Usia 16 Tahun Produksi 4 Film Nasional – BOCAH SAKTI ft Wilson Tirta. “BONGKAR!!”

0
10

Usia 16 Tahun Produksi 4 Film Nasional – BOCAH SAKTI ft Wilson Tirta. “BONGKAR!!”

Klik disini untuk melihat di YouTube

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa..!! Jumpa lagi di edisi kali ini. Saya akan mewawancarai seorang tokoh dengan edisi berjudul : “BONGKAR!!”. Di edisi  “BONGKAR!!” kali ini, saya mendatangkan seorang tokoh. Kalau dulu biasanya saya mendatangkan tokoh yang usianya sudah mendekati 30 atau bahkan lebih, kali ini ‘special’. Karena saya kedatangan seorang “anak-anak”. Mengapa saya katakan dalam tanda kutip? Karena beliau ini baru berusia 16 tahun dan bernama Wilson. Yaitu Wilson Tirta..!!

W : “Apa kabar, pak?”

C : “Kabar saya selalu hebat luar biasa! Dan di edisi kali ini, kita akan mendengarkan kisah. Bagaimana seseorang yang baru berusia 16 tahun ini, tetapi beliau sudah bisa menjadi seorang producer film. Kita saksikan setelah yang lewat satu ini..!!

C : “Apa kabar, Wilson?”

W : “Baik, Pak Chandra!”

C : “Kalau di channel kita, salamnya adalah : ‘Salam hebat luar biasa!’. Bisa ikuti saya? Salam hebat luar biasa..!”

Baik.

Pada kesempatan kali ini, saya tertarik untuk mendatangkan beliau di channel Success Before 30 karena menurut saya kisahnya cukup unik.

Jadi kita akan sedikit belajar dari Wilson. Khususnya bagi adik-adik yang menonton channel ini. Anda bisa belajar kisah inspiratif dari seorang Wilson. Wilson, boleh diceritakan sedikit? Dulu waktu kecil itu sekolahnya dimana, lahir dimana sampai usia 10 tahun? Kira-kira boleh diceritakan?”

W : “Dulu saya lahir di Surabaya. Pada tanggal 11 Mei 2002. Dulu awal mulanya saya difoto dulu. Waktu itu masih usia 8 bulan. Jadi, ikut kompetisi foto di Fujifilm ‘Balita Bintang’.

C : “Untuk tabloid ‘Bintang’ ya?”

W : “Di Fujifilm ‘Balita Bintang’.”

C : “Di Fujifilm ‘Balita Bintang’. Itu zaman dahulu ya, tahun 2002.”

W : “Waktu itu saya menang, juara satu. Waktu itu, ceritanya di dalam foto itu saya dimasukkan ke dalam panci. Sehingga waktu itu di Fujifilm periode berikutnya, waktu itu semua fotonya rata-rata dimasukkan ke dalam panci semua. Awal mulanya dari situ. Hingga akhirnya setelah menang lomba ‘Fujifilm Balita Bintang’, akhirnya saya menang di lomba-lomba lainnya.”

C : “Setelah itu apa lagi? Setelah ikut lomba foto di usia 8 bulan, lalu sekolah biasa seperti anak-anak pada umumnya?”

W : “Saya sekolah biasa.”

C : “SD dimana waktu itu?”

W : “Di Surabaya. Nama sekolahnya Godwins School.”

C : “Berarti sekolah biasa ya.. Lulus SD sampai SMP juga sekolah biasa?”

W : “SMP kelas 1 dan 2 itu di Gloria, Surabaya. Tepatnya di Pakuwon. Setelah itu, SMP kelas 3 sampai SMA kelas 2 sekarang ini Wilson masih di homeschooling Primagama.”

C : “Jadi, sekarang Wilson memutuskan untuk homeschooling. Jadi, tidak lagi sekolah di sekolah formal. Tetapi beliau memilih homeschooling. Dan sekarang, setera dengan SMA kelas 2 ya di homeschooling Primagama?

Jadi sahabat entrepreneur, ternyata adik Wilson ini memilih untuk homeschooling. Reason’nya kenapa kok sampai memilih homeschooling? Ini boleh diceritakan?”

W : “Apa alasannya memilih homeschooling? Sebetulnya, sekolah formal yang dulu itu tidak mengizinkan untuk ‘izin’ terus-terusan. Namun, rasanya ‘kan memang gak enak. Yang namanya tugas kelompok, teman-teman yang ngerjain. Saya gak ngerjain. Rasnya gak enak. Jadi, saya memutuskan untuk homeschooling.”

C : “Kalau homeschooling lebih santai ya, karena tidak formal.”

W : “Ya. Dan juga bagi waktunya bisa lebih banyak untuk belajar life skill’nya.”

C : “Untuk belajar life skill. Kata kuncinya adalah life skill. Jadi ternyata, Wilson merasa dengan homeschooling ini Wilson bisa lebih mengembangkan bakatnya Wilson. Wilson itu hobinya apa sih?”

W : “Hobi saya awalnya itu fotografi. Sampai sekarang masih hobi foto dan travelling.”

C : “Anak-anak muda zaman sekarang ‘kan memang suka banget ya foto dan travelling. Jadi Wilson itu kalau saya perhatikan disini, usia 10 tahun Wilson itu mulai belajar berjualan ya. Seperti persewaan pensil, jual hamster, lalu jualan Hot Wheels. Mobil-mobilan itu ya?”

W : “Ya, benar.”

C : “Lalu, waktu itu sampai terima jasa foto teman-teman. Istimewa banget.. Jadi, ternyata ‘otak bisnis’nya itu sudah ada sejak usia 10 tahun. Keren banget..

Jadi bagi adik-adik yang nonton channel ini, anda boleh mengikuti jejaknya Wilson.

Yaitu sudah mulai berwirausaha sejak dini. Bisnis terima jasa foto teman-teman itu sampai usia 13 tahun ya..?”

W : “Cuma sampai umur 12 tahun.”

C : “Sampai umur 12 tahun yaa.. Dan akhirnya, kapan Wilson terjun sebagai seorang producer film?”

W : “Awal saya  terjun di dunia perfilman itu kira-kira umur 14 tahun.”

C : “Jadi ternyata, Wilson memutuskan untuk homeschooling itu karena punya reason. Beliau lebih ingin mengembangkan talent beliau, bakat beliau, karena beliau tahu bahwa bakat beliau adalah di dunia fotografi atau dunia film/sinematografi. Seperti itu ya.. Itulah yang menjadi passion’nya Wilson. Dan akhirnya, di usia 14 tahun mulai memproduksi film. Film apa yang pertama kali diproduksi?”

W : “Film pertama saya judulnya ‘Ular Tangga’ di tahun 2016.”

C : “Ular Tangga di tahun 2016. Kamu sudah nonton belum, film ular tangga? Jadi mulai sekarang, cintailah produk-produk Indonesia. Jadi, kita harus mencintai karya anak bangsa. Wilson menciptakan film Ular Tangga waktu itu film apa ya?”

W : “Waktu itu film genre thriller.”

C : “Oh thriller.. Bukan komedi, ya?”

W : “Bukan.”

C : “Oh film thriller.. Keren..! Dia ini produser film termuda loh. Lalu, film yang kedua apa?”

W : “Film yang kedua judulnya ‘Revan dan Reina’. Film ini diambil dari novelnya ini. Dan tayangnya tahun ini, 2018.”

C : “Peminatnya cukup banyak?”

W : “Lumayan.”

C : “Luar biasa ya.. Jadi ‘Revan dan Reina’ ini dari novel yang diangkat ke layar lebar?”

W : “Betul.”

C : “Istimewa sekali ya.. Karena itulah saya katakan di Instagram saya, dia ini adalah ‘Bocah Sakti’.

Usia 14 tahun sudah bisa memproduksi film. Kamu di usia 14 tahun ngapain aja? Masih main game? Minta duit ke ortu? Ya ‘kan? Tetapi, cobalah seperti adik Wilson ini. Beliau di usia 14 tahun sudah bisa membuat film. Ini istimewa banget. Ini karya beliau. Dan rencananya ada berapa film lagi yang mau dirilis?”

W : “Ada.. Ada yang judulnya ‘Incredible Love’.”

C : “‘Incredible Love’. Ini kapan terbitnya?”

W : “‘Incredible Love’ itu dirilis pada Hari Autisme sedunia.”

C : “Di hari autisme. Mengapa mengambil kisah autisme?”

W : “Karena kebetulan ada cerita nyata.”

C : “Cerita nyata orang Indonesia ya..”

W : “Ada kisah orang Indonesia asli. Tentang autisme. Ceritanya tentang seorang pemain saham yang memiliki kelainan autis.

Autismenya namanya Autis Asperger.”

C : “Autis Asperger. Oke.. Kemudian?”

W : “Untuk para subscriber, jangan lupa nonton filmnya ya..”

C : “Jangan lupa nonton filmnya ya.. Jadi rencananya akan tayang kapan?”

W : “Rencananya tayang tahun depan. 2019.”

C : “Tahun 2019. Lalu ada film lainnya lagi, mungkin yang keempat?”

W : “Ada. Yang keempat itu ‘Kain Kafan Hitam’.”

C : “Wah, ini dari judulnya aja sudah horor banget. ‘Kain Kafan Hitam’. Rencana terbitnya kapan?”

W : “Desember alias akhir tahun ini.”

C : “Jadi Desember 2018 ya.. Gile banget.. Sekarang usia beliau 16 tahun.

Tetapi dalam 2 tahun ini, beliau sudah memproduksi 4 film. Ini inspirational banget ya..

Menurut saya, beliau adalah seorang produser hebat. Saya saja baru menemukan kali ini, seorang produser yang berusia muda.

Jadi, apa sih yang Wilson lakukan, kok bisa sampai menemukan, ‘Saya ini punya talent. Saya ini punya passion di bidang seperti ini’. ‘Kan banyak anak-anak sekolah yang tidak menyukai pelajaran. Pasti ada. Lalu, mengapa Wilson bisa sampai menemukan ‘This is my talent. Ini adalah bakat saya. Ini adalah passion saya’. Itu seperti apa? Boleh diceritakan?”

W : “Dulu saya belajarnya waktu SD. Awal mulanya dulu ketika umur 10 tahun. Jadi begini cerita awalnya memulai bisnis. Waktu itu ketika saya masih umur 10 tahun tidak bawa uang jajan karena lupa. Ketinggalan di rumah. Lalu sama mama diceritain, ‘Son, kamu itu gak boleh hutang. Karena hutang itu gak baik’.”

C : “Bener banget. Apalagi hutang untuk hal yang gak bener. Itu lebih gak baik.”

W : “Pada waktu itu saya dalam kondisi lapar. Saya bingung.

Gimana caranya supaya saya bisa dapat uang, tanpa harus berhutang.

Akhirnya dari ‘kepepet’ itulah kadang bisa memunculkan sebuah ide. Ide saya waktu itu adalah karena adik kelas saya tidak bawa pensil warna. Akhirnya saya pinjamkan.”

C : “Tidak bawa apa?”

W : “Pensil warna. Karena pada waktu itu sedang pelajaran menggambar/mewarnai. Lalu saya tawarkan. Semua kesuksesan itu dimulai dari ‘berani’ dahulu. Keberanian. Saya beranikan diri untuk menawarkan. Dari situlah saya beranikan diri untuk menawarkan. Dan ternyata dia mau pinjam.”

C : “Kerena banget.. Ini namanya kidspreneur. Jadi, dia punya bakat dagang dan bakat bisnis sejak kecil. Dari kepepet, laper, akhirnya jualan pensil warna dan bisa dapat uang saku untuk makan siang. Keren.. Tepuk tangan, tepuk tangan..

Jadi begini Wilson, saya ucapkan thank you banget karena Wilson sudah hadir di channel Success Before 30. Sebagai ucapan terima kasih, ini ada baju “Success Before 30 : It’s all about mindset”. Jadi, semua itu hanyalah masalah mindset.

Jika anda berusia 14 tahun dan mengatakan anda terlalu kecil, anda tidak bisa ngapa-ngapain, I think it’s wrong. So, you must change your mindset. Anda harus mengubah mindset anda. Dan terbukti hari ini di usia 14 tahun, seorang Wilson Tirta bisa memproduksi 4 film. Ini istimewa sekali. Dan dari kisahnya, anda juga bisa melihat trailer’nya.

Kisah beliau ini cukup inspirational.

Yang dulunya gemuk, sekarang kempes karena kerja keras. Saya dengar, beliau itu terjun ke lapangan. Sampai harus menyelami cara membuat film itu bagaimana, kisahnya bagaimana. Jadi, beliau ini olahraga secara aktif, tetapi dengan cara membuat film. Mikir keras. Tetapi, Indonesia kalau memiliki bocah-bocah seperti ini, maka Indonesia pasti punya masa depan yang sangat cerah.

Sebagai ucapan terima kasih Wilson, ini kisah hidup saya. Buku ‘Badai Pasti Berlalu’.”

W : “Terima kasih, pak.”

C : “Sama-sama. Semoga juga menginspirasi ke depannya. Dan kalau mau mendapatkan buku-buku ini, bagaimana caranya, Wilson?”

W : “Kedua buku ini sudah ada di Gramedia. Ini ‘kan buku yang lama, sebentar lagi akan keluar buku yang baru.”

C : “Cover yang baru ya?”

W : “Bukan cover yang baru, tapi buku kedua.”

C : “Jadi, anda bisa dapatkan juga buku beliau ini di toko buku Gramedia. Dan juga buku saya ini secara pribadi bisa anda dapatkan di link website saya pribadi :

www.chandraputranegara.co.id

Untuk authorized reseller’nya, anda bisa hubungi disitu. Baik Wilson, thank you banget hari ini sudah mampir ke channel kita. Semoga karir Wilson sukses terus, filmnya sukses, membludak sampai jutaan penonton di Indonesia. Luar biasa.. Sukses selalu ya.. Dan selalu salam hebat luar biasa..!!”

Di edisi kali ini, saya mendatangkan seorang 'bocah sakti' yang sudah menjadi producer di usia 16 tahun.

Di edisi kali ini, saya mendatangkan seorang 'bocah sakti' yang sudah menjadi producer di usia 16 tahun.

Di edisi kali ini, saya mendatangkan seorang ‘bocah sakti’ yang sudah menjadi producer di usia 16 tahun. Kalau dulu biasanya saya mendatangkan tokoh yang usianya sudah mendekati 30 atau bahkan lebih, kali ini saya kedatangan seorang “anak-anak”, karena beliau ini baru berusia 16 tahun. Yaitu Wilson Tirta..!!

Leave a Reply