Untuk ANAK SMA / SMK ! Tontonlah Video Ini Jika Anda Mau SUKSES HADAPI UNAS ( UJIAN NASIONAL ) !!

0
5

<iframe width=”560″ height=”315″ src=”https://www.youtube.com/embed/8kpLMl35hM0″ frameborder=”0″ allow=”accelerometer; autoplay; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture” allowfullscreen></iframe>

Klik disini untuk melihat videonya

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa..!! Video kali ini saya tujukan untuk adik-adik yang belum menghadapi UNAS, belum lulus SMA. Saya ingin memberikan nasehat melalui video ini.

Tetapi bagi adik-adikku yang menonton video ini, nomor satu jangan lupa subscribe supaya adik-adik bisa menonton video ini terus dan juga channel ini. Supaya adik-adik termotivasi berkesinambungan dan mindset adik-adik bisa berubah. Serta jangan lupa aktifkan dulu loncengnya, dan akan saya bahas setelah yang satu ini.

Bagi adik-adik yang saya cintai, hari ini saya juga ingin sharing tentang pengalaman saya pribadi sewaktu dulu saya menghadapi UNAS. Semoga pengalaman saya ini berguna bagi adik-adik yang gelisah dan cemas menghadapi UNAS. Inilah yang ingin saya sharing. Terutama yang nomor satu : UNAS itu seringkali menjadi momok bagi sebagian besar adik-adik yang takut tidak lulus, takut membebani dan sebagainya.

Jadi begini adik-adik, bagi anda yang menonton video ini. Saya ingin berpesan bahwa sebetulnya UNAS itu tidak semenakutkan yang anda pikirkan. UNAS memang menjadi salah satu tolak ukur anda untuk lulus atau tidak. Tetapi, percayalah bahwa hidup itu bukan hanya masalah UNAS. UNAS itu hanya salah satu step dalam hidup yang perlu anda lewati.

Tetapi, di dalam hidup UNAS yang sebenarnya itu masih banyak di masa depan. Bukan hanya UNAS yang besok akan berlangsung itu. Setelah nanti anda berusia 18 tahun, 20 tahun, 25 tahun, maka banyak ‘UNAS-UNAS’ yang jauh lebih berat. Itulah yang ingin saya sampaikan kepada adik-adik.

Adik-adik seringkali berpikir bahwa ‘ini adalah UNAS terberat dalam hidup saya’. Bahwa ‘ini adalah usia yang paling mencemaskan buat saya’. Membuat anda tidak bisa tidur di malam hari.  Membuat anda stress di malam hari.  Anda salah.

Sebetulnya, anda tentu sering mendengar bahwa anda harus ikut lembaga bimbingan belajar, anda harus ikut les sana-les sini, belajar dari senior, bahkan belajar dari teman-teman anda yang nilainya lebih bagus. Itu memang saran yang baik. Ada juga beberapa saran lainnya. Disini ada 4 saran yang bisa anda ikuti.

Saran yang pertama jika anda akan menghadapi UNAS yang nomor satu itu semuanya sama. Jika anda akan menghadapi ujian, harus ada yang namanya persiapan yang baik. Jadi, adik-adik harus punya persiapan. Dan anda tidak perlu takut. Kuncinya apa? Jika persiapan anda sudah bagus, mengapa anda harus takut? Anda boleh khawatir jika anda tidak belajar. Tetapi ‘kan persiapan anda sudah baik. Materi ujian yang akan keluar besok sudah anda kuasai. Perbanyak latihan soal. Latihan soal itu harus diperbanyak.

Karena saya ini mantan guru, jadi saya juga tahu bagaimana cara mengatasi murid-murid saya yang cemas menghadapi UNAS. Seringkali saya menenangkan melalui video ini. Jadi, inilah yang saya ajarkan pada murid-murid saya. Rata-rata murid saya berhasil lulus UNAS dengan nilai memuaskan.

Jadi, ini adalah pengalaman saya pribadi. Saya ini qualified untkuk membahas video kali ini. Karena saya adalah mantan guru. Dan banyak murid-murid saya yang nilainya itu di ambang batas. Hampir remidi berkali-kali. Setelah saya bimbing, akhirnya ia bisa lulus dengan nilai memuaskan. Bahkan tidak sampai tidak naik kelas.

Nomor satu adalah persiapan. Jadi harus intensif. Anda harus berlatih. Mengerjakan latihan soal tahun-tahun yang lalu, apa yang diajarkan oleh guru anda, soal UNAS-UNAS tahun lalu harus anda kuasai semua. Jika anda sudah latihan soal cukup banyak, harusnya anda tidak perlu khawatir.

Yang kedua adalah jangan lupa untuk istirahat yang cukup. Karena apa? Karena memang latihan yang baik itu bisa membuat anda lebih tenang. Jadi, istirahat yang cukup itu penting. Karena apa? Karena apabila esoknya anda mengerjakan ujian dengan mengantuk, lelah, capek, maka otomatis konsentrasi anda akan menurun.

Yang ketiga, adik-adik jangan menggunakan sistem SKS, Sistem Kebut Semalam. Siapa disini yang suka pakai sistem SKS? Coba sebutkan pada kolom comment di bawah. “Waduh, saya pakai sistem SKS pak. Saya jadi stress. Saya suka kebut semalam, jadi malam sebelum ujian baru saya kebut semalaman”. Kalau bisa, biasakan jangan SKS. Persiapan itu penting.

Jadi 2 minggu sebelum UNAS atau 1 bulan sebelum UNAS, atau bahkan 3 minggu sebelum UNAS, anda harus sudah mempersiapkan. Justru dalam 1 minggu-2 minggu terakhir anda gak belajar berat. Anda  tinggal mengulang-ulang saja dengan santai. Rileks aja, sambil nonton channel YouTube san sebagainya. Hal itu membuat suasana hati anda happy. Dan yang terpenting, anda sudah punya persiapan yang cukup.

Dan yang keempat ini penting. Jangan terlalu mendengarkan kata-kata teman yang negatif dan pesimis. Seringkali kita mendengarkan kata-kata teman yang negatif : “Aduh, gimana ya kalau di ujian ini kita gak lulus?”. “Aduh, gimana ya kalau besok soal yang kita pelajari gak keluar?”.

Kata-kata seperti itu seringkali membuat anda menjadi down. Tidak perlu. Jika anda sudah cukup persiapan, percaya diri aja. Itu yang paling penting. Apalagi mungkin bagi adik-adik yang di SMK, anda mungkin takut dengan yang namanya LSP atau Lembaga Sertifikat Profesi. Mungkin bagi anda itu adalah ‘UNAS yang lebih UNAS’. Sehingga anda merasa lebih takut.

Silahkan tuliskan di kolom comment bagi anda yang SMK, apakah anda takut dengan Lembaga Sertifikat Profesi? Kalau hal itu, mungkin anda harus kerja kelompok bersama teman-teman dan harus optimis kalau suatu hari Lembaga Sertifikat Profesi itu setelah anda tamat akan sangat berguna untuk anda sertifikasi. Agar anda mudah mencari kerja dan sebagainya.

Jadi intinya adik-adik, mau itu UNAS atau LSP, poin saya satu : “Segala sesuatu itu harus ada yang namanya persiapan, istirahat yang cukup, jangan SKS, dan jangan dengarkan kata-kata teman yang pesimis atau negatif”. Itulah empat nasehat saya.

Dan yang terakhir, nasehat yang kelima ini sangat penting. Yaitu adik-adik harus belajar TENANG. Saya ulangi, tenang. Cari video-video saya di channel Success Before 30. Ada banyak renungan di malam hari yang dapat menenangkan adik-adik semua.

Jika anda bisa lebih tenang, lebih rileks, lebih banyak bersyukur, niscaya persiapan yang anda lakukan dengan empat persiapan di atas yang maksimal, niscaya anda akan lulus UNAS. Bahkan dengan nilai yang memuaskan.

Jadi, itulah tips dari saya. Itulah pengalaman saya pribadi ketika saya dulu memberikan pendidikan ataupun memberikan les/bimbingan kepada adik-adik supaya adik-adik bisa lulus dengan nilai yang baik.

Semoga video kali ini bisa menjadi inspirasi. Dan jangan lupa tuliskan di kolom comment jika anda sudah lulus UNAS. Saya ingin membaca komentar anda semua jika anda lulus UNAS dengan nilai memuaskan setelah menonton video ini. Hal itu akan menjadi inspirasi yang baik bagi teman-teman yang menonton channel ini.

Dan terima kasih sudah mengunjungi channel Success Before 30. Semoga channel ini selalu menjadi sahabat terbaik anda, agar channel ini bisa menuntun anda. Bukan cuma di sekolah, tetapi sampai suatu hari anda bekerja, bahkan suatu hari anda bisa mempunyai bisnis dan berwirausaha.

Apapun karir anda, apapun yang anda kerjakan, semoga channel ini selalu mendampingi hidup kalian agar hidup anda selalu hebat dan luar biasa. Demikian video saya kali ini. Jangan lupa klik subscribe dan loncengnya diaktifkan untuk terus support channel ini menjadi channel yang edukatif, dan yang terbesar mungkin bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di Asia dan di seluruh dunia. Dan mari sama-sama kita ucapkan salam hebat luar biasa..!

 

Untuk ANAK SMA / SMK ! Tontonlah Video Ini Jika Anda Mau SUKSES HADAPI UNAS ( UJIAN NASIONAL ) !!

Untuk ANAK SMA / SMK ! Tontonlah Video Ini Jika Anda Mau SUKSES HADAPI UNAS ( UJIAN NASIONAL ) !!

Sahabat entrepreneur, video kali ini saya tujukan untuk adik-adik yang belum menghadapi UNAS, belum lulus SMA. Saya ingin memberikan nasehat melalui video ini. Jadi, judul kali ini adalah : Untuk ANAK SMA / SMK ! Tontonlah Video Ini Jika Anda Mau SUKSES HADAPI UNAS ( UJIAN NASIONAL ) !!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here