Merasa Punya Mental yang Lemah? Cari Tahu 3 Pertanda Mental Lemah Disini!

0
1

 

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa!! Selamat datang di channel Success Before 30, channel yang konsisten memberikan edukasi serta motivasi untuk dunia bisnis dan kehidupan. 

Apakah anda merupakan salah satu orang yang memiliki mental lemah? Jadi, topik yang akan saya bahas kali ini adalah : “Merasa Punya Mental yang Lemah? Cari Tahu 3 Pertanda Mental Lemah Disini!”. Mari kita cek apakah anda memiliki mental lemah atau tidak disini. Jika anda memiliki mental lemah, semoga video ini bisa menyadarkan anda. Namun jika anda memiliki mental yang kuat, maka pertahankan..!!

Jadi, apa sajakah 3 pertanda tersebut?

Pertanda yang pertama adalah anda itu orangnya mudah baper.

Anda itu mudah baper, mudah tersinggung dan orangnya sensitif. Orang yang mentalnya lemah dan sensitif, maka ketika dia mendengar sedikit saja kata-kata negatif tentang dirinya, maka pasti dia pikirkan terus seharian. Bahkan, bisa-bisa dia kepikiran terus semalaman. Dia tidak bisa tidur sampai pagi menjelang.

Maaf, orang yang memiliki mental lemah seperti ini biasanya sulit sekali untuk meraih kesuksesan. Karena apa? Orang yang sukses itu selalu berpikir dan berjiwa besar. Orang yang sukses itu tidak mau mendengarkan apa kata orang lain yang mengganggunya. Atau lebih tepatnya, dia  tidak mempedulikan apa kata orang lain. Dia fokus pada prinsip yang dia kerjakan.

Getty Creative Stock image for Bullying Teens using wireless technology at school to bully classmate

Sedangkan orang yang mentalnya lemah, setiap hari dia akan mendengarkan apa kata orang lain. Jika dalam satu hari ada 10 orang berbeda yang menyampaikan pendapat yang berbeda pula terhadap anda, pada akhirnya anda akan kebingungan. Karena setiap ada teman yang nyeletuk begini begitu, anda langsung kepikiran. Itu karena anda adalah orang yang sensitif. Bagi anda yang mudah tersinggung dan sensitif, silahkan tulis di kolom comment. saya doakan semoga anda tidak lagi menjadi orang yang gampang tersinggung dan mental kalian menjadi lebih kuat.

Ingat, orang yang mentalnya kuat adalah orang yang bisa mengatasi kelemahan mentalnya. Setiap hari dia berjuang melawan kerapuhan mentalnya, hingga akhirnya dia memiliki mental yang kuat.

Anda datang ke channel SB30 ini bukanlah sebuah kebetulan. Anda menonton channel SB30 ini karena anda ingin sukses sebelum usia 30, bukan? Jika anda mau, percaya pada saya.. Anda harus menata pondasi mental anda agar bisa menjadi lebih kuat dan lebih dewasa setiap harinya.

Lalu pertanda yang kedua adalah mudah terpengaruh atau mudah dipengaruhi.

Contohnya ketika teman anda merokok, anda juga ikut-ikutan merokok. Alasannya, “Nanti saya dikatain sombong kalau gak ikut merokok..”. Ketika teman anda minum alkohol, anda juga ikut-ikutan minum alkohol. Ketika teman anda dugem sampai pagi, anda juga ikut-ikutan dugem. Alasannya :

“Kalau gak ikutan, nanti saya gak punya teman lagi”.

Jadi ketika teman anda berbuat sesuatu yang tidak benar, anda juga ikut-ikutan berbuat sesuatu yang tidak benar. Dan ketika teman anda menggosikan orang lain, anda juga ikut-ikutan menggosip. Itu artinya, anda tidak punya prinsip. Sedangkan orang yang mentalnya kuat adalah mereka yang memiliki prinsip ‘tidak mudah terpengaruh’ di dalam hidupnya.

Orang yang mudah terpengaruh itu artinya memiliki mental yang lemah. Dan orang yang mentalnya lemah itu tidak bisa memimpin, dia itu harus selalu dipimpin. Orang yang mentalnya lemah itu seumur hidupnya akan selalu dijajah. Dia tidak bisa membuka pasar, tidak bisa visioner, dan tidak bisa menjadi leader, karena dia selalu dikendalikan oleh orang lain. Dia tidak bisa mengontrol dan mengendalikan orang lain. Disitulah perbedaannya.

“Apakah kita bisa melatihnya agar mental kita menjadi kuat, pak? Lalu, bagaimana cara untuk melatih mental?”

Tentu saja bisa. Pohon saja apabila akarnya diberi pupuk secara teratur, akarnya bisa menjadi kuat. Dengan begitu, pohon tersebut akan tumbuh subur dan bisa berumur sampai puluhan tahun. Namun apabila akar pohon tersebut lemah, maka umur pohon tersebut pasti akan singkat. Begitu pula dengan mental. Intinya, filosofi akar ini sama dengan mental kita. Jika kita tidak pernah memberikan pupuk kepada mental kita, niscaya ‘pohon mental’ tersebut akan tumbang karena digerogoti terus. Jika unsur haranya tidak ada, maka lama kelamaan pohon tersebut akan hancur.

Lalu pertanda yang ketiga adalah tidak suka disalahkan.

Jadi ketika ada kesalahan, anda justru melempar tanggung jawab dan melemparkan kesalahan tersebut pada orang lain. Jika dia adalah orang yang bermental kuat, maka dia pasti akan maju dan berkata : “Ini kesalahan saya”. Ini adalah contoh sifat seseorang yang gentleman. Anda berani seperti ini atau tidak?

Saya pernah membuat sebuah konten di Instagram. Di sebuah tempat latihan taekwondo, ada seorang anak kecil yang tidak bisa mematahkan sebuah papan kayu di depannya. Akan tetapi, tidak ada seorangpun temannya yang menertawakannya. Namun beda ceritanya jika hal ini terjadi di Indonesia. Saya yakin, pasti semua temannya akan menertawakan dan membully dia. Justru teman anak tersebut memberinya support : “Ayo, kamu pasti bisa..!!”

Anda bisa tonton video ini di Instagram saya. Ketika dia melihat teman-temannya mendukungnya, diapun menangis. Dia merasa malu karena tidak bisa mematahkan papan kayu tersebut. Namun karena dia mendapatkan dukungan moral dari teman-temannya, akhirnya dia mampu mematahkan papan kayu tersebut.

Intinya, mental itu bisa dilatih. Jadi bagi adik-adik yang memiliki mental lemah dan rapuh, semoga video ini bisa menguatkan mental anda. Namun, mental yang kuat itu tidak dibangun hanya dalam waktu sehari. Anda harus membangunnya setiap hari. Dan ketika mental anda ditempa oleh masalah, anda jangan melarikan diri dari masalah tersebut. Hadapi masalah tersebut, dan tunjukkan tanggung jawab anda : “Ini kesalahan saya”.

Anda harus maju paling depan. Seorang pemimpin itu bukanlah seseorang yang berada di belakang sambil berteriak agar seluruh pasukannya maju. Namun pemimpin sejati adalah dia yang berada di posisi paling depan untuk memimpin pasukannya. Jadi, anda harus berani mengambil sebuah tanggung jawab. Niscaya, setiap harinya mental anda akan semakin bertambah kuat.

Demikian sahabat entrepreneur sharing saya kali ini. Selamat mencoba, dan saya doakan semoga anda bisa memiliki mental yang kuat. Semoga apa yang saya jelaskan dapat anda pahami, dan sukses selalu untuk anda semua para sahabat SB30. Jangan lupa klik subscribe, dan jangan lupa loncengnya diaktifkan. Salam hebat luar biasa..!!

Merasa Punya Mental yang Lemah? Cari Tahu 3 Pertanda Mental Lemah Disini!

Merasa Punya Mental yang Lemah? Cari Tahu 3 Pertanda Mental Lemah Disini!

Apakah anda merupakan salah satu orang yang memiliki mental lemah? Jadi, topik yang akan saya bahas kali ini adalah : “Merasa Punya Mental yang Lemah? Cari Tahu 3 Pertanda Mental Lemah Disini!”. Mari kita cek apakah anda memiliki mental lemah atau tidak disini. Jika anda memiliki mental lemah, semoga video ini bisa menyadarkan anda. Namun jika anda memiliki mental yang kuat, maka pertahankan..!!

Jadi, apa sajakah 3 pertanda tersebut?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here