya sedang bekerja di luar negeri”. Ini pasti adalah sahabat kita di luar negeri yang bekerja menjadi Tenaga Kerja Indonesia atau BMI/TKI.

Kemudian, logam mulia.

Ini comment dari Ridho Aldi : “Karena itu yang bisa saya beli dari hasil mengumpulkan uang. Karena dalam sebulan, saya hanya bisa mengumpulkan uang kurang dari satu juta. Kira-kira 3 bulan lebih baru bisa membeli emas 2,5 gram. Maklum cuma anak buah kaki lima”. Loh, ini bagus sekali! Daripada uang anda hilang untuk hal-hal yang tidak jelas?

“Hanya saja untuk beli saham, saya kurang mengerti. Apakah ada aplikasi yang menerangkan tentang cara beli saham di internet, Pak Chandra? Makasih pak, sukses terus”. Cara menabung saham sudah saya jelaskan. Disitu saya memang tidak menjelaskan menabung saham dimana. Tetapi sebenarnya untuk menabung saham, anda bisa mencari di bank-bank terdekat.

Contohnya bank Mandiri bisa, bank BCA juga bisa. Atau memang ada juga perusahaan-perusahaan sekuritas yang menawarkan cara menabung saham. Disitu sebenarnya ada. Seperti bank Mandiri atau bank BCA juga ada. Jika di daerah anda tidak ada bank Mandiri, anda bisa cari bank BRI dan sebagainya. Pasti ada yang menawarkan sekuritas, seperti mandiri sekuritas dan sebagainya.

Disana anda akan diarahkan bagaimana cara untuk menabung saham.

Kalau aplikasi, sampai hari ini saya belum menemukan. Tetapi, pemerintah Indonesia memang sudah membuat suatu aplikasi dan sosialisasi. “Ayo menabung!”. “Mari menabung saham!”. Silahkan anda cek aplikasinya. Aplikasi itu cukup terpercaya. Yang penting, sudah didukung oleh IDX. Indonesia Stock Exchange. Disitu termasuk menabung saham.

Kemudian, ada juga comment disini dari Claudia Sugianto. “Saat ini saya dan suami sedang mencicil 2 properti setiap bulan, pak. (Bukan untuk tempat tinggal pribadi). Dan saya tetap berusaha untuk menambah deposito di bank”. Ini salah satunya. Mungkin instrumen investasinya dipecah-pecah. It’s OK. Yang penting ada propertinya.

“Kepingin juga untuk memulai investasi saham, tetapi belum berani karena kurang paham prosesnya. Belum ada mentor juga dalam bidang ini”. It’s OK. Yang terpenting ada pecah di 3 bidang tersebut. Itu sudah merupakan 3 cara menabung. Singkat kata, masih banyak comment-comment yang lain.

Singkat cerita, saya hanya ingin mengajak anda yang 59% persentasenya ini. Tolong anda alihkan investasi anda ke 3 cara menabung itu tadi. Niscaya, hasil investasi anda nanti akan meningkat. Terutama menabung logam mulia bagi yang pemula. Apalagi penghasilan anda 10 juta Rupiah ke bawah. Saya juga sudah buat videonya. Kemudian untuk properti, kalau bisa menabung, kalau memungkinkan cicilan itu bagus. Tetapi kalau tidak memungkinkan beli cash, bisa ditabung untuk suatu hari mungkin ada di pedesaan bisa beli sawah, beli kebun dan sebagainya.

Menabung saham juga sudah saya sebutkan tadi di awal.

Baik, senang sekali anda bisa merespon questioner yang saya berikan di kolom community. Dan terima kasih atas partisipasi anda. Semoga anda juga bisa turut berpatisipasi di questioner berikutnya, dan anda bisa mempraktekkan ilmu yang kami ajarkan. Dan itu adalah suatu hal yang positif bagi saya.

Baik, bila anda menyukai channel ini, jangan lupa klik subscribe. Dan jangan lupa loncengnya diaktifkan. Ada 2 video disini silahkan ditonton untuk menambah wawasan anda. Sukses untuk anda, salam hebat luar biasa..!!

Sahabat entrepreneur, di video kali ini, saya akan membahas tentang ulasan video saya sebelumnya. Yaitu tentang “3 Cara Menabung”.

Sahabat entrepreneur, di video kali ini, saya akan membahas tentang ulasan video saya sebelumnya. Yaitu tentang “3 Cara Menabung”.

Sahabat entrepreneur, di video kali ini, saya akan membahas tentang ulasan video saya sebelumnya. Yaitu tentang “3 Cara Menabung”. Video ini ternyata secara tidak sadar bisa membuat masyarakat Indonesia mempunyai wawasan tentang cara menabung. Tetapi, yang akan saya komentari di video ini adalah : “Mengapa Lebih dari 50 % belum mempraktekkan isi video tersebut?”.

Leave a Reply