3 Rutinitas Salah yang Anda Lakukan Saat Mendekati Bedtime

0
178

3 Rutinitas Salah yang Anda Lakukan Saat Mendekati Bedtime

Pentingnya menumbuhkan rutinitas tidur yang baik tidak bisa diremehkan. Karena rasanya benar-benar menyakitkan apabila harus melewati hari kerja yang padat dan hal itu menyebabkan waktu tidur anda kurang. Kecuali jika anda salah satu dari sedikit orang beruntung yang dapat bertahan hidup dengan waktu tidur hanya empat sampai lima jam.

Dan anda mungkin berpikir bahwa sekarang anda memiliki seluruh rutinitas sehat sebelum tidur. Anda berhenti makan larut malam, anda menjaga asupan alkohol lebih minimum, dan anda juga berhati-hati untuk tidak berangkat kerja terlambat pada esok harinya. Tetapi, mungkin ada beberapa hal yang anda lupakan. Karena segala hal yang anda rasa sudah dilakukan dengan benar, mungkin sebenarnya ada beberapa rutinitas salah yang anda lakukan.

Berikut ini adalah 3 rutinitas salah yang anda lakukan saat mendekati bedtime serta solusi agar anda memiliki waktu tidur yang berkualitas :

1. Anda memeriksa handphone anda sebelum tidur

iphone-410324_960_720Anda tahu bahwa menggunakan gadget di tempat tidur adalah ide yang buruk. Jadi biasanya anda membaca sebuah buku sebelum tidur. Namun, tepat saat mata anda mengantuk, anda melakukan pemeriksaan terakhir pada ponsel anda. Sebelum anda menyadarinya,  anda mengecek Instagram sekali lagi. Anda juga sempat melihat apa yang belum anda jawab di Twitter, juga mengomentari posting Facebook terbaru teman anda. Anda bahkan mengirim pesan teks ke adik anda dan kemudian tanpa sadar menghadapkan ponsel ke wajah anda selama beberapa jam.

Rencana Action Terbaru

Jika anda tidak dapat terbiasa meninggalkan ponsel anda di ruangan lain, sehingga anda tidak tergoda untuk memeriksa ponsel anda. Maka letakkan ponsel anda di laci. Atau setidaknya, jangan lupa untuk menggunakan modus shift malam jika itu pilihan yang paling tepat untuk anda.

 

2. Anda tidak mau membersihkan kamar anda

bed-1846251_960_720Saya tidak mengatakan bahwa anda harus merapikan tempat tidur anda setiap hari. Kamar tidur anda tidak harus benar-benar ‘suci’. Dan anda tidak perlu berubah menjadi orang yang gila kebersihan ketika sedang membersihkan kamar anda. Tetapi jika setiap malam anda rutin naik ke tempat tidur dengan keadaan bantal, selimut, dan sprei yang berantakan, tentunya akan membuat anda merasa risih, bukan?  Setidaknya, rapikan sprei atau tempat tidur anda. Dan buatlah kamar tidur anda senyaman mungkin. Anda juga dapat menambahkan aroma therapy agar anda dapat tidur dengan nyenyak.

Rencana Action Terbaru

Sekali lagi, ini bukan nasihat untuk membersihkan tempat tidur anda setiap pagi. (Meskipun saya tahu banyak orang yang bersumpah sudah melakukannya setiap pagi). Ini tentang melakukan sesuatu yang baik untuk diri anda. Sehingga tempat anda istirahat terasa damai dan tenang. Perlihatkan rasa hormat anda pada tempat dimana anda melepaskan penat selama tujuh atau delapan jam. Dengan setidaknya membuat tempat tidur anda cukup rapi. Sehingga anda bisa beristirahat dengan nyaman.

 

3. Anda membaca, melihat, atau apapun yang anda bicarakan membuat anda merasa cemas

Mungkin anda mengerjakan pekerjaan terakhir anda sebelum tidur. Atau anda menonton film bertema kejahatan yang mengerikan di TV. Atau bahkan anda memutuskan bahwa 10 menit sebelum tidur adalah waktu yang tepat untuk mengirimi pesan teks kepada adik anda tentang betapa buruk sikapnya ketika ia melewatkan acara reuni keluarga tahun ini.

still-life-1037378_960_720Jika tidak ada hal-hal yang berpotensi menimbulkan stres, meningkatkan detak jantung anda atau membuat pening pikiran anda. Kemudian anda sudah mematikan lampu dan anda merasa akan segera tertidur pulas. Maka anda mungkin dapat tidur nyenyak tanpa perlu rencana action baru. Namun jika anda belum bisa tidur dengan nyenyak dan belum bisa mendeteksi perubahan suasana hati anda sebelum tidur, maka anda perlu membaca solusi di bawah ini.

Rencana Action Terbaru

Saya tidak menyarankan anda untuk tidur lebih cepat jika anda sudah berusaha untuk menghindari topik apapun yang membuat anda cemas. (Termasuk setiap postingan media sosial!) Sebelum anda siap untuk tidur malam, pertimbangkan untuk tidak membaca, melihat, atau apapun yang membuat anda merasa cemas. Hal ini akan membantu anda untuk dapat tidur dengan nyenyak.

Akan ada waktu di hari berikutnya untuk bertemu dengan anggota keluarga anda dan membahas tentang apapun. Ada saatnya bagi anda untuk berselancar di media sosial anda. Dan masih ada kesempatan esok hari untuk mengomentari status Facebook teman anda.

Untuk saat ini, cobalah membaca buku atau mengobrol bersama keluarga anda dengan topik yang ringan. Hal ini membantu anda lebih merasa nyaman ketika akan tidur. Identifikasi hal apa saja yang membuat anda merasa cemas.

Tidur adalah kegiatan yang penting untuk kekuatan otak anda. Tidak cukup untuk mengatakan bahwa anda dapat mengejar deadline pekerjaan pada akhir pekan. Atau ketika anda memiliki waktu luang.

Atur jadwal tidur anda secara tetap, direkomendasikan tujuh sampai delapan jam semalam. Ada banyak hal dalam hidup yang tidak dapat anda kontrol. Tetapi untuk mendapatkan waktu tidur yang tenang, bahagia dan nyaman merupakan sebuah keharusan. Sehingga tubuh anda lebih fit dan produktivitas anda untuk melakukan pekerjaan pada esok harinya tetap terjaga.

Berikut ini adalah 3 rutinitas salah yang anda lakukan saat mendekati bedtime serta solusi agar anda memiliki waktu tidur yang berkualitas :

Berikut ini adalah 3 rutinitas salah yang anda lakukan saat mendekati bedtime serta solusi agar anda memiliki waktu tidur yang berkualitas :

Pentingnya menumbuhkan rutinitas tidur yang baik tidak bisa diremehkan. Segala hal yang anda rasa sudah dilakukan dengan benar, mungkin sebenarnya ada beberapa rutinitas salah yang anda lakukan. Berikut ini adalah 3 rutinitas salah yang anda lakukan saat mendekati bedtime serta solusi agar anda memiliki waktu tidur yang berkualitas :

Leave a Reply