Review di Balik KEMENANGAN TIM NASIONAL INDONESIA AFF U – 22 2019 !

0
2

<iframe width=”560″ height=”315″ src=”https://www.youtube.com/embed/pOqGB5tqWkY” frameborder=”0″ allow=”accelerometer; autoplay; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture” allowfullscreen></iframe>

Klik disini untuk melihat videonya

Sahabat SB30, salam hebat luar biasa..!! Di edisi kali ini saya gembira banget, seneng banget..! Mengapa? Karena akhirnya timnas sepakbola Indonesia juara piala AFF U-22..! Mari kita tepuk tangan sama-sama..!! Congratulations adik-adikku, anda sangat membanggakan bangsa Indonesia. Anda sangat luar biasa..!!

Sebelum saya review timnas U-22, nomor satu jangan lupa subscribe. Jangan lupa nyalakan loncengnya, karena subscribe itu gratis..!! Dan saya akan review betapa hebatnya tim ini di bawah asuhan pelatih bertangan dingin, yaitu coach Indra Sjafri.

Jadi sebetulnya ceritanya begini.. Saya ini dulunya mantan atlet. Jadi tentu saja jika saya melihat saudara-saudara kita berjuang, apalagi yang namanya membela negara Indonesia, pasti saya jadi yang nomor satu melihat. Maklum, karena saya mantan atlet. Apalagi keluarga saya juga keluarga atlet.

Kakak saya dulunya adalah atlet timnas berenang Indonesia di era tahun 80’an. Jadi, darah atlet itu masih terbawa. Jadi sampai sekarang jika ada berita-berita tentang ‘atlet Indonesia yang bertanding ke luar negeri’, entah itu cabor apapun, pasti saya dukung.

Kemarin di ASIAN GAMES saya juga mendukung sampai Indonesia bisa juara empat. Karena itulah sesuatu yang berbau olahraga, di video-video saya ada banyak sekali contoh-contoh tentang atlet olahraga. Bicara tentang timnas AFF U-22 ini, saya turut berbangga. Mengapa?

Karena kita tahu bahwa akhir-akhir ini PSSI mengalami cobaan yang besar.

Ketua umumnya mengundurkan diri, kemudian terbongkarnya kasus mafia, kemudian PLT’nya bapak Joko Driyono juga harus terkena kasus. Intinya, sekarang organisasi PSSI sedang carut marut. Dan sepertinya memang daridulu begitu.

Memang olahraga yang baik, olahraga yang dicintai bangsa ini sangat disayangkan karena di dalamnya berisi orang-orang yang “gak bener”. Sehingga kasihan sekali. Karena olahraga inilah yang bisa menjadi mata pencaharian bagi adik-adik kita di bangsa ini. Apalagi mereka itu disuguhi bintang-bintang bola yang begitu sukses.

Dan kita tidak bisa memungkiri bahwa fanatisme sepak bola di Indonesia ini sedemikian luar biasa.

Coba kita lihat, stadion bola mana yang pernah kosong? Bahkan di piala AFF saja, stadion yang paling rame pasti adalah stadion di Indonesia. Thailand aja kalah rame. Malaysia aja kalah rame. Indonesia inilah yang paling ‘ngeri’.

Saya mengikuti sepak terjang AFF ini sejak tahun 90’an. Dan kita tahu, bahwa Indonesia itu terakhir menjadi juara itu di SEA Games pada tahun 1991. Saya masih ingat, waktu itu usia saya sudah 15 tahun. Dan saya suka mengikuti olahraga sepakbola. Dan itulah terakhir kali Indonesia membawa medali emas. Setelah itu, timnas senior tidak pernah menang lagi. Sampai hari ini. Di SEA Games, maupun AFF. Miriis sekali kayaknya, timnas senior kita. Dan sudah puluhan tahun menunggu, tidak kunjung menang.

Tetapi tiba-tiba di tahun 2013 yang lalu, di Sidoarjo timnas U-19 di bawah asuhan coach Indra Sjafri berhasil meraih juara pertama. Waktu itu saya menonton di final, adu penalti dengan Vietnam dengan skor 7-6. Waktu itu saya berada di Manado. Saya nonton di pinggir jalan sambil jerat-jerit.

Waah, seneng banget..! Karena Indonesia sempat ketinggalan penalti, tetapi akhirnya menyusul dan menang.

Saat itu saya benar-benar terharu. Kita lihat waktu itu juga ada pemain-pemain timnas senior seperti eranya Evan Dimas, Ilham Udin Armaiyn dan sebagainya. Adik-adik kita itu luar biasa sekali. Dan tahun lalu di 2018, Indonesia juga dikejutkan dengan timnas U-16 yang akhirnya kembali menjuarai di piala AFF, di bawah asuhan coach Fakhri Husaini. Jadi, waktu itu U-16 menjadi juara di piala AFF.Keren.. Dan juga juara ketika di Sidoarjo.

Jadi untuk kedua kalinya, Indonesia menjadi juara piala AFF. Tetapi di kategori usia junior, U-19 di tahun 2013, dan U-16 di tahun 2018 yang lalu. Di tahun 2019 ini, ketika organisasi PSSI sedang carut marut, kita dilegakan dengan menjadi juaranya timnas AFF U-22. Lagi-lagi di bawah asuhan coach Indra Sjafri. Dan ini adalah berita yang sangat menggemparkan. Dan juaranya bukan di kandang, tetapi di Kamboja. Congratulations, anda keren..! Congratulations, you are great..!

Dan yang membuat saya salut, anda bisa lihat pemberitaan di detik.com dan sebagainya. Kemenangan kali ini tanpa pemain naturalisasi. Itu yang bikin keren. Dan semua pemainnya adalah putra-putra bangsa terbaik di tanah air. Dan yang sangat mengagumkan lagi, para pemain ini berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Saya ambil satu contoh, seperti Witan Sulaiman. Ia berasal dari Sulawesi. Kota Palu. Kita lihat, seperti Tod Ferre, Marinus Wanewar, dan Osvaldo Haay asalnya dari Papua. Wah, keren..! Kemudian Kadek Agung, dari Bali. Saya tidak bisa menyebutkan satu per satu. Yang lain ada yang dari Jawa, dari Sumatra, ada yang dari Kalimantan. Hal ini sungguh sangat membahagiakan.

Hal ini menunjukkan bahwa bangsa kita adalah bangsa yang besar.

Apabila bangsa kita bersatu, dari Sabang sampai Merauke tanpa pemain naturalisasi, maka Indonesia bisa berjaya dan meraih kesuksesan. Dan hal ini yang membuat saya salut. Saya terharu. Saya menonton sambil menangis karena mereka begitu luar biasa.

Saya ucapkan selamat juga untuk Bapak Menpora, Pak Imam Nahrawi sahabat saya. Anda luar biasa..!! Pak Menpora kembali membanggakan di era kepemimpinan bapak. Timnas Indonesia juara 2 kali. U-16 dan U-19. You are great..! Congratulations!!

Di Asian Games pun mendapatkan peringkat empat. Ini adalah suatu prestasi yang membanggakan. Dan untuk adik-adikku, jangan cepat puas diri, jangan menjadi sombong. Karena ini adalah sebuah kemenangan awal. Perjalanan masih panjang, karena ini barulah tim junior. Kita belum meperbaiki Indonesia di peringkat senior. Belum dihitung FIFA.

Jadi kalau bisa, anda adalah calon-calon pemain timnas nasional Indonesia berikutnya.

Untuk adik-adikku, teruslah berjuang. Indonesia hebat jika kita Bhinneka Tunggal Ika. Indonesia hebat jika kita bersatu dari Sabang sampai Merauke. Di bawah coach yang hebat, Indra Sjafri, indonesia akan menjadi luar biasa..!!

Semoga tim ini terus berkembang di masa yang akan datang. Saya doakan Indonesia menjadi lebih hebat dan luar biasa..! Sekali lagi, congratulations timnas AFF U-22 di tahun 2019 ini. You are great..! Salam hebat luar biasa..! Dan jangan lupa subscribe, serta loncengnya diaktifkan. Thank you..!

Review di Balik KEMENANGAN TIM NASIONAL INDONESIA AFF U - 22 2019 !

Review di Balik KEMENANGAN TIM NASIONAL INDONESIA AFF U - 22 2019 !

Sahabat SB30, salam hebat luar biasa..!! Di edisi kali ini saya seneng banget karena akhirnya timnas sepakbola Indonesia juara piala AFF U-22..! Congratulations adik-adikku, anda sangat membanggakan bangsa Indonesia. Anda sangat luar biasa..!!

 Dan pada kesempatan kali ini, saya akan review betapa hebatnya timnas U-22 ini di bawah asuhan pelatih bertangan dingin, yaitu coach Indra Sjafri.

Leave a Reply