Selesaikan Apa yang Anda Mulai

0
1

Klik disini untuk melihat di YouTube

Kali ini saya akan membahas sebuah topik tentang : “Selesaikan apa yang telah anda mulai”.

Baik, apa maksud dari topik ini? Topik ini mengajarkan kepada kita untuk bertanggung jawab terhadap apa yang sudah kita mulai. Kita sudah  terbiasa memulai sesuatu. Mungkin kita sudah biasa memulai suatu pelajaran di sekolah. Tetapi ketika kita menemui kesulitan, ketika kita menemui halangan, kita akhirnya mudah menyerah. Kita akhirnya mudah putus asa. Dan akhirnya kita dengan gampangnya berkata, “sudah, saya akui saya menyerah”.

Akhirnya lama-kelamaan ketika anda memulai sebuah pelajaran, mungkin memulai sebuah perkuliahan, anda terbiasa untuk tidak menyelesaikannya. Contoh ketika anda memulai sebuah kursus. Di tengah jalan ketika anda mempunyai masalah, anda tidak menyelesaikan kursus tersebut.

Ini adalah masalah mental ketika anda tidak terbiasa menghadapi sebuah masalah, dan anda tidak terbiasa menyelesaikan apa yang sudah anda mulai. Karena apa? Karena apapun yang anda kerjakan tidak ada yang selesai.

Ingat sebuah pepatah.

Mengerjakan sesuatu itu harus ada awal, harus ada akhir.

Lihat disini. Ada pagi, ada malam. Ada awal harus ada akhir. Jangan cuma ada awal tapi tidak ada akhir.

Sahabat entrepreneur, terkadang kita harus belajar pada anak kecil. Anda semua pasti pernah menjadi anak kecil. Anda lihat anak kecil, mereka tidak banyak berpikir. Ketika mereka lahir mereka tidak bisa bicara. Tapi akhirnya mereka bisa bicara. Apakah ketika mereka tidak bisa bicara lantas mereka “saya tidak mau bicara”, tidak. Anak kecil tidak banyak berpikir. Ketika mereka tidak bisa berjalan, mereka akan belajar berjalan. Entah berapa kali dia jatuh, entah berapa kali dia tersungkur. Tapi akhirnya dia bangkit kembali dan berjuang kembali. Kita harus belajar pada pribadi anak kecil. Dan saya percaya anda juga pasti pernah menjadi anak kecil.

Sebetulnya di dalam hidup anda, anda sudah sering menyelesaikan apa yang anda mulai. 

Tidak mungkin ‘kan dulunya ketika anda tidak bisa duduk, awalnya dari merangkak tiba-tiba langsung berlari? Anda pasti mengalami proses merangkak dulu, duduk dulu, berjalan dulu, baru akhirnya anda bisa berlari. Mungkin dulu anda tidak bisa bersepeda. Tapi anda jatuh beberapa kali dan akhirnya anda bisa bersepeda.

Ini adalah masalah mental, sahabat entrepreneur. 

Jadi seorang entrepreneur juga sama. Ketika anda ada tantangan, ada masalah, ada problem dalam bisnis anda, dalam kehidupan anda, jangan mudah menyerah.

Mungkin itu dalam pernikahan anda juga, jangan mudah menyerah. Mari masalah itu dihadapi bersama. Saya percaya kalau anda menghadapi segala sesuatu bersama, kemudian dipecahkan bersama, di”meeting”kan bersama, dirembuk bersama dengan anggota tim anda, kesulitan apapun itu pasti bisa berlalu.

Seperti yang saya tulis di dalam buku “Badai Pasti Berlalu”, anda bisa lihat kisah saya. Saya mempunyai satu kelemahan. Apa yang saya mulai pasti harus saya selesaikan. Oleh sebab itu, saya pantang untuk menyerah sebelum bel tanda ronde terakhir berbunyi, saya tidak akan mengakhiri sebuah pertandingan.

Kalau anda hari ini ingin sukses dalam hidup anda, dalam bisnis anda, dalam karir anda, satu kata kuncinya :

“Selesaikan Apa yang Anda Mulai”.

Itu pesan saya pada hari ini dari saya Chandra Putra Negara.

Bila tips ini bermanfaat untuk anda, silahkan share, bagikan kepada teman-teman anda untuk menginspirasi hidup mereka.

Sukses untuk anda, salam hebat luar biasa !!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here